Download Pedoman Peringatan Hari Pahlawan Ke 74 Tahun 2019

Download Pedoman Peringatan Hari Pahlawan Ke 74 Tahun 2019

Amongguru.com. Kementerian Sosial Republik Indonesia telah menerbitkan Pedoman Peringatan Hari Pahlawan Ke 74 Tahun 2019.

A. Latar Belakang

Setiap tahun pada tanggal 10 November 1945 kita selalu memperingati Hari Pahlawan. Hari Pahlawan perlu diperingati karena pada tanggal tersebut rakyat dengan penuh semangat bersatu padu mengusir penjajah yang berniat menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

Pada peristiwa heroik di Surabaya 1945 (Pertempuran Surabaya), banyak korban berjatuhan. Untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan, sudah selayaknya kita memperingati Hari Pahlawan dengan berbagai agenda kegiatan.

Agenda tersebut diantaranya adalah Upacara Bendera yang dilakukan oleh segenap elemen masyarakat, baik di dalam maupun luar negeri.

Peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan kiranya tidak hanya bersifat seremonial semata, tetapi yang paling penting adalah bagaimana kita dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya.

Apabila setiap insan memiliki kesadaran dan kemauan untuk mengimplementasikan nilai kepahlawanan, maka dapat menjadi salah satu modal untuk membangun bangsa.

Berkenaan dengan hal tersebut, pada Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 yang mengambil tema “Aku Pahlawan Masa Kini”, diharapkan setiap insan masyarakat Indonesia memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk berjuang membangun negeri sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Dengan menjadi Pahlawan Masa Kini, setiap insan masyarakat Indonesia kiranya dapat menjaga keharmonisan berbangsa dan bernegara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.

B. Maksud dan Tujuan

1. Maksud :

Mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan.

2. Tujuan :

a. Membangun ingatan kolektif untuk menggerakan kesadaran berbangsa dan bernegara yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

b. Memperkokoh Nilai-nilai Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial demi tegak dan utuhnya

c. Meningkatkan kebanggaan sebagai bangsa dan negara

C. Tema

“Aku Pahlawan masa Kini”

D. Pokok Kegiatan

1. Kegiatan di Pusat

 Kegiatan Utama

a. Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana

b. Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata tanggal 10 November  2019  pukul 08.00

c. Upacara Tabur Bunga di Laut tanggal 10 November 2019 pukul 08.00

Kegiatan Pokok

a. Upacara Bendera di Instansi Pemerintah dan Non Pemerintah, Lembaga-Lembaga Pendidikan pada tanggal 10  November  2019  pukul   08.00   waktu   setempat   (pada Upacara Bendera tersebut Pembina Upacara membacakan Amanat Menteri Sosial dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2019).

b. Pengibaran Bendera Merah Putih satu tiang penuh di setiap rumah dan lingkungan pemukiman penduduk pada tanggal 10 November

c. Hening Cipta Tanggal 10 November 2019 selama 60 detik dimulai pukul 08.15 (waktu  setempat)  secara  serentak  di seluruh Indonesia

d. Pidato Menteri     Sosial     menyambut      Peringatan  Hari Pahlawan Tahun 2019 tanggal 9 November 2019 pukul 19.00 WIB di TVRI / RRI.

Kegiatan Penunjang

 a. Jelajah Kapal Kepahlawanan

b. Ziarah Wisata

c. Wisata Sejarah

d. Pahlawan Goes To School

e. Ramah Tamah dengan Keluarga Pahlawan Nasional dan Perintis

2. Kegiatan di Daerah

 Kegiatan Utama

a. Upacara Ziarah di Taman Makam Pahlawan / Makam Pahlawan Nasional, tanggal 10 November 2019 jam 08.00 waktu

b. Upacara Tabur Bunga di Laut, tanggal 10 November 2019 pukul 08.00 waktu setempat (apabila dimungkinkan).

Kegiatan Pokok

a. Upacara Bendera di Instansi-Instansi  Pemerintah  dan Non Pemerintah, Lembaga-Lembaga Pendidikan dimana Pembina Upacara diharapkan diharapkan membacakan Amanat  Menteri  Sosial  RI  dalam  rangka  Peringatan  Hari Pahlawan pada tanggal 10 November

b. Pengibaran Bendera Merah Putih satu tiang penuh di setiap rumah, kantor dan lingkungan pemukiman penduduk pada tanggal 10 November

c. Hening Cipta secara serentak selama 60 detik dimulai pada pukul 08.15 waktu setempat bersamaan dengan berlangsungnya Upacara Bendera, Ziarah di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata dan Tabur Bunga di Laut tanggal 10 November 2019.

Kegiatan Penunjang

a. Ziarah Wisata di TMP / MPN.

b. Olimpiade Pahlawan

c. Ramah Tamah Gubernur / Bupati / Walikota dengan para keluarga Pahlawan Nasional, Perintis Kemerdekaan dan Pejuang.

d. Kegiatan lain sesuai dengan situasi dan kondisi daerah setempat.

E. Logo Hari Pahlawan 2019

Hashtag Hari Pahlawan Tahun 2019

………..

Download Pedoman Peringatan Hari Pahlawan Ke 74 Tahun 2019 pada link berikut.

Pedoman Hari Pahlawan 2019 (Download)

Demikian Pedoman Peringatan Hari Pahlawan Ke 74 Tahun 2019. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan