Download Pedoman Peringatan Hari Anak Nasional HAN Tahun 2020

Download Pedoman Peringatan Hari Anak Nasional HAN Tahun 2020

Amongguru.com. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) telah menerbitkan Pedoman Peringatan Hari Anak Nasional HAN Tahun 2020.

Pelaksanaan Peringatan Hari Anak Nasional dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 23 Juli. Peringatan HAN berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984, dilaksanakan tingkat Pusat dan Daerah, serta Perwakilan RI di Luar Negeri.

Peringatan Hari Anak Nasional merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Berbeda dengan peringatan pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Hari Anak Nasional tahun 2020 ini menghadapi tantangan.

Tangan tersebut karena adanya pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang berimplikasi pada seluruh lapisan masyarakat.

Akibat pandemi Covid-19, anak mengalami berbagai persoalan seperti masalah pengasuhan bagi anak yang orangtuanya positif Covid-19, kurangnya kesempatan bermain dan belajar serta meningkatnya kasus kekerasan sebagai akibat diterapkannya kebijakan jaga jarak maupun belajar dan bekerja di rumah.

Baca : SE Sesjen Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Belajar Dari Rumah

Berdasarkan tantangan tersebut, maka tema HAN tahun 2020 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan Tagline #AnakIndonesiaGembiradiRumah.

Hal ini sebagai motivasi bahwa pandemik tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan Hari Anak Nasional tahun ini secara virtual, tanpa mengurangi maknanya.

Diharapkan peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2020 yang dikemas secara online dapat menjangkau lebih banyak anak dari 34 provinsi di Indonesia termasuk Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK).

Agar rangkaian kegiatan sampai dengan puncak acara Hari Anak Nasional Tahun 2020 dapat berjalan secara baik, lancar, terkoordinasi, efektif, dan efisien, maka diterbitkan Buku Pedoman Peringatan Hari Anak Nasional HAN Tahun 2020.

Latar Belakang

Anak merupakan potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis dan mempunyai ciri dan sifat khusus yang memerlukan perlindungan dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan sosial secara utuh.

Masa depan bangsa berada di tangan anak saat ini. Semakin baik kualitas anak saat ini maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa

Pasal 28B ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak telah mengamanatkan Pemerintah untuk melakukan segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak atas hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Akan tetapi, upaya pemenuhan dan perlindungan hak anak dalam masa  pandemi Covid-19 menghadapai beberapa tantangan.

Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) sebagai Bencana Nasional berimplikasi pada pelaksanaan berbagai kebijakan.

Program dan kegiatan penanganan dan pencegahan Covid-19 masih belum sepenuhnya dapat dilakukan secara optimal berpihak pada kepentingan terbaik anak.

Beberapa dampak negatif bagi anak antara lain kehilangan pengasuhan, mengalami kekerasan baik verbal maupun non verbal, berkurangnya kesempatan anak untuk bermain, belajar, dan berkreasi akibat diterapkannya kebijakan jaga jarak maupun belajar di rumah.

Seluruh kegiatan HAN Tahun 2020 didesain untuk mewujudkan anak Indonesia gembira di rumah selama pandemi Covid-19

Makna Hari Anak Nasional 2020

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal.

Caranya adalah dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak.

Upaya ini akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air di masa pandemi Covid-19.

Peringatan HAN di masa pandemi Covid-19 ini adalah momentum untuk meningkatkan kepedulian semua pilar bangsa Indonesia terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

Melalui kepedulian dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi, serta memastikan segala hal yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan 79,55 juta anak Indonesia secara optimal (Profil Anak Indonesia 2019).

Tujuan Hari Anak Nasional 2020

Tujuan Umum

Sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Tujuan Khusus

  1. Memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mendorong pemerintah, dunia usaha, lembaga kemasyarakatan, dunia pendidikan dan media massa menjadi leading sector untuk melakukan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di sektor masing- masing;
  3. Mendorong terwujudnya Indonesia Layak Anak (IDOLA)
  4. Menurunkan angka kekerasan terhadap anak. Data Simfoni (Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak).
  5. Meningkatkan peran keluarga dalam pengasuhan
  6. Memastikan anak-anak tetap di rumah dan bergembira selama masa pandemi Covid-19

Tema dan Logo Hari Anak Nasional 2020

Tema Hari Anak Nasional Tahun 2020 adalah sebagai berikut.

“Anak Terlindungi, Indonesia Maju”

Tagline :

#AnakIndonesiaGembiraDiRumah

Sedangkan logo Hari Anak Nasional tahun 2020 tampak seperti berikut.

Makna Logo

3 anak yang ingin menggapai bintang

Setiap anak termasuk anak disabilitas memiliki impian (cita-cita) yang dapat diraih dengan doa, semangat dan dukungan keluarga.

Anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu didukung dan dilindungi, agar tumbuh sebagai manusia dewasa yang berjiwa Pancasila.

Background lingkaran berwarna abu

Situasi akibat pandemi Covid-19 berdampak pada dunia anak anak dengan perubahan pola hidup. Meskipun demikian, tetap harus diupayakan terpenuhi haknya, bergembira dan penuh kreatifitas, dalam perlindungan keluarga.

Warna Merah dan Putih

Menjadi kebersamaan dan nasionalisme anak anak Indonesia untuk tetap kreatif dan bersemangat tetap saling mendukung dalam melewati masa sulit.

Pedoman Peringatan Hari Anak Nasional HAN Tahun 2020 secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada link di bawah ini.

 

Unduh

Demikian Pedoman Peringatan Hari Anak Nasional HAN Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan