Download Panduan Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2022

Download Panduan Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2022

Amongguru.com. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset. dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menerbitkan Panduan Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2022.

Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik versi 2022 ini memuat pengenalan dan panduan teknis Aplikasi Dapodik versi 2022 mulai dari persiapan, proses instalasi, serta langkah-langkah pengisian Aplikasi Dapodik.

Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik versi 2022 ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada petugas pendataan dan warga satuan pendidikan yang hendak mengimplementasikan pengisian data satuan pendidikan melalui Aplikasi Dapodik.

Penyusunan buku ini merupakan upaya strategis untuk memberikan informasi yang luas kepada petugas pendataan tentang Aplikasi Dapodik versi 2022 dalam bentuk panduan.

Melalui buku ini, diharapkan hal-hal yang terkait dengan materi seputar langkah-langkah pengisian, perbaikan dan pembaruan Aplikasi Dapodik versi 2022 dapat dipahami dan dimaknai dengan mudah.

Latar Belakang

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah bertugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan anak usia dini, dasar dan menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Di dalam rangka menyelenggarakan dan mengelola sistem pendidikan nasional, Kemendikbudristek perlu mengembangkan dan melaksanakan sistem informasi pendidikan nasional yang memuat basis data pendidikan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi,.

Langkah tersebut berutjuan untuk mewujudkan basis data pendidikan yang relasional, sehingga mampu menghasilkan data untuk tiap entitas pendidikan, serta menampung dan mengintegrasikan semua data yang dihasilkan dari kegiatan pengumpulan data, perlu merancang data pokok pendidikan.

Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah adalah salah satu sistem pendataan yang dikelola oleh Dirjen PAUDdikdasmen yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang disebut sebagai entitas data, dan terus menerus diperbaharui secara daring.

Hasil pengumpulan data melalui Dapodik menjadi dasar diterbitkannya data statistik pendidikan yang memberikan akses informasi kepada para pemangku kepentingan.

Sistem pendataan Dapodik pada tahun ajaran 2021/2022 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diberi nama versi 2022.

Secara sistem, pembaruan versi 2021 disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di semester ganjil ini.

Aplikasi Dapodik versi 2022 dikemas dalam bentuk installer. Pembaruan yang paling menonjol pada versi 2022 diantaranya penambahan fitur isian sanitasi pada tabel data rinci sekolah yang mengambil data dari isian alat (sarana), penambahan fitur ubah password pengguna utama saat pertama kali login, perbaikan validasi data KIP/PIP peserta didik, dan perbaikan validasi pengisian tugas tambahan kepala sekolah/PLT kepala sekolah.

Persiapan Instalasi Aplikasi Dapodik

1. Spesifikasi Minimum

Spesifikasi komputer yang harus dimiliki untuk menggunakan Aplikasi Dapodik, yaitu:

a. prosesor Intel Core i3 atau yang setara;

b. memori standar 4GB DDR3;

c. hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD;

d. sistem operasi Windows 10;

e. aplikasi terpasang peramban web seperti google chrome atau mozilla firefox.

2. Kode Registrasi dan Akun Petugas pendataan

Sebelum memulai proses instalasi Aplikasi Dapodik vesi 2022, pastikan satuan pendidikan sudah memiliki kode registrasi dan akun yang akan digunakan dalam proses registrasi. Kode registrasi diperoleh melalui admin Dapodik di Dinas Pendidikan.

3. Unduh Aplikasi Dapodik

Aplikasi Dapodik versi 2022 saat ini tersedia dalam bentuk fail installer yang merupakan hasil perbaikan dan pembaruan dari aplikasi versi sebelumnya.

Untuk mengunduh Aplikasi Dapodik, lakukan langkah-langkah sebagai berikut.

a. Buka laman http://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan.

b. Klik menu Unduhan.

c. Klik Unduh Installer

4. Generate Prefill Aplikasi Dapodik

Generate prefill adalah tahapan untuk mengambil data satuan pendidikan dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline (dalam bentuk fail .prf).

Generate prefill merupakan data satuan pendidikan dari hasil sinkronisasi terakhir. Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, saat ini proses generate prefill dapat dilakukan setelah petugas pendataan memasukkan username, password yang benar dan kode registrasi Aplikasi Dapodik yang aktif.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai langkah-langkah melakukan generate prefill, sebaiknya petugas pendataan mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan umum, antara lain:

a. generate prefill adalah tahapan untuk mengambil data satuan pendidikan dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline;

b. data satuan pendidikan yang diambil adalah hasil sinkronisasi terakhir;

c. masukkan username, password dan kode registrasi yang sesuai di aplikasi Dapodik;

d. jika ada penggantian petugas pendataan di satuan pendidikan kode registrasi, username dan password dapat diganti oleh admin Dapodik di Dinas Pendidikan;

e. registrasi awal di aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan prefill dengan syarat harus terhubung internet (daring);

f. jangan lakukan registrasi dengan menggunakan prefill yang lama (kadaluarsa). Jika ingin pindah ke komputer lain lakukan siklus “sinkronisasi > generate prefill ulang” untuk mencegah duplikasi data.

Selengkapnya, untuk memulai proses generate prefill lakukan langkah-langkah:

a. buka laman http://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan

b. pilih menu “DATA PREFILL”

c. pilih salah satu tautan unduh prefill dapodik yang tersedia.

d. masukkan username, password, dan kode registrasi.

Laman Prefill

Username dan password yang digunakan untuk mengunduh prefill merupakan data pengguna yang terdaftar di server pusat. Jika terdapat ketidaksesuaian data ketika melakukan proses generate prefill, segera lakukan konfirmasi dengan admin Dapodik di Dinas Pendidikan.

Proses Unduh Prefill

Setelah berhasil memasukkan username, password, dan kode registrasi, klik “Generate” dan tunggu proses selesai. Klik “Download” dan simpan prefill tersebut di drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.

Undub Prefill
Proses Penyimpanan Prefill

Panduan Pembaruan Aplikas Dapodik Versi 2022 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian Panduan Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2022. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan