Download Panduan Kerja Kepala Madrasah Pada Masa Pandemi Covid-19

Download Panduan Kerja Kepala Madrasah Pada Masa Pandemi Covid-19

Amongguru.com. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama telah menerbitkan Panduan Kerja Kepala Madrasah Pada Masa Pandemi Covid-19.

Panduan Kerja Kepala Madrasah Pada Masa Pandemi Covid-19 ini untuk memberikan arahan yang jelas bagi kepala madrasah RA, MI, MTs, dan MA/MAK dalam menjalankan tugas dan fungsinya di madrasah seuai dengan peraturan yang berlaku.

Panduan Kerja Kepala Madrasah ini juga untuk memberikan arahan yang jelas bagi Kepala Madrasah RA, MI, MTS, dan MA/MAK dalam memastikan keberlangsungan pembelajaran (learning continuity), baik secara daring, luring, maupun blended learning. Kepala madrasah juga perlu memastikan agar tidak terjadi lost learning.

Kepala madrasah harus menjadi pendamping guru dan tenaga kependidikan agar tetap dapat memberikan layanan kepada peserta didik dengan segala keterbatasannya.

Pedoman kerja kepala madrasah ini memuat tentang :

  1. Latar Belakang;
  2. Dasar Hukum;
  3. Tujuan;
  4. Sasaran;
  5. Peran dan Tugas;
  6. Pengelolaan Manakerial;
  7. Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah;
  8. Langkah-langkah Supervisi Pembelajaran;
  9. Pelaksanaan Evaluasi Supervisi Kepala Madrasah Pada Masa Pandemi Covid-19; dan
  10. E-Tanggap Covid-19 (ETC-19) untuk Madrasah.

Dampak dari pandemi Covid-19 yang terjadi pada dunia pendidikan, khususnya pelaksanaan tugas pengawasan yang dilakukan Kepala Madarasah adalah terjadinya perubahan mendasar dalam memberikan layanan pembelajaran kepada peserta didik.

Pembelajaran yang selama ini dilakukan secara tatap muka, dalam waktu singkat telah berubah menjadi Teaching From Home (TFH).

Baca : Panduan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Masa Pandemi Covid-19

Pada konteks ini, Kepala Madarasah dalam menjalankan tugas dan fungsinya, mendasarkan amanah supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Peraturan Menteri Agama Nomor 58 Tahun 2017 entang Kepala Madrasah.

Di dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa salah satu kompetensi manajerial yang harus dimiliki Kepala Madrasah adalah menciptakan budaya dan iklim Madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik.

Prinsipnya, dalam merencanakan program supervisi akademik untuk meningkatkan profesionalisme guru harus tetap jalan pada masa pandemi ini.

Kepala Madrasah sebagai manajer di Madrasah memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak mudah dalam menata dan memprogram segala bentuk kegiatan pada masa normal, apalagi dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini.

Peran kepala sekolah dalam ikut bertahan dan memberikan pelayanan pembelajaran kepada peserta didik mutlak diperlukan.

Kepala sekolah membutuhkan perencanaan sampai dengan outcome yang baik, sehingga tidak terjadi lost learning bagi peserta didik pada masa pandemi Covid-19 ini.

Peran dan fungsi Kepala Madrasah sangat diperlukan dalam rangka menjamin keberlangsungan pembelajaran dengan baik, sesuai dengan takaran pada masa pandemi.

Dengan demikian, perlu adanya Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Madrasah yang dapat membantu Kepala Madrasah dalam menjalankan tugas dan fungsinya di Madrasah sesuai peraturan yang berlaku.

Panduan Kerja Kepala Madrasah Pada Masa Pandemi Covid-19 secara lengkap dapat diunduh pada tautan link berikut ini.

Unduh

Demikian informasi mengenai Panduan Kerja Kepala Madrasah Pada Masa Pandemi Covid-19. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan