Download Panduan Belajar Dari Rumah di TVRI Minggu 4 (Mulai 4 Mei)

Download Panduan Belajar Dari Rumah di TVRI Minggu 4 (Mulai 4 Mei)

Amongguru.com. Program Belajar dari Rumah di TVRI yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah, karena terdampak masa pandemik COVID-19.

Tayangan dalam program Belajar Dari Rumah di TVRI meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, serta SMA/SMK dan sederajat.

Pembelajaran dalam program Belajar Dari Rumah ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Supaya tayangan dalam program Belajar Dari Rumah dapat dimanfaatkan dengan baik, maka diperlukan panduan yang menjelaskan maksud, tujuan, dan alternatif aktivitas bimbingan yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mendampingi anak saat ​melihat tayangan dan saat mengerjakan tugas yang disampaikan dalam tayangan.

Panduan tersebut terutama untuk anak pada jenjang PAUD dan SD, sementara untuk jenjang SMP sederajat ​dan SMA/SMK sederajat, selain panduan untuk orang tua, juga terdapat panduan untuk siswa.

Tujuan Program Belajar Dari Rumah

Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program Belajar Dari Rumah di TVRI adalah​ untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Panduan Program Belajar dari Rumah Minggu 4 (4 – 10 Mei 2020)

Panduan pembelajaran program Belajar Dari Rumah di TVRI untuk Minggu 4 (Senin, 4 Mei – Minggu, 10 Mei 2020), meliputi Panduan Untuk Orangtua, Panduan Untuk Siswa, Jadwal Acara untuk 4 – 10 Mei 2020, dan Pertanyaan untuk Siswa.

Baca : Jadwal Acara Belajar Dari Rumah di TVRI Minggu 4 (Mulai 4 Mei)

Berikut ini contoh bentuk panduan pembelajaran Program Belajar Dari Rumah di TVRI Minggu 4 (4 – 10 Mei 2020) untuk PAUD dan Sederajat serta SD dan sederajat.

1. Panduan untuk PAUD dan Sederajat

Sebelum tayangan

Kurang lebih 10 menit sebelum program ditayangkan, orang tua dapat melakukan hal-hal berikut.

  • Mengajak anak duduk bersama  dengan sikap rileks.
  • Menjelaskan sekilas tentangtayangan mengenai apa yang akan ditonton dan tokoh-tokoh inti seperti Elmo dan Tatan dalam Jalan Sesama.
  • Menyampaikan lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak.

Saat Tayang

Alternatif kegiatan yang dapat dilakukan bersama anak saat melihat tayangan adalah sebagai berikut.

  • Gerak dan Lagu : Orang tua mengajak anak bernyanyi dan mengikuti gerakan tokoh atau lagu-lagu seperti yang dicontohkan di tayangan Jalan Sesama.
  • Berdialog dengan Anak : Kembangkan dialog interaktif dengan anak tentang topik yang sedang dibahas di tayangan Jalan Sesama. Selain itu, orang tua juga dapat mengajak anak bermain peran mengikuti tokoh yang dicontohkan dalam tayangan.

Sesudah Tayangan

Orang tua dapat mengajak anak melakukan aktivitas alternatif sebagai berikut.

  • Membacakan Buku Cerita ke Anak: Selesai membacakan cerita, orang tua dapat berdialog dengan dengan anak tentang tokoh-tokoh yang ada dalam buku cerita yang dibacakan.
  • Menggambar :Setelah menggambar, tanyakan apa yang digambar oleh anak dan tuliskan apa yang diceritakan anak pada bagian atas kertas. Dokumentasikan gambar tersebut.
  • Membuat Kolase atau Mozaik : Untuk kreasi, bisa memilih gambar berbentuk hewan, tumbuhan, atau gambar pemandangan alam.Berkebun. Misalnya menyiram tanaman, menanam tanaman, dan lain-lain.
  • Berkebun : Misalnya menyiram tanaman dan menanam tanaman.

Sesuaikan waktu kegiatan dengan kondisi dan usia anak. Di dalam melakukan aktivitas bersama anak yang diutamakan adalah proses pengerjaan kegiatan dimana anak merasa senang, tidak terbebani, terjalin kelekatan dan komunikasi yang baik dengan anak, dan ada nilai-nilai moral yang terbangun.

2. Panduan Untuk Sekolah Dasar dan Sederajat

a. SD Kelas 1 – 3 dan Sederajat

Sebelum tayangan :

Kurang lebih 10 menit sebelum program ditayangkan, orang tua mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak saat dan/atau sesudah menyaksikan tayangan tersebut. Anak juga menyiapkan alat tulis.

Kompetensi Literasi

Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan.

1) Pandulah anak memahami instruksi lisan dari tayangan program dengan cara meminta anak mengulanginya. orang tua juga perlu mengajukan pertanyaan- pertanyaan kepada anak tentang kata-kata yang belum dipahami, lalu membantu menjelaskannya. Setelah anak mengerti, mintalah anak untuk membuat kalimat dari kata-kata tersebut.

2) Khusus untuk instruksi/pertanyaan tertulis (dalam bentuk teks), mintalah anak membaca kembali instruksi tersebut.

3) Pandulah anak untuk menyampaikan pendapatnya dengan melakukan diskusi.

4) Perhatikan bagaimana susunan kalimat yang dibuat anak.

5) Bantu anak agar bisa menyampaikan gagasan dengan kalimat yang benar dan runut.

6) Orang tua diharapkan bisa mengarahkan anak agar bisa mengemukakan pendapatnya lewat diskusi. Mintalah anak menyampaikan gagasannya secara lisan. Jika memungkinkan, direkam.

7) Untuk tugas tertulis, bantulah anak menuliskan baris demi baris tugasnya.

Kompetensi Numerasi

Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan.

1) Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan.

2) Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.

3) Perhatikan apakah anak memahami tugas yang disampaikan dalam tayangan.

4) Pandulah anak untuk mengerjakan tugas tersebut.

5) Berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut

2. SD Kelas 4 – 6 dan Sederajat

Sebelum tayangan :

Kurang lebih 10 menit sebelum program ditayangkan, orang tua mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak saat dan/atau sesudah menyaksikan tayangan tersebut. Anak juga menyiapkan alat tulis.

Kompetensi Literasi

Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan.

1) Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian.

2) Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya. Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru.

3) Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya. Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama-sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan.

Kompetensi Numerasi

Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan.

1) Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.

2) Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak.

3) Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesain, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.

4) Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak.

Panduan Belajar Dari Rumah di TVRI Minggu 4 (4 – 10 Mei 2020) secara lengkap dapat di di download di sini.

Demikian informasi mengenai Panduan Belajar Dari Rumah di TVRI Minggu 4 (4 – 10 Mei 2020). Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan