Download Panduan Belajar Dari Rumah di TVRI Minggu 15 (Mulai 20 Juli)

Download Panduan Belajar Dari Rumah di TVRI Minggu 15 (Mulai 20 Juli)

Amongguru.com. Program Belajar dari Rumah di TVRI sudah memasuki minggu ke-15. Program Belajar dari Rumah di TVRI yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah, karena terdampak masa pandemik Covid-19.

Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program Belajar Dari Rumah di TVRI adalah​ untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak.

Upaya membangun kelekatan dan ikatan emosional tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif peserta didik.

Panduan Program Belajar dari Rumah Minggu 15

Tayangan dalam program Belajar Dari Rumah di TVRI Minggu ke 15 meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, serta SMA/SMK dan sederajat.

Pembelajaran dalam program Belajar Dari Rumah ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Supaya tayangan dalam program Belajar Dari Rumah di TVRI dapat dimanfaatkan dengan baik, maka diperlukan panduan.

Panduan tersebut menjelaskan maksud, tujuan, dan alternatif aktivitas bimbingan yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mendampingi anak saat ​melihat tayangan dan saat mengerjakan tugas yang disampaikan dalam tayangan.

Panduan terutama untuk anak pada jenjang PAUD dan SD, sementara untuk jenjang SMP sederajat ​dan SMA/SMK sederajat, selain panduan untuk orang tua, juga terdapat panduan untuk siswa.

Di dalam Panduan Dari Rumah di TVRI Minggu 15 ada beberapa acara yang menarik untuk diikuti. Salah satu acara tersebut adalah “Kemah Karakter Virtual Anak Indonesia” (Jumat, 24 Juli 2020, pukul 10.00-11.00).

Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempersembahkan Kemah Karakter Virtual Anak Indonesia dengan tema Anak Gembira, Keluarga Hebat, Indonesia Maju.

Sebanyak 2.982 peserta dari jenjang PAUD hingga SMA di seluruh Indonesia telah mendaftarkan diri dan melaksanakan serangkaian kegiatan yang menarik dan inspiratif. Kemah Karakter Virtual Anak Indonesia juga menghadirkan pembicara-pembicara ahli di beraneka bidang.

Selain itu, para peserta juga berkesempatan untuk mengunjungi Museum Nasional secara virtual. Seluruh peserta dari tiap jenjang pendidikan telah mengirimkan cerita aktivitas inspiratif bersama keluarga di rumah mulai dari jenjang PAUD hingga jenjang SMA.

Lima cerita paling menarik dan inspiratif telah terpilih dan kini mereka akan berbagi pengalaman dan bercerita dengan Mas Menteri Nadiem Anwar Makarim

Selain itu ada juga acara “Beranda Pak RT: Bina Keluarga Masa Krisis” (Senin-Kamis, pukul 10.30-11-00).

Masa pandemi Covid-19 merupakan masa yang sulit untuk banyak keluarga. Cak Lontong dan Asri Welas berbincang ringan dengan para ahli tentang isu kesehatan mental, keuangan keluarga, dan lainnya di masa krisis ini, melalui acara Beranda Pak RT.

Tersedia juga beberapa acara Film Indonesia, yang sangat menarik untuk ditonton, diantaranya Summer Breeze, Cinta Brontosaurus, dan Kuncup.

Summer Breeze adalah film yang menceritakan kisah persahabatan anak kembar dan temannya yang pindah ke luar negeri. Perlakuan orang tua yang berbeda terhadap si kembar, menyebabkan perbedaan perilakunya ketika remaja, bahkan terjadi permusuhan.

Cinta Brontosaurus menceritakan kisah perjalanan dalam memahami cinta seorang penulis Raditya Dika. Pengalaman berharga itu didapatkan bersama teman, dan keluarganya sendiri.

Sedangkan Kuncup mengisahkan manusia ketika berjuang menyelesaikan permasalahannya. Seorang anak yang ditinggal Ibunya bekerja menjadi TKW. Perjuangan orang tua berusaha menemukan barangnya yang hilang. Upaya menyesuaikan diri saat seorang anak harus pindah ke tempat baru.

Jadwal acara Belajar Dari Rumah di TVRI Minggu ke 15 secara lengkap dapat di download di sini.

Jadwal tayang acara Belajar Dari Rumah di TVRI tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

Seluruh program Acara Belajar dari Rumah ini tidak bersifat wajib dan merupakan alternatif belajar dari rumah.

Panduan Belajar Dari Rumah di TVRI Minggu 15 (20 – 26 Juli 2020) secara lengkap dapat dilihat dan di download pada link di bawah ini.

Unduh

Demikian informasi mengenai panduan Belajar Dari Rumah di TVRI Minggu 15 (Mulai 13 Juli 2020). Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan