Download Kumpulan Soal Ujian Nasional UN SMP MTs Tahun 2018

Amongguru.com. Download Kumpulan Soal Ujian Nasional UN SMP MTs Tahun 2018.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rapat pembahasan bahan kebijakan pelaksanaan Ujian Nasional tahun pelajaran 2017 / 2018 pada tanggal 25 Oktober 2017 telah memutuskan rancangan jadwal pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2018 untuk jenjang SMA / SMK / MA, SMP / MTs, Kejar Paket C, dan Kejar Paket B.

Ujian Nasional untuk jenjang SMP / MTs tahun 2018 menurut jadwal akan dilaksanakan pada tanggal 23 sampai dengan 26 April 2018 mendatang. Rincian jadwal pelaksanaan Ujian Nasional untuk jenjang SMP / MTs tahun pelajaran 2017 / 2018 dapat Anda lihat di bawah ini.

  • Ujian Nasional SMP / MTs : 23 – 26 April 2018
  • Ujian Nasional Susulan SMP / MTs : 8 – 9 Mei 2018
  • Penyerahan Hasil Ujian Nasional ke Provinsi : 18 Mei 2018
  • Pengumuman Hasil Ujian Nasional : 31 Mei 2018
  • Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) : 14 – 16 Mei 2018
  • Susulan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) : 21 – 23 Mei 2018
  • Ujian Sekolah (US) : Minggu ke – I dan Minggu ke – II bulan Mei 2018

Baca kembali : Jadwal Resmi Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017 / 2018.

Download Kumpulan Soal Ujian Nasional UN SMP MTs Tahun 2018

Persiapan yang paling baik dalam menghadapi Ujian Nasional adalah dengan terus berlatih mengerjakan soal-soal Ujian Nasional, baik yang berupa prediksi soal maupun soal ujian pada tahun-tahun sebelumnya.

Melalui latihan yang terus menerus tersebut, maka secara tidak langsung peserta didik akan memiliki gambaran tentang bentuk-bentuk soal Ujian Nasional dan juga mempunyai penguasaan pengetahuan untuk menyelesaikannya.

Terlepas dari teknik pelaksanaan Ujian Nasional, apakah nantinya semua harus menggunakan sistem UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) atau diperbolehkan menggunakan UNKP (Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil), peserta didik harus tetap mempersiapkan diri dalam menyosong Ujian Nasional tahun 2018 mendatang.

Selama belum ada perubahan kebijakan, maka hasil Ujian Nasional tahun 2018 mendatang masih tetap tidak menjadi penentu kelulusan.

Pemerintah sendiri telah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) Nomor 57 Tahun 2015 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik. Di dalam Permendikbud tersebut dijelaskan bahwa penentu kelulusan didasarkan pada capaian pretasi peserta didik melalui integrasi nilai rapor dan nilai Ujian Sekolah.

Penilaian hasil belajar dibagi menjadi tiga kategori, yakni penilaian kognitif (pengetahuan), penilaian afektif (sikap), dan penilaian psikomotor (keterampilan). Setiap sekolah tentu memiliki kriteria penilaian yang berbeda terhadap ketiga aspek tersebut.

Akan tetapi yang perlu diperhatikan bahwa kelulusan peserta didik tidak semata-mata ditentukan oleh hasil penilaian kognitif saja. Sikap dan keterampilan peserta didik juga akan menjadi pertimbangan sekolah (dalam hal ini dewan guru) untuk memutuskan lulus atau tidaknya peserta didik.

Ujian Nasional akan digunakan untuk pemetaan mutu program atau satuan pendidikan, sebagai pertimbangan seleksi masuk ke jenjang pendidikan berikutnya, serta sebagai bahan pertimbangan dalam pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan.

Berdasarkan hal tersebut, maka manfaat hasil Ujian Nasional bagi peserta didik adalah untuk pertimbangan seleksi masuk ke jenjan pendidikan selanjutnya. Apabila capaian nilai Ujian Nasional peserta didik rendah, tentu tidak dapat masuk ke sekolah tertentu yang memasang passing grade (nilai minimal) Ujian Nasional tinggi.

Sehingga meskipun bukan sebagai penentu kelulusan, hasil Ujian Nasional tetap memiliki peran penting untuk proses pendidikan peserta didik ke jenjang berikutnya.

Di dalam mempersiapkan diri menyongsong Ujian Nasional tahun 2018 mendatang, berikut ini admin bagikan download kumpulan soal Ujian Nasional UN SMP MTs tahun 2018. Kumpulan naskah soal ini merupakan naskah soal Ujian Nasional selama 11 (sebelas) tahun dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2015.

Semoga kumpulan naskah soal ini dapat membantu Anda yang sedang mencari naskah soal Ujian Nasional, khususnya untuk jenjang SMP/MTs. Naskah soal Ujian Nasional ini juga dapat menjadi referensi Anda dalam belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2018 mendatang.

Di bawah ini adalah kumpulan lengkap naskah soal Ujian Nasional SMP tahun 2018 dalam format pdf.  Anda dapat melakukan unduhan secara gratis dengan cara klik pada tautan yang Anda pilih. Pastikan smartphone atau laptop Anda sudah terinstal aplikasi untuk membaca file dengan ekstensi pdf.

Download Kumpulan Soal Ujian Nasional UN SMP MTs Tahun 2018 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 

Download Kumpulan Soal Ujian Nasional UN SMP MTs Tahun 2018 Mata Pelajaran Matematika

Download Kumpulan Soal Ujian Nasional UN SMP MTs Tahun 2018 Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Download Kumpulan Soal Ujian Nasional UN SMP MTs Tahun 2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Baca juga : SMP / MTs

Khusus untuk soal-soal Ujian Nasional Mata Pelajaran IPA SMP / MTs, silahkan Anda baca :

Ringkasan lengkap materi IPA Fisika SMP / Mts tahun 2017 dapat Anda unduh di sini.

Demikian informasi mengenai Download Kumpulan Soal Ujian Nasional UN SMP MTs Tahun 2018. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan