Download Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA MA

Download Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA MA

Amongguru.com. Kriteria dan perangkat akreditasi SMA MA perlu dipahami oleh satuan pendidikan yang akan diakreditasi agar dapat mempersiapkan diri secara lebih baik.

Sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan.

Akreditasi terhadap program dan satuan pendidikan dilakukan oleh Pemerintah dan/atau lembaga mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik dan dilakukan atas dasar kriteria yang bersifat terbuka.

Selanjutnya, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, dijelaskan bahwa akreditasi oleh Pemerintah dilaksanakan oleh BAN-S/M terhadap program dan/atau satuan pendidikan jalur formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Di dalam melaksanakan akreditasi sebagaimana dimaksud, BAN-S/M dibantu oleh badan akreditasi provinsi yang dibentuk oleh Gubernur.

Badan akreditasi berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri dan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya badan akreditasi bersifat mandiri.

Terkait dengan pelaksanaan akreditasi di tingkat SMA MA, maka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) telah menerbitkan Peraturan Mendikbud Nomor 004/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA MA.

Instrumen Akreditasi sekolah/madrasah terdiri atas delapan komponen standar nasional pendidikan yang disusun oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) dan instrumen juga disusun dengan mengacu pada peraturan terkait lainnya.

Standar nasional pendidikan tersebut meliputi: (1). standar isi, (2). standar proses, (3). standar kompetensi lulusan, (4). standar pendidik dan tenaga kependidikan, (5). standar sarana dan prasarana, (6). standar pengelolaan, (7). standar pembiayaan, dan (8). standar penilaian pendidikan.

Sedangkan Perangkat Akreditasi SMA/MA terdiri atas: (1) Instrumen Akreditasi,(2) Petunjuk Teknis (Juknis) Pengisian Instrumen Akreditasi, (3) Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi, dan (4) Pedoman Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi.

Kriteria dan perangkat akreditasi SMA MA ini digunakan untuk menilai kelayakan SMA/MA yang akan diakreditasi. Keempat dokumen akreditasi SMA/MA tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Oleh karena itu, sebelum memilih jawaban pada butir-butir pernyataan instrumen sekolah/madrasah, perlu mempelajari/memahami Juknis Pengisian Instrumen Akreditasi dan mengisi Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi.

Pengisian instrumen akreditas SMA/MA ini dengan cara memberi tanda ceklis (√) pada kotak opsi jawaban “A”, “B”, “C”, “D”, atau “E” pada butir instrumen yang meliputi 8 (delapan) komponen standar nasional pendidikan :

1. komponen standar isi nomor 1 – 9;

2. komponen standar proses nomor 10 – 30;

3. komponen standar kompetensi lulusan nomor 31 – 37;

4. komponen standar pendidik dan tenaga kependidikan nomor 38 – 56;

5. komponen standar sarana dan prasarana nomor 57 – 84;

6. komponen standar pengelolaan nomor 85 – 100;

7. komponen standar pembiayaan nomor 101 – 116; dan

8. komponen standar penilaian nomor 117 – 129.

Semua butir soal dalam instrumen akreditasi harus dijawab secara objektif dan jujur sesuai dengan keadaan sebenarnya yang ada di SMA/MA.

Seluruh bukti fisik yang dipersyaratkan dalam Juknis Pengisian Instrumen Akreditasi SMA/MA dan Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP) Akreditasi SMA/MA yang akan  digunakan oleh Tim Asesor pada saat melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi harus disiapkan tersebih dahulu.

Sebelum mengisi Instrumen Akreditasi, maka isilah terlebih dahulu pernyataan kepala sekolah/madrasah dan data identitas sekolah/madrasah.

Kriteria dan perangkat akreditasi SMA/MA selengkapnya dapat di unduh pada tautan di bawah ini.

Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA/MA – Unduh

Demikian kriteria dan perangkat akreditasi SMA/MA. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan