Download Juknis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia KOPSI Tahun 2020

Download Juknis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia KOPSI Tahun 2020

Amongguru.com.  Sehubungan dengan situasi dan kondisi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk pelaksanaan Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) tahun 2020 secara offline, maka pelaksanaan KOPSI tahun 2020 dilaksanakan secara daring dengan mekanisme yang telah ditentukan.

Di dalam menyesuaikan kondisi tersebut, maka dikeluarkan petunjuk teknis yang bersifat khusus daripada pedoman umum yang menjadi pedoman para peneliti dalam melakukan penelitian mengikuti KOPSI tahun 2020.

Juknis KOPSI tahun 2020 ini diharapkan dapat menjadi alternatif bagi para peneliti yang mengikuti KOPSI tahun 2020 dalam rangka melakukan penelitian di masa pandemi covid-19.

Selain itu, dalam Petunjuk Teknis ini juga telah dipaparkan pedoman penilaian dan mekanisme penjurian KOPSI secara daring.

Penilaian Laporan Hasil Penelitian

Pada  penilaian Laporan Hasil Penelitian terdapat kententuan-ketentuan khusus yang telah diatur sedemikian rupa sesuai dengan bidang masing-masing, diantaranya MST, FTR, dan ISH.

Aspek dan bobot penilaian laporan hasil penelitian sebagai berikut.

1. Latar belakang (15%).

2. Rumusan masalah (20%).

3. Metode penelitian (20%).

4. Kedalaman analisis (25%).

5. Potensi aplikasi (10%).

6. Kaidah penulisan (10%).

Bagi peneliti yang menggunakan sampel manusia atau hewan vertebrata harus mendapat ethical clearence dari instansi atau perguruan tinggi yang ada di daerahnya.

Selama pandemi covid-19, persyaratan ini dapat diganti dengan surat pernyataan oleh peneliti sendiri bahwa kegiatan penelitian dilaksanakan dengan menegakkan etika penelitian.

Petunjuk Teknis Kelanjutan Penelitian Bidang Ilmu (ISH, MST, dan FTR)

Penggantian metode pengumpulan data dapat dilakukan dari metode yang riskan karena mengharuskan bertatap muka langsung dengan informan/narasumber/responden/pemilik data
ke metode yang aman yang dimungkinkan dengan;

1. metode kajian pustaka/studi literatur dengan cara menelaah sejumlah pustaka yang kredibel, seperti dokumen, jurnal online, buku, dan lain-lain, yang terkait dengan topik penelitian;

2. metode daring, misalnya;

a. bertatap muka virtual melalui jaringan internet (Zoom, Google Meet, WA, dan lainlain) untuk wawancara, focus group discussion, interview group discussion, eksperimen sosial);

b. menggunakan rekaman melalui telepon seluler atau WA untuk wawancara;

c. mengumpulkan data angket melalui Google Forms;

d. menggunakan data rekaman pinjaman, misalnya rekaman seni pertunjukan yang dimiliki narasumber, dalam hal tidak memungkinkan menyaksikan data secara langsung;

e. menggunakan catatan-catatan tertulis informan, yang kemudian dikirimkan melalui email.

Pada metode observasi perilaku, yang sulit dilakukan pada masa pandemi Covid-19, metode observasi dapat diganti dengan wawancara pada omniscient member (anggota masyarakat yang dianggap paling mewakili permasalahan terkait).

Ada pula observasi tentang seni pertunjukan atau keterampilan yang dapat diganti dengan suatu analisis dokumen visual, misalnya dengan data berupa video dan foto.

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan peneliti dengan menyesuaikan situasi dan
kondisi pandemi Covid-19 ini, maka;

1. bagi peserta yang berada di zona merah disarankan untuk memilih penelitian yang berbasis pustaka dengan dukungan referensi minimal 5 artikel ilmiah dari jurnal nasional maupun internasional;

2. bagi peserta dari zona selain zona merah dapat memilih penelitian dengan eksperimen terbatas, dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan.

Final KOPSI

Terdapat 2 (dua) tahap dalam Final KoPSI Daring tahun 2020, yaitu (1) Pameran Daring dan (2) Wawancara Daring.

1. Pameran Daring

Pameran diadakan secara daring, yang menampilkan poster. Untuk mengikuti Pameran Daring, finalis menyiapkan poster dengan ketentuan yang ditetapkan dalam juknis.

2. Video Presentasi dan Wawancara Daring

Finalis akan diundang oleh Panitia untuk mengikuti Wawancara Daring dengan Juri pada ruang dan waktu virtual yang ditentukan. Durasi wawancara daring maksimal 15 (lima belas) menit.

Untuk mengikuti Wawancara Daring, peserta mengunggah video presentasi penelitian pada waktu yang ditentukan dengan ketentuan sesuai yang ditetapkan dalam juknis.

Juknis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia KOPSI Tahun 2020 secara lengkap dapat dlihat dan di unduh pada tautan berikut ini.

Petunjuk Teknis KOPSI Daring Tahun 2020 –Unduh

Permonohonan Izin Meneliti Disdik Provinsi – Unduh

Demikian informasi mengenai juknis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia KOPSI Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan