Download Gratis Senam Pramuka Dilengkapi Dengan Gambar Gerakannya

Download Gratis Senam Pramuka Dilengkapi Dengan Gambar Gerakannya

Amongguru.com. Senam Pramuka merupakan senam khusus yang dilakukan oleh anggota Pramuka. Meskipun demikian, senam ini juga dapat dipraktekkan oleh masyarakat umum untuk kebugaran tubuh.

Senam Pramuka merupakan wadah kebugaran dan kesehatan bagi anggota Pramuka. Senam pramuka diluncurkan pada bulan Juni 2002 dan mulai dikenal luas sejak dilombakan dalam ajang kepramukaan bahkan pada POPDA (Pekan Olahraga Daerah).

Senam Pramuka ini sangat penting untuk membentuk generasi yang sehat, khususnya pada anggota pramuka. Anggota Pramuka yang memiliki tubuh sehat tentu akan memiliki jiwa yang kuat pula.

Gerakan Pramuka umumnya melibatkan anggota pramuka untuk selalu bergerak aktif, terutama ketika berada di alam yang terbuka. Kegiatan di alam terbuka dengan disertai gerak aktif ini merupakan bagian dari olahraga.

Senam Pramuka dapat menjadi sarana efektif untuk mengolahragakan anggota pramuka. Melalui senam Pramuka, anggota Pramuka dapat menjaga kebugaran tubuhnya, melatih kemampuan motoriknya, dan juga melatih kekompakan dalam regu atau tim.

Senam Pramuka memiliki banyak gerakan variasi sebagai ciri khas pramuka. Selain berguna untuk olah fisik, senam Pramuka bisa juga digunakan sebagai alat meningkatkan kekompakan dan kreatifitas Pramuka.

Senam Pramuka pada dasarnya merupakan jenis senam yang tidak menggunakan aksesoris lain, misalnya tongkat, yel-yel, maupun tepuk. Akan tetapi, senam Pramuka dapat divariasikan dengan aksesoris tersebut untuk menambah kreatifitas gerakan.

Download Gratis Senam Pramuka Dilengkapi Dengan Gambar Gerakannya

Seperti halnya jenis senam yang lain, maka gerakan senam Pramuka terbagi menjadi tiga bagian, yaitu gerakan pemanasan, gerakan inti, dan gerakan penutupan atau pendinginan.

Setiap gerakan dalam senam Pramuka menggunakan hitungan 1 sampai dengan 8. Setiap gerakan terdiri atas gerakan tangan, kaki, leher, dan juga kepala. Senam Pramuka juga memiliki unsur kelenturan, kekuatan, keseimbangan, dan kekompakan antar anggota.

1. Gerakan pemanasan

 

2.  Gerakan inti

3.  Gerakan pendinginan

Untuh mendownload video senam Pramuka full versi, silakan klik di sini.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai Download Gratis Senam Pramuka Dilengkapi Dengan Gambar Gerakannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan