Download Format Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur

Download Format Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur

Amongguru.com. Tugas mandiri terstruktur dan tidak terstruktur merupakan bentuk penugasan yang diberikan guru berupa pendalaman materi pada kompetensi dasar tertentu sebagai rangkaian dari kegiatan pembelajaran selain tatap muka.

Secara prinsip, kedua jenis tugas tersebut memiliki kesamaan dalam hal pencapaian tujuan, yaitu untuk meningkatkan pemahaman materi peserta didik pada kompetensi dasar yang diajarkan guru.

Perbedaannya terletak pada waktu penyelesaian. Waktu penyelesaian tugas mandiri terstruktur ditentukan oleh guru, sedangkan waktu penyelesaiaan tugas mandiri tidak terstruktur ditentukan oleh peserta didik sendiri,

Waktu pengerjaan tugas mandiri tidak terstruktur lebih lama dibandingkan waktu penyelesaian tugas mandiri tidak terstruktur, sehingga peserta didik yang telah selesai mengerjakan dapat mengumpulkan terlebih dahulu.

Ttugas mandiri terstruktur berbentuk pemberian PR, kegiatan pengayaan, kegiatan remidial, dan juga kegiatan percepatan. Sedangkan tugas mandiri tidak terstruktur lebih banyak bersifat proyek yang bisa dikerjakan secara individu maupun kelompok.

Pemberian tugas mandiri terstruktur dan tidak terstruktur ini memilik banyak manfaat, baik untuk peserta didik, guru, maupun orangtua.

Melalui pemberian tugas mandiri terstruktur dan tidak terstruktur tersebut, peserta didik akan dilatih untuk disiplin waktu dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Bagi guru, pemberian tugas ini bermanfaat untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam menyampaikan materi, mengetahui tingkat pencapaian pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan, dan meningkatkan profesionalisme guru.

Sedangkan untuk orangtua, pemberian tugas mandiri terstruktur dapat dimanfaatkan untuk mengamati perkembangan belajar anak dan melihat kedisiplinan serta tanggungjawab anak dalam menyelesaikan tugas.

Baca : Pengertian Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur Serta Perbedaannya

Format Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur

Berikut ini dibagikan format tugas mandiri terstruktur dan tidak terstruktur. Tidak ada format baku dalam pembuatan kedua jenis tugas ini, sehingga pembuatannya disesuaikan dengan kebutuhan guru. Guru dapat mengembangkan sendiri format kedua jenis tugas tersebut sesuai keinginan dan kebutuhan.

Format tugas terstruktur dan tidak terstruktur minimal memuat beberapa komponen berikut.

1. Identitas

  • Satuan Pendidikan
  • Mata Pelajaran
  • Kelas
  • Semester
  • Tahun Pelajaran

2. Kompetensi Dasar

3. Materi Penugasan

4. Kegiatan Tugas

  • Individu
  • Kelompok

5. Bentuk Tugas

  • Praktik
  • Portofolio
  • Proyek

6. Waktu Penyelesaian

7. Jenis Tugas

  • Terstruktur
  • Tidak Terstruktur

Baca : Cara Hitung Alokasi Waktu Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur

Berikut ini adalah contoh format tugas mandiri terstruktur dan tidak terstruktur.

Contoh format tugas terstruktur dan tidak terstruktur tersebut dapat diunduh dalam bentuk MS Word di sini.

Demikian ulasan mengenai format tugas mandiri terstruktur dan tidak terstruktur. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan