Download Format Program Remedial dan Pengayaan Kurikulum 2013

Download Format Program Remedial dan Pengayaan Kurikulum 2013

Amongguru.com. Remedial dan pengayaan adalah program evaluasi pembelajaran dalam Kurikulum 2013.  Pada konteks Kurikulum 2013, program pengayaan adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam rangka pencapaian tujuan nasional.

Di dalam Standar Nasional Pendidikan ditetapkan bahwa setiap satuan pendidikan dituntut untuk memiliki kriteria ketuntasan minimal.

Kriteria Ketuntasan Minimal inilah yang selanjutnya menjadi indikator terhadap hasil capaian pembelajaran pada Kompetensi Dasar tertentu.

Peserta didik yang dinyatakan memiliki kemampuan di bawah standar atau belum mencapai KKM membutuhkan program remedial. Sedangkan peserta didik yang telah mencapai ketuntasan atau memiliki kemampuan di atas KKM membutuhkan program pengayaan.

Pembelajaran remedial diberikan segera setelah peserta didik diketahui belum mencapai KKM. Pembelajaran remedial dilakukan untuk memenuhi kebutuhan atau hak peserta didik.

Pada pembelajaran remedial, pendidik membantu peserta didik untuk memahami kesulitan belajar yang dihadapi secara mandiri, mengatasi kesulitan dengan memperbaiki sendiri cara belajar dan sikap belajarnya yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar yang optimal. Dalam hal ini, penilaian merupakan assessment as learning.

Metode yang digunakan pendidik dalam pembelajaran remedial juga dapat bervariasi sesuai dengan sifat, jenis, dan latar belakang kesulitan belajar yang dialami peserta didik. Tujuan pembelajaran juga dirumuskan sesuai dengan kesulitan yang dialami peserta didik.

Pada pelaksanaan pembelajaran remedial, media pembelajaran juga harus betul-betul disiapkan pendidik. Tujuannya adalah agar dapat mempermudah peserta didik dalam memahami KD yang dirasa sulit tersebut.  Di dalam hal ini, penilaian tersebut merupakan assessment for learning.

Program pengayaan adalah salah satu upaya guru untuk membantu peserta didik yang sudah mencapai KKM untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan yang telah dimilikinya.

Dengan demikian fokus dari program pengayaan adalah pendalaman dan perluasan dari kompetensi yang dipelajari peserta didik.

Pengayaan biasanya diberikan segera setelah peserta didik diketahui telah mencapai KKM berdasarkan hasil penilaian harian.

Pembelajaran pengayaan biasanya hanya diberikan sekali, tidak berulang kali sebagaimana pembelajaran remidial. Pembelajaran pengayaan umumnya tidak diakhiri dengan penilaian.

Secara umum, pemberian program pengayaan bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik kelompok cepat, sehingga mereka memiliki penguasaan lebih mendalam terhadap materi pelajaran dan kompetensi yang dipelajari.

Format Program Remedial dan Pengayaan Kurikulum 2013

Berikut ini dibagikan format program remedial dan pengayaan Kurikulum 2013. Format yang dibagikan ini hanya sebagai contoh untuk referensi guru, sehingga guru dapat mengembangkan sendiri sesuai kebutuhan.

Program remedial dan pengayaan minimal memuat komponen-komponen berikut.

1. Identitas (nama sekolah, mata pelajaran, kelas, semester tahun)

2. Nomor Kompetensi Dasar (KD)

3. Nama Peserta Didik

4. Rencana Program (Remidial atau Pengayaan)

5. Tanggal Pelaksanaan

6. Hasil (Sebelum dan Sesudah)

7. Simpulan

Di bawah ini adalah contoh format program remidial dan pengayaan Kurikukum 2013.

Contoh format program remidial dan pengayaan Kurikukum 2013 tersebut dapat diunduh dalam bentuk MS Word di sini.

Demikian contoh format program remedial dan pengayaan Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan