Download e-Book Latihan Soal PPPK Tahun 2021 dan Pembahasannya

Download e-Book Latihan Soal PPPK Tahun 2021 dan Pembahasannya

Amongguru.com. Berikut ini kami bagikan e-Book latihan soal PPPK (P3K) tahun 2021 dan pembahasannya.

e-Book latihan soal PPPK tahun 2021 ini soal latihan PPPK Paket 1 – 9 dilengkapi kunci jawaban dan 10 prediksi soal wawancara serta bagaimana cara untuk menjawab pertanyaan wawancara dengan jawaban terbaik

Pemerintah berencana melaksanakan seleksi PPPK P3K tahun 2021. Peserta seleksi wajib mengikuti seluruh tahapan yang telah ditetapkan, salah satunya adalah mengikuti Ujian Seleksi.

Rencana seleksi PPPK P3K tahun 2021 meliputi beberapa tahapan, yaitu mulai dari pengajuan formasi, pendaftaran, ujian seleksi, penempatan, hingga pemberkasan.

Latihan soal seleksi guru PPPK (P3K) ini dapat menjadi gambaran bentuk soal dan juga referensi belajar calon peserta ujian seleksi PPPK tahun 2021.

Hal yang membedakan antara materi soal PPPK dengan soal tes CPNS adalah dalam ujian seleksi PPPK tidak ada seleksi kompetensi dasar, tetapi hanya seleksi kompetensi bidang atau teknis.

Baca : Kumpulan Modul Belajar Mandiri Seleksi Guru PPPK P3K Tahun 2021 

Rencana seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja tahun 2021 meliputi beberapa tahapan, mulai dari pengajuan formasi, pendaftaran, ujian seleksi, penempatan, hingga pemberkasan.

Pendaftaran seleksi PPPK dilakukan melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) Badan Kepegawaian Negara.

Materi Ujian Seleksi PPPK Tahun 2021

Materi ujian seleksi PPPK tahun 2021 terdiri atas beberapa tipe soal sebagai berikut.

1. Kompetensi Bidang/Teknis

Kompetensi Bidang/Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan bidang teknis jabatan.

2. Tes Bakat Skolastik

Tes Bakat Skolastik adalah tes yang mengukur kemampuan potensial umum yang dirancang untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.

3. Kompetensi Manajerial

Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan untuk memimpin dan mengelola organisasi.

4. Kompetensi Sosio Kultural

Kompetensi Sosial Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk.

5. Pertanyaan Wawancara

Wawancara adalah tanya jawab antara dua pihak, yaitu pewawancara dan narasumber untuk memperoleh suatu data tentang suatu hal.

Pada seleksi kompetensi PPPK menggunakan CAT, setiap peserta diberi waktu 100 menir untuk mengerjakan tiga jenis tes, yaitu 40 soal Kompetensi Teknis, 40 soal Kompetensi Manajerial, dan 10 soal Kompetensi Sosio Kuktural

Sedangkan untuk tes wawancara berbasis komputer hanya akan diberi waktu 20 menit untuk menyelesaikan10 butir soal,

Metode penilaian masingmasing subtes yang harus dikerjakan oleh peserta seleksi PPPK adalah sebagai berikut.

1. Kompetensi Teknis : Nilai 3 jika jawaban benar dan 0 jika jawaban salah atau kosong

2. Kompetensi Manajerial : Nilai 1 jika jawaban benar dan 0 jika jawaban salah atau kosong.

3. Kompetensi Sosio Kultural : Nilai 2 jika benar dan 0 jika jawaban salah atau kosong.

4. Wawancara Berbasis Komputer : Nilai 3 atau 2 atau 1 untuk jawaban yang diberikan dan jika kosong atau tidak  menjawab nilainya 0.

e-Book latihan soal PPPK Tahun 2021 dan pembahasannya selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

 

Unduh

Demikian yang dapat dibagikan mengenai e-Book latihan soal PPPK Tahun 2021 dan pembahasannya. Semoga bermanfaat untuk membantu belajar peserta seleksi PPPK tahun 2021.

Tinggalkan Balasan