Download Contoh Soal OSN SMP Tahun 2020 Lengkap

Download Contoh Soal OSN SMP Tahun 2020 Lengkap

Salah satu arah kebijakan program pembangunan pendidikan nasional dalam bidang pendidikan adalah mengembangkan kualitas sumber daya manusia secara terarah, terpadu dan menyeluruh melalui berbagai usaha proaktif dan reaktif.

Sedangkan misi pendidikan nasional adalah terwujudnya sistem dan iklim pendidikan national yang demokratis dan bermutu, untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, berdisiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Mutu sumber daya manusia suatu bangsa tergantung pada mutu pendidikannya. Dengan berbagai strategi, peningkatan mutu diarahkan untuk meningkatkan mutu peserta didik dalam penguasaan ilmu pengetahuan dasar, penguasaan bahasa asing dan penanaman sikap dan perilaku yang mencerminkan budi pekerti.

Sebagai bagian dari masyarakat internasional, masa depan Indonesia sangat membutuhkan kemampuan kompetitif di kalangan peserta didik untuk bersaing secara sehat dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi

Berdasarkan hal tersebut, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat siswa dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui berbagai lomba atau kompetisi baik nasional maupun internasional. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional (OSN). 

Olimpiade Sains Nasional (OSN) secara konsisten terus dikembangkan sebagai salah satu program pembinaan olah pikir peserta didik.

Olimpiade Sains Nasional merupakan salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, kreativitas, dan sportivitas siswa.

Pelaksanaan OSN tingkat SMP secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran, sehingga siswa memiliki daya juang yang tinggi, kompetitif dan inovatif.

Salah satu indikator peningkatan mutu pada suatu jenjang pendidikan adalah meningkatnya kemampuan peserta didik dalam hal kemampuan berpikir kritis, daya nalar, kreativitas, sikap, dan budi pekerti.

Baca

Olimpiade Sains Nasional untuk peserta didik SMP dan atau yang sederajat diselenggarakan secara berjenjang untuk memotivasi para peserta didik, guru, pengelola, dan pembina pendidikan untuk berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik.

OSN SMP ini sekaligus untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah masing-masing yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Tujuan OSN

1. Tujuan Umum

Tujuan umum dari OSN SMP adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya bidang Matematika, IPA, dan IPS yang berasaskan pendidikan karakter.

2. Tujuan Khusus

  • Memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika, IPA, dan IPS.
  • Membangkitkan minat dan kegemaran siswa terhadap bidang Matematika, IPA, dan IPS.
  • Menumbuhkembangkan kemampuan siswa untuk berfikir kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan produktif sebagai bekal dalam kehidupan.
  • Menanamkan kesadaran dan keberanian siswa untuk mencoba, belajar menerapkan secara langsung, dan dapat berprestasi secara optimal.
  • Menanamkan sifat kompetitif dan kerjasama yang sehat sejak dini.
  • Memetakan kemampuan siswa dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS sesuai standar mutu pendidikan secara nasional.
  • Mengidentifikasi siswa berprestasi di setiap sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS.
  • Menyeleksi siswa terbaik tingkat nasional pada jenjang SMP, MTs atau yang sederajat untuk diikutsertakan pada perlombaan tingkat internasional.
  • Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi dalam bidang Matematika, IPA dan IPS.

Hasil yang Diharapkan

Melalui lomba OSN ini diharapkan terjadi peningkatan minat dan prestasi siswa dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS.

Selain itu, penyelenggaraan OSN juga diharapkan akan mampu memilih siswa yang mampu berprestasi pada lomba tingkat nasional dan internasional.

Penyelenggaraan Seleksi OSN

Seleksi diselenggarakan secara bertingkat, sebagai berikut.

1. Tingkat Sekolah

2. Tingkat Kabupaten/Kota

3. Tingkat Provinsi

4. Tingkat Nasional

Sasaran Kegiatan OSN

Sasaran kegiatan OSN tahun 2020 adalah siswa SMP atau MTs negeri dan swasta atau yang sederajat di seluruh propinsi di Indonesia.

Ruang Lingkup Materi OSN SMP

Lingkup materi OSN SMP didasarkan pada Silabus Kurikulum 2013 dan juga SIlabus olimpiade sains internasional.

Dari ruang lingkup tersebut, diperoleh materi-materi soal yang sesuai dengan kebutuhan OSN, selanjutnya materi ini dituangkan dalam bentuk soal OSN.

Kompetensi yang diharapkan dari peserta OSN adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi atau HOTS (High Order Thinking Skills).

Tingkat kesulitan soal dibuat berjenjang. Untuk tingkat propinsi, soal OSN relatif lebih sulit dibandingkan tingkat kabupaten. Sedangkan soal tingkat nasional akan relatif lebih sulit dibandingkan tingkat propinsi.

Soal Olimpiade Sains Nasional OSN SMP Tahun 2020

Berikut ini dibagikan contoh soal OSN SMP tahun 2020 untuk membantu belajar peserta didik tingkat SMP/MTs dalam mengikuti Olimpiade Sains Nasonal tahun 2020 pada bidang lomba Ilmu IPA, Matematika, dan IPS.

Download contoh soal OSN SMP tahun 2020 secara lengkap pada link di bawah ini.

  • Contoh soal OSN Matematika SMP 2020 (Download)
  • Contoh soal OSN IPA SMP 2020 (Download)
  • Contoh soal OSN IPS SMP 2020 (Download)

Demikian contoh soal OSN SMP tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan