Download Buku Saku Program PHBS Di Layanan PAUD Tahun 2020

Download Buku Saku Program PHBS Di Layanan PAUD Tahun 2020

Amongguru.com. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Layanan PAUD Tahun 2020.

Kebersihan diri, higiene pangan, dan sanitasi lingkungan menjadi hal yang penting dilakukan dalam penyelenggaraan pendidikan di tingkat PAUD, sehingga perlu untuk diterbtkan Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di satuan PAUD.

Buku PHBS di Layanan PAUD Tahun 2020 ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penyelenggara dan guru PAUD dalam menciptakan lingkungan satuan PAUD yang aman, bersih, sehat, nyaman, dan menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat bagi peserta didik, serta memberikan edukasi kepada orang tua untuk membiasakan hal yang serupa saat di rumah.

Menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat di satuan PAUD dapat dilakukan melalui bermain dan belajar yang menyenangkan. Dengan demikian anak akan tertarik dan terlibat dalam aktifitas tersebut.

Selain itu, satuan PAUD juga harus menyediakan sarana dan prasarana memadai yang mudah diakses oleh semua peserta didik, termasuk penyandang disabilitas, serta menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan sehat bagi anak untuk mendukung tumbuh dan berkembang secara optimal.

Latar Belakang

Berbagai penyakit infeksi yang berhubungan dengan higiene dan sanitasi, antara lain diare, kecacingan, ISPA, polio, typhus, penyakit kulit dan penyakit mata, merupakan penyakit yang paling sering diderita oleh anak-anak.

Selain menyebabkan kematian, infeksi yang berulang akan menyebabkan anak menderita kekurangan gizi.

Baca : Download Buku Penunjang Pengembangan Sanitasi Sekolah

Kekurangan gizi yang berlangsung secara kronis akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga secara fisik anak tidak mencapai tinggi yang optimum dan perkembangan otaknya akan terhambat.

Dampaknya adalah rendahnya kemampuan kognitif anak. Buruknya kondisi lingkungan sekolah serta tidak tersedianya air dan sarana sanitasi yang layak dan aman, membuat sekolah menjadi tempat yang tidak aman dan aman bagi anak.

Tujuan

1. Sebagai sumber informasi bagi guru dan kepala sekolah untuk mengembangkan kegiatan pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat di layanan PAUD.

2. Sebagai sumber informasi bagi guru dan Kepala Sekolah untuk mendorong orangtua siswa agar melanjutkan pembiasaan PHBS di rumah masing-masing.

Pengertian Sanitasi

Sanitasi adalah pengendalian semua faktor lingkungan fisik manusia yang dapat menimbulkan akibat buruk terhadap kehidupan manusia, baik fisik maupun mental (WHO).

Contoh kegiatan sanitasi adalah menjaga kebersihan ruangan, sirkulasi udara ruangan, pengelolaan sampah, dan penanganan vektor (pembawa) penyakit, dan lain-lain.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Perilaku adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

PHBS di sekolah merupakan kegiatan memberdayakan siswa, guru dan masyarakat di lingkungan sekolah untuk mau melakukan pola hidup sehat untuk menciptakan sekolah sehat.

Baca : Download Buku Saku Pedoman PHBS PAUD Tahun 2020

Mandi Untuk Menjaga Kebersihan Tubuh

Dengan mandi dan keramas maka tubuh dan rambut kita akan bersih dari kotoran, debu dan keringat, setelah kita beraktivitas.

Mandi akan membuat peredaran darah di tubuh dan kepala menjadi lancar dan membuat kita semakin santai setelah beraktivitas. Mandi dan keramas dapat membuat tubuh menjadi rileks

Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Layanan PAUD Tahun 2020 secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada link berikut.

Unduh

Demikan informasi mengenai Buku Saku Program PHBS Di Layanan PAUD Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan