Download Buku Saku Guru Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Download Buku Saku Guru Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Amongguru.com. Buku Saku Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dibuat untuk memberikan informasi secara lengkap dan praktis mengenai Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Informasi mengenai Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan tersebut dikemas dalam bentuk buku saku yang dapat diunduh dengan mudah.

Kompetensi sangat diperlukan untuk menjadi seorang guru, sesuai dengan amanat Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan salah satu dari tiga komponen desain pembinaan guru profesional, selain Uji Kompetensi Guru (UKG) dan Penilaian Kinerja Guru (PKG).

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dilaksanakan agar guru dapat memelihara, meningkatkan, dan memperluas pengetahuan serta keterampilannya untuk melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.

Berikut adalah beberapa isi dari Buku Saku Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Apa yang dimaksud dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan?

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah program yang bertujuan meningkatkan kompetensi guru, khususnya untuk mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang diampu.

Siapa yang dapat mengikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan?

Guru yang dapat mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah guru yang :

  1. Profil hasil UKG-nya menunjukkan terdapat 3 (tiga) hingga 10 (sepuluh) kelompok kompetensi yang nilainya di bawah KCM (65). Jika guru tersebut belum melakukan UKG atau telah melakukan UKG namun dengan mata pelajaran/paket keahlian/jenjang yang tidak sesuai, maka guru tersebut diwajibkan untuk melakukan tes awal dengan menggunakan sistem UKG.
  2. Terdaftar di dalam Komunitas GTK pada Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
  3. Berada di wilayah yang tersedia akses/jaringan internet (khusus untuk peserta yang mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda daring dan daring kombinasi).
  4. Bersedia melaksanakan pembelajaran dengan kemauan dan komitmen yang tinggi. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan mewajibkan peserta untuk menyelesaikan setidaknya 2 (dua) kelompok kompetensi yang nilainya paling rendah dalam satu tahun program berjalan dan atau 2 (dua) modul prioritas yang sudah ditentukan dengan moda yang ditentukan oleh penyelenggara Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pada kurun waktu 1 (satu) tahun.
Apa itu SIM PKB?

SIM PKB adalah Sistem Informasi Manajemen yang digunakan pada Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

SIM PKB merupakan alat penghasil informasi untuk mengelola data dan sebagai pusat pengaturan layanan bagi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Apa alamat website SIM PKB?

Website: sim.gurupembelajar.id

Mengapa guru harus melakukan verifikasi dan validasi induk dan mapel di SIM PKB?

Semua guru diwajibkan untuk melakukan verifikasi dan validasi Sakolah Induk dan Mata Pelajaran di SIM PKB.

Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak terjadinya ketidaksesuaian/salah jenjang/mapel pada saat melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Download Buku Saku Guru Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan secara lengkap pada link di bawah ini.

BUKU SAKU GURU

Baca juga :

Demikian informasi mengenai Buku Saku Guru Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan