Download Buku Penunjang Pengembangan Sanitasi Sekolah

Download Buku Penunjang Pengembangan Sanitasi Sekolah 

Amongguru.com. Sanitasi sekolah merupakan salah satu elemen penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Meningkatnya akses sanitasi di sekolah dapat berdampak signifikan terhadap peningkatan kualitas kesehatan dan kenyamanan peserta didik di sekolah dan secara tidak langsung berkontribusi pada peningkatan angka partisipasi sekolah.

Ketersediaan Sanitasi Sekolah yang memadai akan memberikan dampak yang luar biasa pada beberapa indikator utama dalam pembangunan sektor kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, ekonomi, serta air dan sanitasi.

Pada sektor kesehatan, kegiatan sederhana seperti cuci tangan pakai pakai sabun (CTPS) dapat menurunkan risiko terkena penyakit diare hingga 47%.

Air, sanitasi, dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti Cuci Tangan Pakai Sabun dapat menurunkan angka ketidakhadiran secara signifikan hingga 21-54%.

Program sanitasi sekolah harus masuk ke dalam RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah). Caranya antara lain dengan mengalokasikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) maupun alternatif sumber pendanaan lainnya untuk memastikan terselenggaranya sanitasi sekolah secara berkelanjutan.

Syarat Menjalankan Sanitasi Sekolah yang Baik

Sebuah sekolah dapat dikatakan menerapkan Sanitasi Sekolah yang baik apabila sekolah tersebut dapat memenuhi tiga aspek yang saling berkaitan satu dengan lainnya, sebagai berikut.

1. Sekolah memenuhi ketersediaan sarana dan prasarana sanitasi, terutama akses pada sarana air bersih yang aman dari pencemaran, sarana sanitasi (jamban) yang berfungsi dan terpisah antara siswa laki-laki dan perempuan, serta fasilitas cuci tangan pakai sabun.

2. Sekolah melaksanakan kegiatan pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) secara rutin dan memastikan pelaksanaan Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) secara konsisten.

3. Adanya dukungan manajemen sekolah untuk mengalokasikan biaya operasional dan pemeliharaan sarana sanitasi dan biaya kegiatan PHBS.

Komponen pertama dari sanitasi sekolah adalah sarana dan prasarana sanitasi sekolah. Indikator dalam sarana dan prasarana sanitasi sekolah adalah :

1. Akses sumber air bersih yang layak dan tersedia sepanjang waktu.

2. Akses pada fasilitas sanitasi dasar yang layak dan terpisah.

3. Akses pada fasilitas CTPS dengan air yang mengalir.

Pentingnya Sanitasi Sekolah

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan di tingkat global, ketersediaan sanitasi sekolah yang memadai akan memberikan dampak yang luar biasa pada beberapa indikator utama dalam pembangunan sektor kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, ekonomi, serta air dan sanitasi.

Pada sektor kesehatan, kegiatan sederhana, seperti cuci tangan dengan sabun dapat menurunkan risiko terkena penyakit diare hingga 47%1. Peserta didik yang sehat dapat terhindar penyakit diare sehingga meningkatkan akses kepada pendidikan.

Pembiasaan CTPS secara rutin dapat menurunkan angka ketidakhadiran secara signifikan hingga 50%.

Selain itu penyediaan air minum yang aman di sekolah dapat meningkatkan konsentrasi siswa dalam menangkap pelajaran dan secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas akademik mereka.

Sanitasi Sekolah juga mendorong kesetaraan gender. Studi UNESCO menemukan bahwa secara global, 1 dari 5 anak perempuan yang berusia di atas sekolah dasar tidak melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan menengah, salah satunya akibat fasilitas sanitasi yang tidak layak di sekolah. Hal yang sama pula, 1 dari 6 siswa perempuan yang sedang menstruasi terpaksa tidak sekolah.

Buku Penunjang Pengembangan Sanitasi Sekolah

Sebagai komitmen dalam mendorong pencapaian target pembangunan sanitasi sekolah, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian PPN/Bappenas, dan PPSP menerbitkan beberapa buku penunjang pengembangan sanitasi sekolah.

Buku penunjang pengembangan sanitasi sekolah ini dapat menjadi pedoman dalam pelaksanaan kegiatan sanitasi pada tingkat satuan pendidikan.

Berikut ini Buku Penunjang Pengembangan Sanitasi Sekolah yang dapat di unduh secara gratis pada link yang tersedia.

1. Buku Peta Jalan Sanitasi Sekolah

Peta Jalan Sanitasi Sekolah ini merupakan dokumen komprehensif sanitasi sekolah yang dapat menjadi rujukan berbagai pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal Kemendikbud untuk dapat melakukan kontribusi terhadap program sanitasi sekolah.

Baca : Download Buku Saku Program PHBS Di Layanan PAUD Tahun 2020

Baseline sanitasi sekolah di berbagai jenjang pendidikan, konsep sanitasi, serta strategi pengembangan sanitasi sekolah termasuk di dalamnya beragam kegiatan percontohan dapat menjadi ide dalam merumuskan program sanitasi sekolah.

Unduh Peta Jalan Sanitasi Sekolah, klik di sini.

2. Buku Panduan Penyusunan Strategi Sanitasi Sekolah

Bappenas bersama dengan PPSP dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga menyusun Panduan Penyusunan Strategi Sanitasi Sekolah.

Penyusunan strategi sanitasi sekolah pada setiap SD/MI baik negeri maupun swasta untuk dapat mewujudkan lingkungan bersih dan sehat melalui perencanaan yang matang dan terinternalisasi dalam perencanaan-perencanaan sanitasi Kabupaten/Kota.

Unduh Panduan Penyusunan Strategi Sanitasi Sekolah, klik di sini.

3. Buku Pedoman Pengembangan Sanitasi Sekolah Dasar

Buku Pedoman Pengembangan Sanitasi Sekolah Dasar memuat materi tentang Sarana dan Prasarana Sanitasi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Manajemen Sanitasi Sekolah, dan Praktik Baik Penerapan Sanitasi Sekolah.

Beberapa praktik implementasi sanitasi dari sekolah dasar ditampilkan dalam buku pedoman ini sebagai acuan pengembangan sanitasi sekolah dasar yang baru dan produktif.

Unduh Pedoman Pengembangan Sanitasi Sekolah Dasar, klik di sini.

4. Buku Profil Sanitasi Sekolah

Seluruh pemangku kepentingan dan lembaga yang terkait dapat merujuk pada Profil Sanitasi Sekolah untuk dapat mengalokasikan sumber daya dalam rangka mempercepat tercapainya kondisi Sanitasi Sekolah yang layak pada tahun 2030 sesuai dengan tahun pemenuhan target SDGs.

Unduh Profil Sanitasi Sekolah, klik di sini.

Demikian informas mengenai Buku Penunjang Pengembangan Sanitasi Sekolah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan