Download Aplikasi Cetak Rapor P5P2RA MTs Fase D

Download Aplikasi Cetak Rapor P5P2RA MTs Fase D

Amongguru,com. Berikut ini dibagikan aplikasi cetak Rapor Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5P2RA) untuk satuan pendidikan MTs Fase D.

Aplikasi Cetak Rapor P5P2RA MTs (Fase D) ini dalam format MS Excel, sehingga memudahkan guru dalam mengoperasikannya, Guru tinggal menginputkan data yang dibutuhkan untuk pengolahan nilai dan aplikasi akan secara otomatis mengolahnya menjadi nilai rapor.

Hasil pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5P2R) perlu dilaporkan kepalda orangtua/wali peserta didik. Rapor P5P2R merupakan bentuk pertanggung jawaban tertulis dari madrasah terhadap seluruh rangkaian asesmen dalam P5P2R.

Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin

Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin yang selanjutnya disebut profil pelajar, merupakan pelajar yang memiliki pola pikir, bersikap dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila yang universal dan menjunjung tinggi toleransi demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa serta perdamaian dunia.

Profil Pelajar juga memiliki pengetahuan dan keterampilan berpikir antara lain: berpikir kritis, memecahkan masalah, metakognisi, berkomunikasi, berkolaborasi, inovatif, kreatif, berliterasi informasi, berketakwaan, berakhlak mulia, dan moderat dalam keagamaan.

Profil pelajar memiliki komitmen kebangsaan yang kuat, bersikap toleran terhadap sesama, memiliki prinsip menolak tindakan kekerasan baik secara fisik maupun verbal dan menghargai tradisi.

Kehadiran profil pelajar di tengah kehidupan mampu mewujudkan tatanan dunia yang penuh kedamaian dan kasih sayang. Profil pelajar selalu mengajak untuk merealisasikan kedamaian, kebahagiaan, dan keselamatan baik di dunia maupun akhirat bagi semua golongan umat manusia, bahkan seluruh alam semesta.

Profil pelajar dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yakni peserta didik dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia.

Pelajar Pancasila merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Pelajar Rahmatan lil Alamin merupakan pelajar yang bertakwa,berakhlak mulia, serta beragama secara moderat”

Di dalam konteks tersebut, profil pelajar memiliki rumusan kompetensi yang melengkapi fokus di dalam pencapaian standar kompetensi lulusan di setiap jenjang satuan pendidikan dalam hal penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dan moderasi beragama.

Kompetensi profil pelajar memperhatikan faktor internal yang berkaitan dengan jati diri, ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia, serta faktor eksternal yang berkaitan dengan konteks kehidupan dan tantangan bangsa Indonesia di Abad ke-21 yang sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0, serta moderasi beragama.

Baca : Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka pada Madrasah

Di dalam profil pelajar terdapat beberapa dimensi dan nilai yang menunjukkan bahwa profil pelajar tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia yang:

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia;

2. Berkebhinekaan global;

3. Bergotong-royong;

4. Mandiri;

5. Bernalar kritis;

6. Kreatif.

Sekaligus pelajar juga mengamalkan nilai-nilai beragama yang moderat, baik sebagai pelajar Indonesia maupun warga dunia. Nilai moderasi beragama ini meliputi:

1. Berkeadaban (ta’addub);

2. Keteladanan (qudwah);

3. Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah);

4. Mengambil jalan tengah (tawassuṭ);

5. Berimbang (tawāzun);

6. Lurus dan tegas (I’tidāl);

7. Kesetaraan (musāwah);

8. Musyawarah (syūra);

9. Toleransi (tasāmuh); dan

10. Dinamis dan inovatif (taṭawwur wa ibtikār).

Perlunya P5P2R

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5P2R), merupakan sarana memberi kesempatan peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Di dalam kegiatan projek profil pelajar ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya.

Projek penguatan profil pelajar diharapkan dapat menginspirasi peserta didik untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya. Penguatan projek profil pelajar diharapkan dapat menjadi sarana yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dan Islam Rahmatan Lil Alamin.

Penguatan Projek Profil Pelajar ini juga dapat dijadikan sarana bagi peserta didik menjadi pelajar yang menjadi rahmat bagi semua umat manusia, dapat merawat tradisi dan menyemai gagasan beragama yang ramah dan moderat dalam kebhinekaan Indonesia tanpa harus mencabut tradisi dan kebudayaan yang ada dengan mendasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan.

Antara Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin merupakan satu nafas yang saling menguatkan antara satu dengan lainnya. Keduanya berdiri pada falsafah Pancasila, yang menghormati kebhinekaan dan kemanusiaan untuk mewujudkan Indonesia yang aman, tentram, damai dan sejahtera.

Gambaran Pelaksanaan P5P2R

Projek adalah serangkaian kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dengan cara menelaah dan mengimplementasikan suatu tema menantang. Projek didesain agar peserta didik dapat melakukan investigasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.

Peserta didik bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan untuk menghasilkan karya, produk, dan/atau aksi. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar.

Gambaran sekilas pelaksanaan projek penguatan kedua profil itu adalah sebagai berikut.

Panduan Pengembangan P5 dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin

Aplikasi Cetak Rapor P5P2RA MTs Fase D

Aplikasi Cetak Rapor P5P2RA Fase D

Aplikasi Cetak Rapor P5P2RA Fase D ini dibagikan untuk membantu Guru dalam menyusun Laporan Hasil Belajar P5P2RA Kurikulum Merdeka pada jenjang MTs.

Aplikasi Cetak Rapor P5P2RA Fase D Kurikulum Merdeka ini akan menghasilkan nilai rapor secara otomatis dan dilengkapi dengan fitur cetak rapor.

Hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik perlu dinilai dan dilaporkan oleh guru kepada orangtua/wali peserta didik sebagai implementasi salah satu tugas pokok guru.

Aplikasi Cetak Rapor P5P2RA Fase D ini desainnya sederhana, sehingga memudahkan dalam melakukan pengisian data. Guru hanya diminta untuk menginput data pokok yang diperlukan dalam penilaian hasil belajar.

Identitas Awal yang harus diisikan dalam aplikasi cetak Rapor P5P2RA MTs Fase D adalah sebagai berikut.

1. Kelas

2. Semester

3. Wali Kelas

4. NIP Wali Kelas

5. Tahun Pelajaran

6. Nama Kepala Madrasah

7, NIP Kepala Madrasah

8. Tempat, Tanggal Rapor Dibagikan

Sedangkan Menu yang ditampilan pada aplikasi Cetak Rapor P5P2RA Fase D adalah sebagai berikut.

1. Tabel Dimensi

2. Tabel Elemen, Sub Elemen

3. Nilai dan Penjelasannya

4. Isian Projek

5. Isian Data Siswa

6. Nilai Projek I

7. Nilai Projek II

8. Nilai Projek

Aplikasi Cetak Rapor P5P2RA MTs Fase D selengkapnya dapat di unduh di sini.

Demikian aplikasi Cetak Rapor P5P2RA MTs Fase D. Semoga bermanfaat,

Tinggalkan Balasan