Dokumen dan Cara Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2019 Lulusan SMA

Dokumen dan Cara Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2019 Lulusan SMA

Amongguru.com. Kementerian Hukum dan HAM telah mengumumkan informasi mengenai seleksi CPNS tahun 2019 pada situs resmi Kemenkumham.

Formasi CPNS Kemenkumham 2019 terdiri dari dua jenis, yaitu formasi umum dan formasi khusus.

Formasi umum merupakan pelamar lulusan Perguruan Tinggi dan SLTA-Sederajat yang memenuhi kualifikasi pendidikan dan persyaratan sebagaimana dalam pengumuman.

Sedangkan formasi khusus terdiri dari putra/putri lulusan Cumlaude, penyandang disabilitas, dan Putra/Putri Papua dan Papua Barat.

Formasi CPNS Kemenkumham 2019

Kemenkumham akan membuka sebanyak 4.598 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun anggaran 2019.

Jumlah formasi tersebut terdiri dari 4.312 untuk formasi umum, 87 formasi cumlaude, 19 formasi disabilitas, 180 formasi Putra/putri Papua dan Papua Barat.

Baca : Formasi, Kriteria, dan Jadwal Seleksi CPNS Kemenkumham Tahun 2019

Penyelenggaraan rekrutmen CPNS Kemenkumham tahun 2019 ini memberikan peluang besar bagi pelamar lulusan SMA dan sederajat untuk menjadi PNS di lingkungan Kemenkumham tahun anggaran 2019.

Pasalnya, dalam pengadaan CPNS tahun 2019 ini, Kemenkumham membuka cukup banyak formasi dalam jumlah cukup banyak. Sebanyak 3.532 formasi disediakan untuk lulusan SMA sederajat.

Ada dua formasi yang dibuka untuk lulusan SMA sederajat dalam pendafaran CPNS Kemenkumham tahun 2019. Rinciannya adalah 2.875 formasi penjaga tahanan dan 657 formasi Pemeriksa Keimigrasian Pelaksana/Pemula.

1. Formasi Penjaga Tahanan

Sebanyak 2.875 formasi penjaga tahanan dibuka dalam rekrutmen CPNS Kemenkumham 2019, khusus untuk lulusan SMA sederajat.

Alokasi 2.875 formasi penjaga tahanan tersebut diperuntukkan bagi 2.497 pria, 277 wanita, dan 101 putra/putri Papua dan Papua Barat.

Khusus untuk formasi CPNS bagi putra/putri Papua dan Papua Barat, rinciannya adalah putra Papua sebanyak 71 formasi, putri Papua sebanyak 8 formasi, putra Papua Barat sebanyak 20 formsi, dan putri Papua Barat sebanyak 2 formasi.

2. Formasi Pemeriksa Keimigrasian Pelaksana/Pemula

Formasi Pemeriksa Keimigrasian Pelaksana/Pemula juga dibuka bagi lulusan SMA sederajat dalam seleksi CPNS Kemenkumham 2019,

Jumlah formasi yang dibuka untuk Pemeriksa Keimigrasian Pelaksana/Pemula adalah sedbanya 657 formasi.

Jumlah tersebut diperuntukkan untuk 528 pria, 60 wanita, 61 putra Papua dan Papua Barat, serta 8 putri Papua dan Papua Barat.

Dokumen dan Cara Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2019 Lulusan SMA

Menurut jadwal, pendaftaran CPNS Kemenkumham 2019 akan dimulai tanggal 11 November dan berakhir pada 25 November 2019. Pendaftaran dilakukan secara online dan terintegrasi melalui portal resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), https://sscasn.bkn.go.id.

Sebelum melakukan pendaftaran online CPNS Kemenkumham 2019, pelamar hendaknya menyiapkan dokumen persyarataan yang dibutuhkan.

Dokumen-dokumen ini nantinya akan diunggah sebagai salah satu bagian dalam alur pendaftaran online CPNS Kemenkumham 2019.

Dokumen yang wajib disiapkan oleh pelamar dalam melakukan pendaftaran online CPNS Kemenkumham 2019 adalah sebagai berikut.

1. Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)

2. Kartu Keluarga (KK)

3. Ijasah Terakhir

4. Transkrip Nilai

5. Foto Diri

6. Surat Lamaran (Download)

7. Surat Pernyataan (Download)

Cara pendaftaran online CPNS Kemenkumham 2019 juga perlu dipahami oleh pelamar agar dapat melakukan pendaftaran dengan benar sesuai ketentuan.

Berikut ini urutan cara pendaftaran online CPNS Kemenkumham 2019 pada portal SSCASN.

1. Pelamar mengakses portal SSCASN

Pendaftaran online CPNS Kemenkumham 2019 dimulai dengan pelamar mengakses portal SSCASN melalui alamat https://sscasn.bkn.go.id .

2. Pelamar membuat akun SSCN 2019

Langkah berikutnya adalah pelamar membuat akun SSCN 2019 dengan tahapan sebagai berikut.

a. Masuk ke menu Registrasi pada portal SSCASN.

b. Mengisi Nomor Induk Keluarga (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

c. Mengisi alamat email aktif, password, dan pertanyaan keamanan

d. Mengunggah pas foto ukuran foto berlatar belakang merah berukuran 4 x 6 (foto minimal ukuran 120 kb, maksimal ukuran 200 kb, tipe file jpg)

e. Mencetak Kartu Informasi Akun

3. Pelamar login dengan NIK dan password

Setelah berhasil membuat akun SSCN 2019, pelamar melakukan login pada portal SSCASN menggunakan NIK dan password yang sudah didaftarkan.

4. Pelamar mengunggah foto diri (swafoto)

Pelamar kemudian melakukan foto diri (swafoto) dengan memegang e-KTP dan Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar telah membuat akun dan melengkapi biodata. Foto berukuran minimal 120 kb dan maksimal 200 kb dengan tipe file Jpg.

5. Pelamar memilih formasi dan jabatan

Pelamar yang sudah mengunggah foto diri, kemudian memilih memilih instansi Kementerian Hukum dan HAM, jenis formasi Penjaga Tahanan atau Pemeriksa Keimigrasian Pelaksana/Pemula. Pelamar juga diminya melengkapi data dan form yang tersedia.

6. Pelamar mengunggah dokumen

Setelah selesai memilih formasi dan jabatan dan melengkapi data, pelamar kemudian menggunggah dokumen.

Dokumen yang diperlukan harus diunggah pada portal SSCASN, seperti KTP, ijasah, nilai, dan dokumen lain yang diperlukan sesuai persyaratan.

7. Pelamar cek resume dan cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2019

Cek resume dilakukan untuk memastikan bahwa semua data yang diinput dan dokumen yang diunggah sudah benar. Apabila pelamar yakin bahwa data yang dikirimkan sudah benar, dapat melakukan cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2019.

Tim verifikator akan meverifikasi data yang dikirimkan pelamar secara teliti untuk selanjutnya diputuskan lulus seleksi administrasi atau tidak memenuhi syarat (TMT).

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, akan mendapatkan Kartu Ujian untuk mengikuti seleksi berikutnya.

Panitia seleksi hanya memberikan waktu sanggah bagi pelamar yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) seleksi administrasi selama 3 (tiga) hari pasca pengumuman, yaitu tanggal 13 sampai 15 Desember 2019.

Panitia seleksi juga diberikan waktu maksimal 7 (tujuh) hari oleh BKN untuk memberikan jawaban sanggahan bagi pelamar yang melakukan penyanggahan, karena dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Jadwal jawaban sanggahan adalah tanggal 13 hingga 19 Desember 2019.

JIka kendala saat melakukan pendaftaran online CPNS 2019, pelamar dapat memanfaatkan kanal layanan Frequently Asked Question (FAQ) dan helpdesk.

Tinggalkan Balasan