Doa Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021

Doa Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021

Amongguru.com. Berikut ini adalah naskah doa Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021.

Naskah doa upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini tercantum dalam Pedoman Penyelenggaraan Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021.

Naskah doa tersebut akan dibacakan oleh petugas upacara sebagai bagian dari rangkaian Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021.

Tema Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 adalah ”INDONESIA TANGGUH BERLANDASKAN PANCASILA”.

Penyelenggaraan upacara di tingkat pusat akan dilaksanakan pada hari Jumat, 1 Oktober 2021 mulai pukul 08.00 sampai dengan 08.30 WIB bertempat di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari nasional di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Sejarah Hari Kesaktian Pancasila tidak terlepas dari insiden berdarah yang dikenal dengan peristiwa G 30S/PKI (Gerakan 30 September PKI) atau Gestapu (Gerakan Tiga Puluh). Peristiwa berdarah tersebut terjadi pada tanggal 30 September 1965.

Insiden yang terjadi pada tanggal 30 September 1965 ini adalah sebuah upaya kudeta yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia atau dikenal dengan sebutan PKI, untuk mengubah ideologi Pancasila dengan ideologi komunis.

Penetapan tanggal 1 Oktober sebagai hari Kesaktian Pancasila berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 153 Tahun 1967 tentang Penetapan Tanggal 1 Oktober sebagai Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Baca : Susunan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021

Peristiwa G 30S/PKI ditandai dengan penculikan dan pembunuhan enam perwira tinggi berpangkat Jenderal, seorang kapten, dan beberapa orang lainnya.

Peristiwa berdarah ini merupakan upaya dari Partai Komunis Indonesia untuk mengubah ideologi Pancasila dengan ideologi komunis.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi bukti sejarah bahwa bangsa ini dapat tumbuh menjadi bangsa yang besar dan mampu menjadikan Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa.

Doa Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021

Berikut ini naskah doa upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 seperti dikutip dari Pedoman Penyelenggaraan Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021.

DOA
UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

1 OKTOBER 2021

DIBACAKAN OLEH
MENTERI AGAMA RI

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa

Kami yang hadir disini dan segenap Bangsa Indonesia dimana saja berada memanjatkan puji dan syukur kepada Engkau Ya Allah, Engkau telah menakdirkan kami menjadi sebuah bangsa, Bangsa Indonesia, Engkau beri kami negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Engkau bekali kami Falsafah dan Ideologi Pancasila.

Wahai Zat Yang Maha Penyayang

Hamba memohon kepada Engkau Ya Allah, sayangilah para pahlawan kami, mereka yang telah berkorban jiwa dan raga demi bangsa dan negara, khususnya para Pahlawan Revolusi dan Penggali, Perumus, dan Pembela Pancasila, berikan kepada mereka tempat yang mulia di sisi Engkau dan wariskan semangat juang mereka kepada kami dan keturunan kami Ya Allah.

Wahai Zat Yang Maha Perkasa

Berikan kepada pemimpin dan rakyat kami, rakyat Indonesia petunjuk kekuatan dan keteguhan agar mampu menjaga dan mengamalkan nilainilai luhur Pancasila. Jauhkanlah bangsa kami dari berbagai paham dan ajaran yang ekstrem dan sesat, yang bertentangan dengan Pancasila dan membahayakan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wahai Zat Yang Maha Pengampun

Jadikanlah kami Bangsa yang tidak melupakan sejarah, sejarah tentang kejayaan untuk dijadikan penyemangat dan teladan secara kelam untuk dijadikan pengingat agar tidak terulang. Suburkanlah sifatsifat mulia sebagai bangsa pemaaf dan cinta damai, dan jauhkan kami dari sikap permusuhan dan sifat pendendam.

Ya Allah, jadikanlah negara Pancasila ini, negara yang aman dan sentosa, limpahilah penduduknya dengan rezeki yang Engkau berkahi, Ya Allah Kabulkanlah doa kami, Aamiin.

Naskah doa Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 dalam bentuk PDF dapat di unduh di sini.

Tinggalkan Balasan