Doa Upacara Bendera Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021

Doa Upacara Bendera Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021

Amongguru.com. Berikut ini adalah doa upacara bendera pada peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021.

Doa upacara Hari Pahlawan Nasional ini akan dibacakan sebagai bagian dari upacara bendera peringatan Hari Pahlawan Nasional ke-76 Tahun 2021.

Puncak peringatan Hari Pahlawan Nasional ke-76 tahun 2021 adalah hari Rabu tanggal 10 November 2021.  Tema yang diangkat pada peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 adalah ”Pahlawanku Inspirasiku”.

Setiap tahun pada tanggal 10 November kita selalu memperingati Hari Pahlawan. Hari Pahlawan perlu diperingati karena pada tanggal tersebut rakyat dengan penuh semangat bersatu padu mengusir penjajah yang berniat menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

Penetapan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang ditandatangani oleh Presiden Soekarno.

Sejarah Hari Pahlawan ditandai dengan pertempuran hebat yang terjadi di Surabaya antara arek-arek Surabaya dengan tentara Belanda dan Sekutunya pada tanggal 10 November 1945.

Gerakan perlawanan ini tidak hanya dari anak-anak muda saja, akan tetapi juga seluruh kalangan masyarakat hingga pemuka agama.

Doa Upacara Bendera Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021

Berikut ini adalah doa Upacara Bendera Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021. Doa upacara bendera Hari Pahlawan Nasional tahun 2021 tertuang dalam Pedoman Hari Pahlawan Tahun 2021.

DOA PADA UPACARA BENDERA
DI INSTANSI PEMERINTAH DAN LEMBAGA PENDIDIKAN
DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN
TANGGAL 10 NOVEMBER 2021

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih

Di pagi yang penuh khidmat ini, di hadapan ke-Maha-Agungan-Mu kami bersimpuh, seraya menengadahkan tangan dan wajah kami ke hadirat-Mu, mempersembahkan puja dan puji syukur, atas karunia, terlaksananya upacara Memperingati Hari Pahlawan, 10 November 2021 ini, sungguh kami melangitkan doa dan harapan, semoga Engkau meridhai dan memberkahi upacara ini dan menerima persembahan syukur kami serta mengabulkan doa-doa kami.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana

Kami menyadari betapa besar jasa para pahlawan kusuma bangsa kami dan teramat berat perjuangan mereka, mengorbankan harta benda serta jiwa dan raga, demi kemerdekaan bangsa kami. Ampunilah dosa-dosa mereka, lipat gandakanlah pahala perjuangan dan pengorbanan mereka, dan tinggikanlah kedudukan mereka di sisi-Mu, masukkanlah mereka di surga-Mu.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Menunjuki

Karuniakanlah kepada kami hidayah dan petunjuk-Mu, anugerahkanlah kami kecerdasan, kekuatan, dan keberdayaan, membangun bangsa dan negara kami demi terwujudnya cita-cita kami. Anugerahkanlah pula kemampuan mempersembahkan pengabdian terbaik kami kepada masyarakat bangsa kami, menuju keadaan yang Engkau cintai dan Engkau ridhai.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Perkasa

Janganlah Engkau meninggalkan kami dalam kesendirian dan ketidakberdayaan diri kami walau sedetik pun. Sertailah kami dalam semua aktivitas keseharian kami dan sempurnakanlah semua ikhtiar dan pengabdian kami. Hindarkanlah kami dari bersikap dan berperilaku tercela, menyelisihi janji, dan melanggar ajaran agama-Mu, yang menjauhkan kami dari ridha-Mu.

Tumbuh suburkanlah tenggang rasa dan solidaritas antar sesama kami dan teguhkanlah rasa cinta tanah air kepada seluruh masyarakat bangsa kami, serta mantapkanlah tekad kam, untuk membangun negara dan bangsa kami.

Ya Allah ya ‘Affuww ya Ghaffar

Maafkan dan ampunilah kami, orangtua dan guru-guru kami, para tokoh bangsa dan para pemimpin kami. Terimalah amal dan perjuangan para syuhada bangsa kami, muliakanlah kedudukan mereka di sisi-Mu.

Naskah Doa Upacara Bendera Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021 selengkapnya dapat di unduh di sini.

Baca : Download Logo Hari Pahlawan Tahun 2021 dan Maknanya

Demikian naskah doa Upacara Bendera Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan