Daftar Peserta KSM Tingkat Nasional Tahun 2021

Daftar Peserta KSM Tingkat Nasional Tahun 2021

Amongguru,com. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama, telah mengumumkan daftar peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional Tahun 2021.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

KSMĀ menjadi agenda resmi Kementerian Agama yang rutin digelar setiap tahun dan menjadi ajang bergengsi madrasah, baik negeri maupun swasta dalam berbagai tingkatan untuk menguji kemampuan bidang sains dan teknologi.

Siswa yang lolos KSM tingkat nasional merupakan hasil seleksi ketat dari KSM tingkat kabupaten dan provinsi yang telah digelar sebelumnya.

Kompetisi Sains Madrasah terdiri dari tiga tingkatan, yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI/SD), Madrasah Tsanawiyah (MTs/SMP), dan Madrasah Aliyah MA/SMA).

Kegiatan KSM tahun 2021 tetap dilaksanakan dengan menggunakan skema Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2021 secara daring untuk tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi.

Sedangkan untuk KSM Tingkat Nasional dilaksanakan secara luring di setiap kanwil atau tempat yang ditunjuk oleh kanwil Provinsi.

Di dalam KSM tahun 2021 ini, soal juga akan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab. Hal tersebut merupakan sebuah bentuk persiapan kegiatan KSM di masa mendatang yang akan Go International, berkompetisi dengan beberapa negara sahabat.

Daftar Peserta KSM Tingkat Nasional Tahun 2021

Dirjen Pendidikan Islam teah mengumumkan peserta KSM Provinsi yang berhak mengikuti KSM Tingkat Nasiona Tahun 2021 melalui laman resminya https://ksm.kemenag.go.id/web/pesertanasional.

Sebanyak 374 siswa-siswi madrasah/sekolah dari semua jenjang MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA berhak mengikuti KSM tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada 23 sampai dengan 24 Oktober 2021 mendatang.

Peserta KSM Nasional 2021 adalah juara pertama dari KSM tingkat provinsi per bidang studi yang telah melalui proses seleksi pada pelaksanaan KSM provinsi yang dilaksanakan pada 18 sampai dengan 20 September 2021.

Berikut ini adaah tangkaian kegiatan KSM tingkat Nasional Tahun 2021.

1. Cetak Kartu Peserta KSM Nasional 2021 dan Petunjuk Pelaksanaan KSM Nasional : Tanggal 9 Oktober 2021.

2. Technical Meeting Persiapan KSM Nasional, dilaksanakan secara daring : Tanggal 9 Oktober 2021.

3. KSM Nasional Berbasis Komputer, Peserta dikumpulkan di Provinsi masing-masing : Tanggal 23 Oktober 2021.

4. KSM Nasional eksplorasi/eksperimen, Peserta dikumpulkan di Provinsi masing-masing : Tanggal 24 Oktober 2021.

5. Pengumuman Pemenang KSM Nasional : Tanggal 30 Oktober 2021.

Pengumuman daftar peserta KSM Tingkat Nasional Tahun 2021 selengkapnya dapat dilihat di sini.

Tinggalkan Balasan