Contoh Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA 2021 dan Kunci Jawaban

Contoh Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA 2021 dan Kunci Jawaban

Amongguru.com. Penilaian Akhir Semester (PAS) tahun pelajaran 2021/2022 sebentar lagi akan dilaksanakan. Tiap satuan pendidikan wajib menyelenggarakan Penilaian Akhir Semester sebagai salah satu bentuk evaluasi belajar.

Penilaian Akhir Semester (PAS) menjadi salah satu penilaian pendidikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik selama satu semester.

Penilaian merupakan salah satu bentuk evaluasi belajar  yang wajib dikerjakan oleh peserta didik. Soal Penilaian Akhir Semester diambilkan dari materi pelajaran pada semester 1.

Sesuai  Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dijelaskan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas tiga bentuk, yaitu : (1) Penilaian hasil belajar oleh pendidik; (2) Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; dan (3) Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.

Setiap satuan pendidikan, selain wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu bentuk penilaian hasil belajar tersebut adalah Penilaian Akhir Semester (PAS).

Peserta didik diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti PAS tahun pelajaran 2021/2021 dengan baik. Persiapan yang baik tentu akan ikut menentukan pencapaian hasil tes peserta didik secara maksimal.

Salah satu upaya persiapan diri yang dapat dilakukan peserta didik adalah dengan mengerjakan contoh soal Penilaian Akhir Semester.

Terkait dengan hal tersebut, berikut ini kami bagikan contoh soal PAS Bahasa Indonesia kelas 10 SMA Tahun 2021 dan kunci jawaban.

Contoh soal Bahasa Indonesia kelas 10 SMA ini dapat menjadi referensi belajar peserta didik dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester Tahun Pelajaran 2021/2022.

Contoh soal Penilaian Akhir Semester Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA tahun 2021 yang dibagikan ini berisi materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA semester 1 Kurikulum 2013.

Contoh soal Penilaian Akhir Semester Bahasa Indonesia ini berbentuk pilihan ganda dengan lima alternatif jawaban dan sudah dilengkapi kunci jawabannya.

Soal nomor 1

Struktur teks cerita sejarah orientasi terdapat pada kutipan teks …

A. Gempa terjadi pada waktu tepatnya jam 7:58:53 WIB. Pusat gempa terletak pada bujur 3.316° N 95.854° E kurang lebih 160 km sebelah barat Aceh sedalam 10 kilometer. Gempa ini berkekuatan 9,3 menurut skala Richter dan dengan ini merupakan gempa Bumi terdahsyat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir ini yang menghantam Aceh, Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, Sri Lanka, bahkan sampai Pantai Timur Afrika.

B. Masyarakat Indonesia pada awalnya menyambut dengan ramah kedatangan militer Jepang, dapat dilihat dari sikap kooperatif tokoh tokoh Nasional kita Ir. Soekarno dan Moh Hatta. Pemerintahan Jepang mulai aktif merangkul rakyat dengan pembentukan organiasasi masyarakat , yang sebenarnya “ada udang di balik batu” sebenarnya dibalik itu untuk kepentingan Jepang di Perang Dunia II. Organisasi itu antara lain :Gerakan Tiga A, Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA), Jawa Hokokai, Seinendan, Keibodan, Fujinkai, Heiho, MIAI, Pembentukan BPUPKI.

C. Gempa bumi tersebut telah menyebabkan sedikitnya 1100 orang meninggal, 2180 orang luka-luka dan 2650 bangunan rumah rusak berat/ringan termasuk gedung-gedung kantor, sekolah, rumah sakit, tempat ibadah, pasar, jalan, jembatan dengan kerusakan paling parah sepanjang pantai Barat Sumatera Barat juga telah menyebabkan jaringan listrik dan komunikasi terputus, sebagian besar korban disebabkan karena tertimpa reruntuhan bangunan dikarenakan kontruksi bangunan yang tidak aman,akibat gempa juga terjadi eksodus besar-besaran warga yang tinggal disekitar pantai ke tempat lain karena adanya isu akan datangnya gelombang tsunami.

D. Kini setelah 6 tahun berlalu kejadian itu masih teringat pada sebagian besar masyarakat Sumatera Barat karena disamping diantaranya menjadi korban reruntuhan bangunan yang disebabkan oleh gempabumi juga sebagian dari mereka kehilangan keluarga dan harta bendanya dan mereka juga masih trauma dengan kejadian gempabumi 30 September 2009.

E. Serambi Mekkah Aceh. Gempa bumi dan Tsunami Aceh pada hari Minggu pagi, 26 Desember 2004. Kurang lebih 500.000 nyawa melayang dalam sekejab di seluruh tepian dunia yang berbatasan langsung dengan samudra Hindia. Di daerah Aceh merupakan korban jiwa terbesar di dunia dan ribuan banguan hancur lebur, ribuan pula mayat hilang dan tidak di temukan dan ribuan pula mayat yang di kuburkan secara masal.

Soal nomor 2

Cermati kutipan berikut!

Kanjat diam. Tangannya meremas daun keladi yang masih tersisa dalam genggaman. Pandangannya jatuh ke permukaan kolam, tetapi Kanjat tidak melihat ikan-ikan yang ramai berebut makanan. Dan Kanjat tidak tahu, perlahan-lahan Kardi menyingkir karena anak majikannya tiba-tiba seperti terputus lidahnya. Kanjat tetap memandang air kolam meskipun angannya terbang kembali ke masa kanak-kanak ketika bersama Lasi berlarian menyeberangi titian pada malam musim kemarau yang berhias bulan.

(bekisar Merah, Ahmad Tohari)

Pendeskripsian watak Kanjat dalam penggalan di atas adalah ….

A. penjelasan langsung

B. ciri fisik tokoh

C. lingkungan di sekitar tokoh

D. jalan pikiran tokoh

E. ucapan tokoh

Soal nomor 3

Bacalah teks sejarah berikut dengan seksama!

Peradaban bangsa terkait erat dengan karakter positif hasil pendidikan di suatu bangsa. Suatu bangsa akan sukses  menggapai kemajuannya jika mayoritas warganya berkarakter positif. Namun sebaliknya, jika mayoritas warganya bekarakter negatif. Hal ini disebabkan suatu bangsa yang warganya berkarakter positif sudah memiliki modal dasar untuk menggapai kemajuan, seperti jujur, mandiri, bekerja keras, patuh pada aturan, dan bisa dipercaya.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah .…

A. bangsa itu sulit membangun peradaban yang baik dan kuat

B. dapat dipastikan bangsa itu tidak membanggakan

C. kemandirian bangsa itu tidak membanggakan

D. kemajuan bangsa itu akan semakin terpacu

E. bangsa itu cenderung melakuukan hal-hal menyimpan

Soal nomor 4

Perhatikan kedua kutipan novel berikut!

Kutipan Novel 1

Siapa bapakku, demikian pula di mana aku diperanakkan oleh bundaku, tiada kuketahui dengan benar; tetapi antara ada dan tiada, masih terbayang-bayang dalam ingatanku, wajah seorang laki-laki yang selalu menjulang aku, semasa aku mulai fasih berkata-kata. Jika sungguh orang itu bapakku, tiadalah lain yang kuketahui tentang perawakan badannya, lain daripada tinggi dan lampai, karena jika kuingat ketika aku merecak tengkuknya, riang rasa semangatku memandang bumi.

(Suham H.S. Percobaan Setia, Jakarta, Balai Pustaka, 2011)

Kutipan Novel 2

Malam itu kau melihat kapal-kapal mereka nun jauh di laut, sedang berlayar menuju pulaumu. Armada dengan layar-layar berkibar dan tiang-tiang tegak, berpandu kompas membelah ombak, angin berharum garam membawa semacam aroma lain yang sengatnya tajam. Kapal-kapal itu datang laju,  menuju cercah-cercah serupa nyala emas hangus yang bertebaran di permukaan gunung, gemerlap yang kelam, sarat bersusun-susun, memancar terlalu terang untuk pulau sekecil itu.

(Nukila Akmal, Cala Ibi, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2004)

Perbedaan gaya bahasa kedua kutipan novel tersebut adalah ….

A. Novel 1 menggunakan bahasa lugas, novel 2 menggunakan ungkapan

B. Novel 1 menggunakan majas, novel 2 menggunakan bahasa sehari-hari

C. Novel 1 menggunakan bahasa lugas, novel 2 menggunakan majas

D. Novel 1 menggunakan bahasa resmi, novel 2 menggunakan bahasa popular.

E. Novel 1 menggunakan ungkapan, novel 2 menggunakan bahasa Melayu

Soal nomor 5

Perhatikan kutipan kedua karya sastra berikut!

Teks Sejarah

Di keraton Surakarta ada sebuah menara pendek, namanya Panggung Sanggabuwana. Penduduk Surakarta membayangkan, tempat raja di Surakarta mengadakan pertemuan dengan Ratu Laut Selatan.

Sultan Hamengku Buwono, sejak yang pertama hingga sekarang, senantiasa menyelenggarakan labuhan, yakni mengirimkan barang-barang tertentu ke Laut Selatan dan ke Gunug Merapi. Rupanya, mereka memang ada hubungan antara Gunung Merapi dengan Laut Selatan.

Hikayat

Syahadan Raja Indera Bumaya pun besarlah, maka elok parasnya, budi bahasanya pun terlalu baik, serta fasih lidahnya dan bijak pula pada barang pekerjaan. Hikmat peperangan pun habis dipelajarinya. Pada suatu malam, Raja Indera Bumaya pun bermimpi dibawa oleh seorang perempuan naik ke keinderaan untuk melihat gambar Puteri Kesuma Dewi. Sesudah melihat gambar itu, Indera Bamaya jatuh pingsan tiada khabarkan dirinya. Setelah genap tujuh hari dan tujuh malam barulah ia sadarkan dirinya.

Perbedaan penyajian isi cerita kedua kutipan tersebut adalah ….

Soal nomor 6

Semua orang pikirnya hidup dan mempunyai dan menyimpan ketakutan-ketakutan sendiri. Orang kaya takut hartanya akan habis, orang besar takut dikalahkan orang lain. Salim takut pada hantu dan setan-setanan. Tiap orang punya ketakutan sendiri,dan mesti belajar hidup dan mengalahkan ketakutannya. Sedang mereka serdadu-serdadu keras yang yang menyiksanya itu juga penuh ketakutan. Bertambah bersar takut mereka, bertambah mereka jadi kejam.

(Jalan Tak Ada Ujung: Muchtar Lubis)

Unsur intrinsik yang menonojol dalam penggalan di atas adalah ….

A. amanat

B. tema

C. alur

D. watak

E. latar

Soal nomor 7

Perhatikan teks berikut!

Udara di lingkungan kami sangat kotor terkena polusi. Polusi udara itu disebabkan oleh asap pabrik dan asap kendaraan bermotor. Masyarakat berusaha mengurangi polusi dengan …. Hal itu diharapkan dapat mengurangi polusi udara dan memperindah pekarangan rumah.

Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….

A. penghijauan

B. pembibitan

C. pembenihan

D. Penanaman

E. reboisasi

Soal nomor 8

Cermati paragraf berikut!

Pak Bowo terkenal sebagai orang yang baik di desa itu. dia selalu membantu orang lain tanpa pamrih. Membantu orang tanpa membedakan orang kaya atau miskin. Ketulusan hatinya membuat siapa pun mengaguminya. Apalagi kepada pamanku, yang beberapa tahun silam telah menyelamatkan salah satu anggota keluarganya dari peristiwa perampokan di rumahnya. Pak Bowo benar-benar orang yang tahu diri dan tidak melupakan jasa orang lain. Kami ibarat ….

Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….

A. hancur badan dikandung tanah, budi baik terkenang juga

B. bagai pungguk merindukan bulan

C. pucuk dicinta ulam  pun tiba

D. seperti air di daun alas

E. menabur benih di tanah yang subur

Soal nomor 9

Bacalah kutipan novel berikut !

Persamaan unsur intrinsik kedua tersebut adalah ….

A. menceritakan seseorang yang menjadi bahan pembicaraan di lingkungannya

B. banyak tokoh sebagai orang seperti Banun dan juru masak

C. pekerjaan kedua tokoh cerita sangat berat

D. hasil pekerjaan tokoh cerita sangat mengagumkan

E. latar kedua cerita berada dikeluarga

Soal nomor 10

Cermati penggalan novel berikut!

(1) Pagi hari buruh Kasan Ngali dikejutkan oleh papan nama Bank Kredit yang tergeletak di tanah.

(2) Mereka mengerumuni, membiarkan papan nama itu terbujur.

(3)”Majikan harus diberi tahu.”

(4) Mereka mulai menerka-nerka siapa yang gatal tangannya itu.

(5) Mereka berbisik,”Paijo,sst, Zaitun, Pak Mantri, Polisi”,katanya

(Pasar Kuntowijoyo)

Pembuktian latar pada penggalan novel tersebut terdapat pada kalimat nomor ….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

……

Contoh soal PAS Bahasa Indonesia kelas 12 SMA dan kunci jawabannnya secara lengkap dapat di unduh pada tautan di bawah ini.

Soal PAS Bahasa Indonesia 12 SMA – Unduh

Kunci Jawaban – Unduh

Baca :

Contoh soal PAS Kelas 12 SMA/MA Kurikulum 2013 lainnya dapat di unduh pada tautan di bawah ini.

  • Contoh Soal PAS Matematika Kelas 12 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Biologi Kelas 12 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Bahasa Inggris Kelas 12 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Fisika Kelas 12 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Kimia Kelas 12 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS PPKn Kelas 12 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Sejarah Kelas 12 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Geografi Kelas 12 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS PKWU Kelas 12 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Ekonomi Kelas 12 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS PJOK Kelas 12 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Sosiologi Kelas 12 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS SKI Kelas 12 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Sejarah Indonesia Kelas 12 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Fikih Kelas 12 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Bahasa Arab Kelas 12 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Akidah Akhlak Kelas 12 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Alquran Hadist Kelas 12 SMA/MA K13 – Unduh

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai contoh soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA tahun 2021 dan kunci jawaban. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan