Contoh Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA 2021 dan Kunci Jawaban

Contoh Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA 2021 dan Kunci Jawaban

Amongguru.com. Penilaian Akhir Semester (PAS) tahun pelajaran 2021/2022 sebentar lagi akan dilaksanakan. Tiap satuan pendidikan wajib menyelenggarakan Penilaian Akhir Semester sebagai salah satu bentuk evaluasi belajar.

Penilaian Akhir Semester (PAS) menjadi salah satu penilaian pendidikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik selama satu semester.

Penilaian merupakan salah satu bentuk evaluasi belajar  yang wajib dikerjakan oleh peserta didik. Soal Penilaian Akhir Semester diambilkan dari materi pelajaran pada semester 1.

Sesuai  Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dijelaskan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas tiga bentuk, yaitu : (1) Penilaian hasil belajar oleh pendidik; (2) Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; dan (3) Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.

Setiap satuan pendidikan, selain wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu bentuk penilaian hasil belajar tersebut adalah Penilaian Akhir Semester (PAS).

Peserta didik diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti PAS tahun pelajaran 2021/2021 dengan baik. Persiapan yang baik tentu akan ikut menentukan pencapaian hasil tes peserta didik secara maksimal.

Salah satu upaya persiapan diri yang dapat dilakukan peserta didik adalah dengan mengerjakan contoh soal Penilaian Akhir Semester.

Terkait dengan hal tersebut, berikut ini kami bagikan contoh soal PAS Bahasa Indonesia kelas 10 SMA Tahun 2021 dan kunci jawaban.

Contoh soal Bahasa Indonesia kelas 10 SMA ini dapat menjadi referensi belajar peserta didik dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester Tahun Pelajaran 2021/2022.

Contoh soal Penilaian Akhir Semester Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA tahun 2021 yang dibagikan ini berisi materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA semester 1 Kurikulum 2013.

Contoh soal Penilaian Akhir Semester Bahasa Indonesia ini berbentuk pilihan ganda dengan lima alternatif jawaban dan sudah dilengkapi kunci jawabannya.

Soal nomor 1

Perhatikan prosedur pengisian tinta printer berikut!

(1) Keluarkan katrid dari printer.

(2) Suntikkan 15–20 cc tinta ke dalam katrid

(3) Buka tutup botol tinta, dan pasang jarum penyuntiknya.

(4) Bersihkan kepala cetak (print head) menggunakan kertas tisu basah. Katrid siap untuk digunakan.

(5) Gunakan alat yang tersedia untuk mengangkat sumbat lubang katrid atau besarkan ukuran lubangnya.

Urutan kalimat yang menjelaskan prosedur pengisian tinta printer adalah ….

A. (1), (5), (3), (2), dan (4)

B. (2), (4), (5), (3), dan (1)

C. (3), (2), (1), (4), dan (5)

D. 4), (5), (2), (1), dan (3)

E. (5), (1), (2), (3), dan (4)

Soal nomor 2

Cermatilah tahap pembuatan buku paspor berikut!

Setelah tahap wawancara selesai, langkah selanjutnya adalah membayar buku paspor dan menandatangani buku paspor serta minta informasi kapan jadwal pengambilan paspor yang sudah selesai.

Di dalam tahapan tersebut, terdapat kegiatan yang termasuk prosedur, yaitu ….

A. wawancara, membayar paspor, tanda tangan paspor

B. bayar dan menandatangani buku paspor

C. wawancara, tanda tangan paspor, mencari informasi jadwal pengambilan

D. membayar buku paspor, tanda tangan paspor, minta informasi jadwal pengambilan paspor

E. wawancara, bayar dan tanda tangan paspor, memberi informasi jadwal pengambilan paspor

Soal nomor 3

Bacalah teks prosedur berikut!

Daun cincau disiapkan di ember, lalu siram dengan air mendidih. Selama penyiraman dengan air mendidih daun diaduk-aduk dengan alat agar terjadi proses pelayuan yang merata. Air mendidih ini akan membuat daun yang semula keras dan kaku menjadi lemas dan tidak mengkilat. Air panas juga membantu proses penguapan, sehingga mengurangi aroma daun cincau.

Kutipan tersebut adalah bagian isi yang menjelaskan tentang ….

A. pemilihan bahan pembuatan cincau

B. bahan-bahan pembuatan cincau

C. salah satu langkah pembuatan cincau

D. perlengkapan untuk pembuatan cincau

E. manfaat ekonomis pembuatan cincau

Soal nomor 4

Cermatilah teks prosedur berikut!

Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi atau mengenakan pakaian sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca. Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum kalian memulai membaca. Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan penghomatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala.

Penanda kebahasaan yang berupa partisipan dalam wacana tersebut adalah ….

A. kalian, mereka, membaca

B. kalian, penonton, rapi

C. kalian,  penonton, pentas

D. kalian, penonton, mereka

E. mereka, kalian, membaca

Soal nomor 5

Perhatikan kutipan teks berikut!

Manusia pasti memiliki kelenjar keringat yang berjumlah sekitar dua juta. Kelenjar tersebut dapat menghasilkan 2.8 liter keringat setiap hari. Keringat ini dapat menimbulkan bau yang dapat mengganggu kenyamanan. Bau badan disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut berasal dari diri sendiri maupun dari luar. Faktor yang berasal dari diri sendiri, yakni berat badan, keadaan emosional, penyakit fisik, dan kegiatan otot. Berat badan seseorang terkadang menentukan jumlah keringat yang keluar, orang yang memiliki berat badan lebih akan mengeluarkan banyak keringat. Orang yang baru emosi atau yang baru melakukan kegiatan otot (misalnya, olahraga) juga mengeluarkan banyak keringat. Keringat yang keluar jika bercampur dengan kuman atau penyakit kulit akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Teks di atas termasuk jenis teks ….

A. eksplanasi

B. prosedur

C. cerita ulang

D. cerpen

E. narasi

Soal nomor 6

Perhatikan teks eksplanasi berikut!

Dua hari berturut-turut hujan deras mengguyur ibukota Jakarta. Saluran air di mana-mana tidak lancar. Penduduk yang tidak bertanggung jawab membuang sampah di sungai-sungai. Sampah-sampah memenuhi sungai-sungai sehingga tersumbat. Resapan air di daerah yang telah ditentukan kini telah berubah fungsinya sebagai tempat hiburan. Pohon-pohon banyak ditebang. Dengan demikian, banjir besar menggenangi ibukota.

Kalimat yang merupakan akibat dalam paragraf tersebut adalah ….

A. dua hari berturut-turut hujan deras mengguyur ibukota Jakarta

B. saluran air di mana-mana tidak lancar dan tersumbat sampah

C. sampah-sampah memenuhi sungai-sungai sehingga tersumbat

D. resapan air kini telah berubah fungsinya sebagai tempat hiburan

E. dengan demikian bajir besar menggenangi ibukota Jakarta

Soal nomor 7

Perhatikan teks eksplanasi berikut!

Belakangan ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Sepanjang sejarah umat manusia, gempa selalu saja menimbulkan kerugian baik materil ataupun korban jiwa. Tidak berlebihan rasanya jika dikatakan bahwa fenomena gempa bumi adalah peristiwa yang berdampak secara langsung kepada makhluk hidup tak terkecuali manusia. Hal tersebut menjadikan gempa bumi sebagai salah satu bencana alam yang ditakuti oleh setiap orang.

Jika dilihat dari struktur teks eksplanasi, teks tersebut adalah bagian dari ….

A. kronologis (urutan peristiwa)

B. pengenalan obyek

C. sebab atau akibat

D. penyebab peristiwa

E. kesimpulan

Soal nomor 8

Perhatikan penggalan teks eksplanasi berikut ini!

Terasi merupakan produk awetan ikan dan udang kecil (rebon) yang telah diolah melalui proses pemeraman atau fermentasi, penggilingan atau penumbukkan dan penjemuran yang berlangsung selama +20 hari. produk terasi biasanya ditambahkan garam yang berfungsi sebagai bahan pengawet, berbentuk seperti pasta berwarna hitam-coklat, kadang ditambah dengan bahan pewarna sehingga menjadi kemerahan. terasi memiliki bau yang tajam.

Abstrak yang sesuai dengan teks tersebut adalah …

A. Terasi merupakan produk awetan cumi-cumi yang telah melalui proses fermentasi.

B. Terasi merupakan produk awetan ikan dan udang yang telah melalui proses fermentasi, pengolahan 20 hari, dan berbau harum.

C. Terasi merupakan produk awetan ikan dan udang yang telah melalui proses fermentasi, pengolahan 20 hari, dan berbau amis.

D. Terasi merupakan produk awetan ikan dan udang yang telah melalui proses fermentasi, dan berbau harum.

E. Terasi merupakan produk awetan ikan dan udang yang telah melalui proses fermentasi, dan berbau amis.

Soal nomor 9

Bacalah teks eksplanasi berikut!

Keselamatan kerja bagi karyawan yang bekerja di suatu perusahaan atau pabrik sangat penting. Keselamatan kerja ini penting terutama bagi tenaga kerja yang jenis pekerjaannya mempunyai risiko tinggi, misalnya operator mesin, pekerja kontruksi bangunan, tukang listrik, tukang las, dan sebagainya. Selama mereka bekerja, para pekerja pada jenis-jenis pekerjaan yang berisiko tinggi itu harus mengenakan peralatan keselamatan kerja. Kelalaian dalam menggunakan peralatan keselamatan kerja sering menyebabkan terjadinya kecelakaan yang membawa korban. Tidak jarang, korban kecelakaan itu sampai meninggal dunia atau cacat seumur hidup.

Paragraf di atas hendak meyakinkan pembaca tentang ….

A. perlunya bekerja di perusahaan-perusahaan swasta

B. pentingnya menjaga keselamatan karyawan dalam bekerja

C. cara menghindari terjadinya kecelakaan dalam bekerja

D. banyaknya korban kecelakaan di pabrik-pabrik

E. kondisi peralatan pabrik yang tidak terpelihara akibat kelalaian pemiliknya

Soal nomor 10

Cermatilah teks berikut!

(1) Salah satu penyebab terjadinya unjuk rasa karena ketidakpercayaan terhadap pelaksanaan berbagai aturan. (2) Para pengunjuk rasa tidak menemukan pelampiasan atas ketidakpuasan yang dirasakannya. (3) Tekanan amarah yang tidak menemukan celah untuk keluar akhirnya menjadi amuk massa. (4) Hal-hal tersebut mengakibatkan berbagai unjuk rasa sering berujung pada anarkisme massa jika aspirasi mereka tidak tersalurkan. (5) Mereka ingin reaksi mereka diperhatikan.

Kalimat yang menunjukkan sebab dalam paragraf tersebut adalah nomor ….

A. 1, 2, 3, dan 4

B. 2, 3, 4, dan 5

C. 1, 3, 4, dan 5

D. 1, 2, 3, dan 5

E. 1, 2, 4, dan 5

……

Contoh soal PAS Bahasa Indonesia kelas 11 SMA dan kunci jawabannnya secara lengkap dapat di unduh pada tautan di bawah ini.

Soal PAS Bahasa Indonesia 11 SMA – Unduh

Kunci Jawaban – Unduh

Baca :

Contoh soal PAS Kelas 11 SMA MA Kurikulum 2013 Tahun 2021 lainnya dapat di unduh pada tautan di bawah ini.

  • Contoh Soal PAS Matematika Wajib Kelas 11 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Biologi Kelas 11 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Bahasa Inggris Kelas 11 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Fisika Kelas 11 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Kimia Kelas 11 SMA/MA K13- Unduh
  • Contoh Soal PAS PPKn Kelas 11 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Geografi Kelas 11 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS PKWU Kelas 11 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Ekonomi Kelas 11 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS PJOK Kelas 11 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Sosiologi Kelas 11 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 11 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Fikih Kelas 11 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Bahasa Arab Kelas 11 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Akidah Akhlak Kelas 11 SMA/MA K13 – Unduh
  • Contoh Soal PAS Alquran Hadist Kelas 11 SMA/MA K13 – Unduh

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai contoh soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA tahun 2021 dan kunci jawaban. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan