Contoh Soal AKM Online SD SMP SMA (Literasi dan Numerasi)

Contoh Soal AKM Online SD SMP SMA (Literasi dan Numerasi)

Amongguru.com. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mempublikasikan contoh soal AKM online SD SD SMP SMA (literasi dan numerasi).

Contoh soal AKM online SD SMP SMA ini sebagai gambaran bentuk soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), khususnya untuk peserta didik jenjang SD, SMP, dan SMA.

Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minumum SD SMP SMA secara online ini diharapkan dapat dijadikan referensi guru dan peserta didik untuk persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional yang rencananya mulai dilaksanakan pada tahun 2021.

Baca : Buku Tanya Jawab Asesmen Nasional (Asemen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter)

Soal Asesmen Kompetensi Minimal online SD SMP SMA ini terdiri dari soal numerasi, soal literasi teks fiksi. dan soal literasi teks informasi.

1. Soal Numerasi

Soal Numerasi meliputi :

  • Bilangan
  • Geometri dan Pengukuran
  • Aljabar
  • Data dan Ketidakpastian

2. Soal Teks Fiksi

Soal Teks Fiksi meliputi :

  • Menemukan Informasi
  • Memahami
  • Mengevaluasi dan merefleksi

3. Soal Literasi Teks Informasi

Soal Literasi Teks Informasi meliputi :

  • Menemukan Informasi
  • Memahami
  • Mengevaluasi dan merefleksi

Baca : Download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimal AKM Lengkap

Sebagaimana diketahui bahwa Asesmen Kompetensi Mininum (AKM) dilaksanakan tidak berdasarkan atas penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam Ujian Nasional.

Asesmen tersebut tidak dilakukan berdasarkan mata pelajaran atau penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam ujian nasional, melainkan melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa, yakni dalam hal literasi dan numerasi.

Literasi adalah kecakapan fundamental yang membekali peserta didik dengan kemampuan memilih, menganalisis informasi dengan kritis serta menggunakannya untuk mengambil keputusan dalam kehidupan.

Sedangkan secara sederhana, numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari dan kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita.

Asesmen kompetensi pengganti Ujian Nasional akan dirancang untuk memberi dorongan lebih kuat ke arah pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan penalaran, bukan sekadar hapalan.

Literasi dan numerasi merupakan kompetensi yang sifatnya general dan mendasar. Kemampuan berpikir tentang, dan dengan, bahasa serta matematika diperlukan dalam berbagai konteks, baik personal, sosial, maupun profesional.

Literasi tidak hanya kemampuan membaca, tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan, dan memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan kompetensi numerasi berarti kemampuan menganalisis menggunakan angka.

Dua hal tersebut sebagai komponen yang disederhanakan pada pelaksanaan AKM yang rencananya akan dimulai tahun 2021.

Literasi dan numerisasi menjadi kompetensi minimum atau kompetensi dasar yang dibutuhkan peserta didik untuk bisa belajar.

Berikut ini adalah contoh lengkap soal Asesmen Kompetensi Minimum online SD SMP SMA (literasi dan numerasi).

Demikian contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum AKM online SD SMP SMA. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan