Contoh RPP Satu Lembar Kelas 1 SD MI Tahun Pelajaran 2021/2022

Contoh RPP Satu Lembar Kelas 1 SD MI Tahun Pelajaran 2021/2022

Amongguru.com. Berikut ini kami bagikan contoh RPP Satu Lembar Kelas 1 SD MI Tahun Pelajaran 2021/2022.

Contoh RPP Satu Lembar Kelas 1 SD MI Tahun Pelajaran 2021/2022 ini untuk memberikan gambaran bentuk RPP Satu Lembar, sebagai bagian dari perangkat pembelajaran guru.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu komponen administrasi pembelajaran yang wajib dimiliki guru.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.

RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

RPP menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran di dalam mencapai sebuah Kompetensi Dasar (KD) yang ditetapkan dalam Kompetensi Inti (KI) dan dijabarkan dalam silabus.

RPP wajib dimiliki guru sebagai bagian dari perangkat mengajar. RPP menjadi pedoman bagi guru kelas maupun guru mata pelajaran dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, telah mengeluarkan kebijakan baru terkait penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Kebijakan baru tersebut berupa penyederhanaan RPP, dengan mempertimbangkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak banyak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif artinya penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Sedangkan berorientasi pada Peserta Didik berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar peserta didik di kelas.

Kebiakan penyederhanaan RPP ini dimantapkan dengan dikeluarkannya Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 

Baca : Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP

Pertimbangan penyederhanaan RPP ini adalah guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan

Terdapat 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan semua komponen tersebut harus ada dalam penyusunan RPP.

Melalui penyederhanaan RPP ini, maka guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Hanya ada 3 (tiga) omponen inti dalam penyederhanaan RPP, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment), sedangkan komponen lainnya bersifat sebagai pelengkap.

1. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk pada Kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar peserta didik.

Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar.

Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.

2. Langkah-langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung mencapai Kompetensi Dasar.

Meskipun demikian, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik.

Di dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.

3. Penilaian Pembelajaran (Assesment)

Prosedur penilaian pembelajaran juga dibuat secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.

Dengan adanya kebijakan penyederhanaan RPP ini, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa saja dibuat hanya satu halaman, karena penyederhaan RPP tidak memerlukan persyaratan jumlah halaman.

Guru yang sudah membuat RPP dengan format yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah tetap dapat menggunakan format RPP yang sudah dibuat sebelumnya.

Baca : 4 Pokok Kebijakan Program Merdeka Belajar dari Mendikbud

Guru juga dapat memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik.

Contoh RPP Satu Lembar Kelas 1 SD MI Tahun Pelajaran 2021/2022

Di bawah adalah contoh RPP satu lembar kelas 1 SD MI tahun pelajaran 2021/2022 berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019.

Contoh RPP satu lembar kelas 1 SD MI tahun pelajaran 2021/2022 ini diambilkan dari materi semester 2 (dua) Kurikulum 2013.

Bapak/Ibu Guru dapat mengembangkan sendiri RPP satu lembar tersebut dengan berpedoman pada prinsip-prinsip pengembangan RPP terbaru, yaitu efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik.

Contoh RPP Satu Lembar ini adalah RPP Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 untuk Tema 5 (Pengalamanku).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                    :  
Kelas Semester                          :  I (Satu), 2 (Dua)
Tema                                           :  Pengalamanku (Tema 5)
Sub Tema                                    :  Pengalaman Masa Kecil (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu                        :  B Ind, PPKn, SBDP
Pembelajaran ke                        :  1 (Satu)
Alokasi waktu                             :  1 (Satu) Hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat dengan tepat dan percaya diri.
  2. Dengan mendengarkan lagu bertempo lambat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dengan tepat dan percaya diri.
  3. Dengan melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua” bertempo cepat dengan benar dan percaya diri.
  4. Dengan melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua” bertempo lambat dengan benar dan percaya diri.
  5. Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
  6. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
  7. Dengan menyalin contoh kalimat pujian, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
  8. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
  9. Dengan mengamati poster berisi teks Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi isi sila-sila Pancasila dengan benar.
  10. Dengan menirukan teks Pancasila yang diucapkan oleh guru, siswa mengetahui rumusan sila-sila Pancasila dengan tepat.
  11. Dengan bermain menyusun kalimat yang terdapat pada sila kedua Pancasila, siswa dapat menyebutkan rumusan sila kedua Pancasila dengan tepat.
  12. Dengan mengamati intonasi dan cara membaca Pancasila dari berbagai sumber, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kedua Pancasila dengan benar.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

KegiatanDeskripsi KegiatanAlokasi
Waktu
Pendahuluan
  • Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  • Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
10 menit
 

 

 

Kegiatan Inti

 

 

 

(Sintak Model Discovery Learning)

Ayo Bernyanyi

  • Siswa menyanyikan lagu “Bunda Piara” sambil bermain gitar.
  • Siswa menyanyikan lagu berikutnya, ”Burung Kakaktua”, bersama-sama untuk membangun semangat dan motivasi mereka dalam mengikuti kegiatan belajar.(Creativity and Inovation)

Ayo Mengamati

  • Guru membacakan cerita yang berkaitan dengan pujian (cerita dapat dibuat berdasarkan kreativitas guru).
  • Selesai bercerita, lakukan tanya jawab dengan siswa mengenai isi dari cerita yang telah dibacakan. (Critical Thinking and Problem Solving)

Ayo Berlatih

  • Siswa diminta menyalin contoh kalimat atau ungkapan pujian yang terdapat dalam buku siswa.
  • Setelah tersusun sesuai bunyi sila kedua, siswa diminta membaca bunyinya dengan lantang.(Literasi)
150 menit
Kegiatan Penutup
  • Guru menyampaikan tugas di rumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.

Peserta Didik :

  • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                           

  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
15 menit

 C. PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru, yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian.

Mengetahui,……….., ……………………..
Kepala Sekolah,Guru Kelas,
…………………………………….…………………………………..
NIP ……………………………..NIP …………………………….

Silakan unduh contoh RPP Satu Lembar Kelas 1 SD MI Tahun Pelajaran 2021/2022 pada tautan berikut ini.

  • Contoh RPP satu lembar kelas 1 SD MI K13 Tema 5 Unduh
  • Contoh RPP satu lembar kelas 1 SD MI K13 Tema 6Unduh
  • Contoh RPP satu lembar kelas 1 SD MI K13 Tema 7Unduh

Contoh RPP Satu Lembar SD MI Tahun Pelajaran 2021/2022 lainnya dapat di unduh pada tautandi bawah ini.

  1. Contoh RPP Satu Lembar Kelas 2 SD/MI – Unduh
  2. Contoh RPP Satu Lembar Kelas 3 SD/MI – Unduh
  3. Contoh RPP Satu Lembar Kelas 4 SD/MI – Unduh
  4. Contoh RPP Satu Lembar Kelas 5 SD/MI – Unduh
  5. Contoh RPP Satu Lembar Kelas 6 SD/MI – Unduh

Demikian contoh RPP satu lembar kelas 1 SD MI Tahun Pelajaran 2021/2022 sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan