Contoh Penerapan Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Penerapan Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari

Amongguru.com. Elektromagnetik merupakan suatu peristiwa perubahan sifat dari logam baja atau besi menjadi sebuah medan magnet yang terdapat di dalam kumparan dengan muatan listrik.

Sedangkan elektromagnet adalah medan magnet yang sengaja diciptakan dengan cara melilitkan sebuah kawat pada konduktor berupa logam baja atau besi selanjutnya dihubungkan dengan aliran listrik.

Elektromagnet sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya mikrofon, pengeras suara, dinamo sepeda, bel listrik, dan pengangkat besi.

1. Mikrofon

Prinsip kerja elektromagnetik pada mikrofon adalah mengubah energi suara menjadi energi listrik. Ketika suara memasuki mikrofon, maka akan timbul gelombang yang akan melewati diafragma yang berupa membran plastik.

Membran tersebut akan bergetar seiring dengan volume gelombang suara yang memasuki mikrofon. Pada saat yang bersamaan, bagian voice coil yang terletak di belakang diafragma juga akan ikut bergetar.

Selanjutnya, gelombang bunyi akan bergesekan dengan medan magnet yang kemudian memunculkan sebuah energi listrik di dalam magnet. Tahap berikutnya, gelombang bunyi akan diubah menjadi suara.

Listrik yang terdapat di dalam medan magnet akan bergerak ke arah amplifier. Melalui amplifier inilah gelombang suara yang telah dihasikan akan keluar dan dapat didengar.

2. Pengeras Suara

Komponen utama yang terdapat pada pengeras suara berupa magnet yang terpasang secara permanen dengan elektromagnetik sebagai daya penyokongnya.

Cara kerja dari pengeras suara adalah mengubah energi bunyi menjadi berbagai mekanisme khusus. Komponen voice coil di dalam pengeras suara akan menciptakan medan elektromagnetik yang akan melakukan interaksi dengan komponen cone yang ada di dalam magnet.

Aliran listrik yang terdapat di dalam voice coil akan menciptakan suatu medan magent yang berubah dengan sangat cepat, sehingga suara keras dapat dihasilkan.

3. Dinamo Sepeda

Dinamo sepeda menghasilkan energi listrik pada saat roda bergerak. Pergerakan roda sepeda akan memutar turbin dinamo yang selanjutnya akan memutarkan magnet di dalam kumparan tetap.

Perputaran magnet tersebut akan menghasilkan medan elektromagnetik yang secara perlahan akan menghasilkan energi listrik. Energi listrik inilah yang membuat lampu menyala.

4. Bel Listrik

Bel listrik pada umumnya digunakan di sekolah, pintu halaman rumah, dan acara perlombaan tertentu. Bunyi nyaring yang dihasilkan oleh bel listrik berasal dari aliran listrik yang muncul pada saat tombol pengaktifan ditekan.

Aliran listrik tersebut selanjutnya akan memberikan energi elektromagnetik menuju interuptor. Interuptor inilah yang selanjutnya akan menarik pemukul, sehingga mampu menghasilkan bunyi nyaring.

Apabila tombol pengaktifan berhenti ditekan, maka secara otomatis listrik berhenti mengalir, sehingga bunyi bel pun akan berhenti.

5. Pengangkat Besi

Prinsip elektromagnetik pada pengangkat besi berupa pengangkat sebuah magnet, sedangkan material besinya sebagai benda yang ditarik oleh magnet.

Pengangkat besi lebih banyak digunakan dalam bidang industri, seperti halnya pengangkat besi kemas, pemilah sampah logam, dan mesin pengangkat logam berat.

Cara kerjanya adalah dengan mengalirkan lisrrik terhadap kumparan yang dililitkan pada logam besar. Pada saat listrik mengalir, kumparan tersebut akan memiliki muatan magnet yang mampu menarik material logam.

Sifat kemagnetan akan tetap bertahan selama listrik masih disalurkan pada kumparan. Apabila aliran listrik diputus, maka logam yang semula telah diangkat dapat dilepaskan.

Demikian beberapa contoh penerapan elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan