Contoh Naskah Doa Upacara Peringatan HUT Kemerdekan RI ke-73 Tahun 2018

Contoh Naskah Doa Upacara Peringatan HUT Kemerdekan RI ke-73 Tahun 2018

Amongguru.com. Upacara pengibaran bendera merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan hari ulang tahun kemerdekaan RI.

Upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI tidak hanya digelar oleh instansi pemerintah maupun BUMN saja, akan tetapi seluruh elemen masyarakat juga turut serta memperingati hari bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut.

Tujuan pelaksanaan upacara bendera ini tidak lain agar masyarakat juga dapat merasakan makna kemerdekaan yang sesungguhnya.

Di dalam upacara bendera, sederet acara digelar yang semuanya bermuara pada kedisiplinan dan jiwa nasionalisme.

Pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT kemerdekaan RI, memiliki beberapa tujuan. Upacara bendera HUT kemerdekaan Ri bertujuan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa dalam memperjuangkan kemerderkaan,  momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, dan sebagai upaya refleksi diri.

Pembacaan doa merupakan salah satu tahapan dalam pelaksanaan upacara bendera HUT kemerderkaan RI. Biasanya pembacaan doa dilaksanakan setelah menyanyikan lagu wajib nasional dan laporan pemimpin upacara kepada pembina atau inspektur upacara bahwa upacara telah selesai dilaksanakan.

Berikut ini adalah contoh naskah doa Upacara Peringatan HUT Kemerdekan RI ke-73 tahun 2018. Contoh naskah ini admin ambilkan dari naskah doa peringatan HUT Kemerdekaan RI pada tahun 2014 (HUT RI ke-69), tahun 2015 (HUT RI ke-70), tahun 2016 (HUT RI ke-71), dan tahun 2017 (HUT RI ke-72).

Panitia upacara dapat mengembangkan sendiri naskah doa upacara Peringatan HUT Kemerdekan RI tersebut sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing.

Contoh Naskah Doa Upacara Peringatan HUT Kemerdekan RI ke-73 Tahun 201q8
Contoh Naskah Doa Upacara Peringatan HUT Kemerdekan RI ke-73 Tahun 2018

A. DOA UPACARA PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN RI KE-72 TAHUN 2017

DOA PADA UPACARA DETIK-DETIK PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI ISTANA NEGARA JAKARTA, JAKARTA, KAMIS 17 AGUSTUS 2017
Oleh Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agama Republik Indonesia

(Pembuka doa dengan bahasa Arab)

Ya Allah, Tuhan Sang Maha Segala

Kami adalah bangsa Indonesia
Bangsa Besar yang Engkau jadikan penuh keberagaman
Bangsa yang menghirup udara Pancasila berjiwa keagamaan
Bangsa yang hidup dari tanah yang menumbuhkan benih dan buah persaudaraan

Hari ini, kami berhimpun di sini
Mensyukuri 72 tahun kemerdekaan NKRI
Sebagai upaya kamilebih meneguhkan diri
Merajut kemajemukan dalam jalinan perssaudaraan sesama anak negeri
Mencegah permusuhan, pertikaian, dan perpecahan yang harus dihindari

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Menguatkan

Kuatkanlah ikatan antarkami agar saling menyemai kedamaian
Saling menjaga kerukunan, saling menyokong kemajuan
Eratkanlah tali silaturahmi antarkami agar saling merawat persaudaraan
Sekaligus saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran

Ya Allah, Tuhan yang berkah-Nya selalu dinanti

Engkau telah memberkati kami kemerdekaan yang amat berarti
Bimbinglah kami agar ikhlas merawat kemerdekaan dengan sepenuh hati
Mampukanlah kami untuk mengisi kemerdekaan dengan sepenuh hati
Mampukanlah kami untuk mengisi kemerdekaan ini
Dengan kekuatan iman dan kemuliaan akhlak terpuji
Dengan kerja bersama mewujudkan kesejahteraan yang merata di seluruh negeri

Ya Allah, Tuhan Penebar Cinta

Satukanlah pikiran, perasaan, dan hati seluruh anak bangsa ini dengan ikatan cinta
Cinta para pemimpin kepada segenap rakyatnya
Cinta segenap rakyat kepada para pemimpinnya
Cinta sesama saudara sebangsa
Cinta sesama umat manusia

(Penutup doa dalam bahasa Arab)

B. DOA UPACARA PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN RI KE-71 TAHUN 2016

DOA PERINGATAN HUT RI KE 71 KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA PADA INSTANSI PUSAT DAN DAERAH, RABU, 17 AGUSTUS 2016

(Pembuka doa dalam bahasa Arab)

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa,

Di pagi yang berkah ini, kami seluruh bangsa Indonesia bersimpuh mempersembahkan puji syukur ke hadirat-Mu. Engkau Maha Pencipta alam semesta, Engkau jualah yang mengatur alam seisinya, dan Engkau pula yang telah membebaskan bangsa kami dari penjajahan. Perkenankanlah kami, seluruh bangsa Indonesia, pada pagi hari ini memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, untuk mensyukuri nikmat agung anugerahMu: nikmat kemerdekaan.

Ya Allah, Tuhan Maha Pemersatu,

Jadikanlah peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai momentum untuk dapat merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa kami. Jauhkanlah kami dari perselisihan, permusuhan, dan perpecahan.

Kuatkan ikatan di antara bangsa kami agar senantiasa saling menyemai kedamaian, saling menjaga kerukunan, saling menampakkan keramahan, dan saling menyokong kemajuan. Eratkan tali seluruh anak negeri agar senantiasa saling menjaga persaudaraan sekaligus saling mengingatkan dalam kebaikan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana,

Engkau telah menganugerahi kami dengan kekayaan bumi, air, dan udara. Bukalah pikiran kami agar bijaksana memanfaatkan anugerah-Mu demi kejayaan negeri. Lapangkan nurani kami agar senantiasa bersih dan suci dalam meraih kenikmatan. Kuatkan kaki dan tangan kami agar mampu menghadapi tantangan perkembangan zaman. Jadikan kami bangsa yang senantiasa bersyukur, menjunjung sikap jujur, dan memperoleh karunia-Mu sebagai negeri yang makmur.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemberi Petunjuk,

Engkau telah memberkati dan merahmati kami kemerdekaan yang amat berarti. Bimbinglah kami agar dapat merawat kemerdekaan itu sesuai dengan ridla-Mu. Segarkan ingatan kami untuk mengenang arti satu dua nyawa yang melayang demi kemerdekaan.

Jernihkan hati kami untuk memahami makna sejati memanusiakan manusia dalam bingkai kemerdekaan. Ringankan gerak kami untuk mengisi hari-hari merdeka dengan kekuatan iman, kemuliaan adab, keadilan hukum,     dan kesejahteraan yang merata. Mantapkan langkah kaki kami untuk menjejak jalan yang benar dalam menggapai masa depan bangsa dan negeri ini.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun dan Pengabul segala Do’a,

Ampunilah semua dosa kami, dosa-dosa ibu bapak kami dan guru kami, dosa para pemimpin kami dan para pendahulu kami. Terimalah amal dan perjuangan para pahlawan dan syuhada yang telah memerdekakan bangsa dan negara kami. Muliakan mereka dengan kehidupan hakiki di alam abadi.

Ya Allah, kabulkanlah doa dan segala permohonan kami, Engkau Maha Pengampun dan Maha mengabulkan segala doa.

(Penutup doa dalam bahasa Arab)

C. DOA UPACARA PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN RI KE-70 TAHUN 2015

DOA PADA PERINGATAN HUR RI KE 70 KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA TANGGAL 17 AGUSTUS 2015

(Pembuka doa dalam bahasa Arab)

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa

Dengan penuh kerendahan hati, kami seluruh bangsa Indonesia memanjatkan syukurkehadirat-Mu, karena Engkaulah Maha Pencipta alam semesta ini, Engkaulah Dzatyang mengatur alam seisinya, dan Engkau pula yang menentukan segala galanya.Karenanya, hanya kepada-Mu kami berserah diri dan memohon petolongan.

Ya Allah, Tuhan Yang maha Kuasa

Pada hari ini kami seluruh bangsa Indonesia memperingati Hari kemerdekaan RepublikIndonesia yang ke 70. Berikanlah kami kedewasan kehidupan berpolitik, danberdemokrasi. Mudahkanlah kami dalam bekerja dan menumbuhkan budaya kerjadalam percepatan pembangunan nasional, agar tercipta bangsa yang mandiri, bersatu,aman, adil dan sejahtera.

Ya Allah, Tuhan Yang maha bijaksana.

Masih jauh perjalanan sejarah bangsa kami, karenanya hindarkanlah bangsa danNegara kami dari marabahaya, fitnah antar Suku, Agama, Ras dan Antargolongan yangdapat memecah belah kesatuan bangsa. Mantapkanlah tekad kami untuk membangunbangsa dan Negara kami, agar menjadi bangsa yang beriman, bertaqwa, berakhlakmulia, adil, makmur dan sejahtera. 

Ya Allah, Tuhan Maha Pemersatu

Jadikanlah peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagaimomentum merekatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa kami. Jauhkanlah bangsakami dari perselisihan dan perpecahan. Limpahkanlah karunia-Mu, baik yang datangdari langit maupun dari bumi.

Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengampun

 Ampunilah dosa dosa kami, dosa kedua orang tua kami, dosa para pemimpin kami jugadosa para pahlawan pejuang kami, terimalah amal perjuangan mereka, karena EngkauMaha Pengampun lagi Maha mengetahui.

Ya Allah, Tuhan yang maha Pengasih dan Penyayang.

Kabulkanlah permohonan dan doa kami, hanya kepada-Mu lah kami mohon pertolongan

(Penutup doa dalam bahasa Arab)

D. DOA UPACARA PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN RI KE-69 TAHUN 2015

DOA UPACARA PROKLAMASI KEMERDEKAAN Rl KE-69 TANGGAL 17 AGUSTUS 2014 (DI SELURUH INSTANSI PUSAT DAN DAERAH)

(Pembuka doa dalam bahasa Arab)

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa,

Dengan penuh kerendahan hati, kami seluruh bangsa Indonesia mempersembahkan puji syukur kehadirat-Mu. Engkaulah Maha Pencipta alam semesta ini, Engkaulah Dzat yang mengatur alam seisinya, dan Engkau pula yang menentukan segala-galanya. Oleh karena itu hanya kepada-Mu kami berserah diri dan memohon pertolongan. 

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa,

Atas segala rahmat dan karunia-Mu, hari ini kami seluruh bangsa Indonesia, kembali dapat memperingati hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69. Berikanlah kami kedewasaan kehidupan berpolitik, berdemokrasi dan kemudahan dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional, agar tercipta bangsa yang bersatu, aman, adil, dan sejahtera.

Ya Allah, Tuhan Maha Pemersatu,

Jadikanlah peringatan upacara proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai momentum merekatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa kami. Jauhkanlah bangsa kami dari perselisihan dan perpecahan, limpahkanlah karunia-Mu baik yang datang dari langit maupun dari bumi. 

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana,

Masih panjang perjuangan Bangsa kami dan masih jauh perjalanan sejarah bangsa kami, oleh karena itu hindarkanlah bangsa dan negara kami dari fitnah dan marabahaya. Mantapkan tekad kami untuk membangun negara dan bangsa kami, agar menjadi bangsa yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, adil, makmur, dan sejahtera.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun,

Ampunilah dosa-dosa kami, dosa ibu bapak kami, para pemimpin dan para pejuang kami. Terimalah amal dan perjuangan mereka, karena Engkau Maha Pengampun lagi Maha Mengetahui.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang,

Kabulkanlah permohonan dan doa kami, agar kami semua tergolong hamba-hamba-Mu yang beruntung.

(Penutup doa dalam bahasa Arab)

Baca juga :

Demikian yang dapat admin bagikan mengenai Contoh Naskah Doa Upacara Peringatan HUT RI ke-73 Tahun 2018. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan