Contoh Modul P5P2RA Tema Kewirausahaan

Contoh Modul P5P2RA Tema Kewirausahaan

Amongguru.com. Berikut ini dibagikan contoh Modul Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5P2RA) untuk Tema Kewirausahaan.

Modul P5P2RA Tema Kewirausahaan ini untuk memberikan gambaran bentuk laporan P5P2RA sebagai bagian dari pelaksanaan Kurikulum Merdeka.

Madrasah dapat mengembangkan dan menyempurnakan sendiri contoh Modul P5P2RA Tema Kewirausahaab ini sesuai kebutuhan dan kondisi yang ada.

Baca : Referensi Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5

Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5P2RA) yang selanjutnya disebut Profil Pelajar merupakan pelajar yang memiliki pola pikir, bersikap dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila yang universal dan menjunjung tinggi toleransi demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa serta perdamaian dunia.

Profil Pelajar memiliki pengetahuan dan keterampilan berpikir antara lain: berpikir kritis, memecahkan masalah, metakognisi, berkomunikasi, berkolaborasi, inovatif, kreatif, berliterasi informasi, berketakwaan, berakhlak mulia, dan moderat dalam keagamaan.

Profil Pelajar memiliki komitmen kebangsaan yang kuat, bersikap toleran terhadap sesama, memiliki prinsip menolak tindakan kekerasan baik secara fisik maupun verbal dan menghargai tradisi.

Kehadiran profil pelajar di tengah kehidupan mampu mewujudkan tatanan dunia yang penuh kedamaian dan kasih sayang. Profil pelajar selalu mengajak untuk merealisasikan kedamaian, kebahagiaan, dan keselamatan baik di dunia maupun akhirat bagi semua golongan umat manusia, bahkan seluruh alam semesta.

Profil pelajar dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yakni peserta didik dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia.

Pelajar Pancasila merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Pelajar Rahmatan lil Alamin merupakan pelajar yang bertakwa,berakhlak mulia, serta beragama secara moderat”

Di dalam konteks tersebut, profil pelajar memiliki rumusan kompetensi yang melengkapi fokus di dalam pencapaian standar kompetensi lulusan di setiap jenjang satuan pendidikan dalam hal penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dan moderasi beragama.

Kompetensi profil pelajar memperhatikan faktor internal yang berkaitan dengan jati diri, ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia, serta faktor eksternal yang berkaitan dengan konteks kehidupan dan tantangan bangsa Indonesia di Abad ke-21 yang sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0, serta moderasi beragama.

Contoh Modul P5P2RA

Baca : Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka pada Madrasah

Di dalam profil pelajar terdapat beberapa dimensi dan nilai yang menunjukkan bahwa profil pelajar tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia yang:

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia;

2. Berkebhinekaan global;

3. Bergotong-royong;

4. Mandiri;

5. Bernalar kritis;

6. Kreatif.

Sekaligus pelajar juga mengamalkan nilai-nilai beragama yang moderat, baik sebagai pelajar Indonesia maupun warga dunia. Nilai moderasi beragama ini meliputi:

1. Berkeadaban (ta’addub);

2. Keteladanan (qudwah);

3. Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah);

4. Mengambil jalan tengah (tawassuṭ);

5. Berimbang (tawāzun);

6. Lurus dan tegas (I’tidāl);

7. Kesetaraan (musāwah);

8. Musyawarah (syūra);

9. Toleransi (tasāmuh); dan

10. Dinamis dan inovatif (taṭawwur wa ibtikār).

Contoh Modul P5P2RA Tema Kewirausahaan selengkapnya dapat dibaca dan di unduh di sini.

Demikian contoh Modul P5P2RA Tema Kewirausahaan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan