Contoh Laporan Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) Bekerja Dari Rumah

Contoh Laporan Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) Bekerja Dari Rumah

Amongguru.com. Laporan Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) perlu dibuat guru sebagai bentuk pertanggungjawaban tertulis kepada Kepala Sekolah atas pelaksanaan tugas dinas di rumah/tempat tinggal.

Selama pandemi Covid-19, guru dan peserta didik menyelenggarakan pembelajaran secara daring, sesuai instruksi Mendikbud.

Selanjutnya, hasil pembelajaran tersebut dilaporkan guru dalam bentuk Laporan Pembelajaran Jarak Jauh Bekerja Dari Rumah.

Penyelenggaraan pembelajaran daring ini sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19).

Pelaksanaan tugas dinas di rumah/tempat tinggal bagi guru juga sesuai dengan Surat Edaran MenPANRB Nomor 34 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Selama pandemi Covid-19, sekolah harus tetap melaksanakan pembelajaran kepada peserta didik di rumah.

Kegiatan pembelajaran dipandu oleh guru secara online melalui media sosial atau aplikasi pembelajaran yang tersedia.

Di dalam melaksanakan tugas dinas di rumah/tempat tinggal, guru tetap harus tetap mencapai target kinerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai disiplin pegawai.

Contoh Laporan Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) Bekerja Dari Rumah

Perpanjangan masa darurat Covid-19 membuat waktu belajar dari rumah bagi peserta didik semakin bertambah.

Konsekuensinya, guru perlu mendesain pembelajaran jarak jauh yang variatif dan tidak membosankan. Guru juga dapat memberikan materi terkait Covid-19 untuk mengedukasi peserta didik mengenai bahaya Covid-19, gejala terinfeksi, dan cara pencegahannya.

Guru bisa memanfaatkan beberapa aplikasi pembelajaran yang tersedia, agar pembelajaran jarak jauh dapat berlangsung secara efektif.

Dengan memanfaatkan aplikasi pembelajaran, misalnya Google Classroom, akan memudahkan guru dalam membagikan materi, memberikan tugas, dan sekaligus melakukan evaluasi.

Laporan Pembelajaran Jarak Jauh dapat disusun guru setiap satu minggu sekali. Ini artinya, guru bisa memberikan tugas secara online dengan alokasi waktu satu minggu untuk satu mata pelajaran. Hal tersebut bertujuan agar tidak membebani peserta didik dalam mengerjakan tugas belajar di rumah.

Laporan Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) yang disusun guru, minimal harus memenuhi beberapa komponen berikut.

  1. Jadwal Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
  2. Rencana Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
  3. Metode dan Media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
  4. Evaluasi Pembelajaran Jarah Jauh/PJJ (Kuantitatif atau Kualitatif)
  5. Pemberian Tugas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) oleh Guru
  6. Bimbingan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Berikut adalah contoh Laporan Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) Bekerja Dari Rumah untuk pembelajaran IPA Kelas IX SMP/MTs.

Bapak/Ibu Guru dapat mengembangkan dan menyempurnakan contoh laporan Pembelajaran Jarak Jauh ini sesuai dengan kebutuhan.

LAPORAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DARING
KEGIATAN BEKERJA DARI RUMAH (WORK FROM HOME)

Satuan Pendidikan : SMP ………………………….
Mata Pelajaran  : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : IX (Sembilan)
Materi Pokok : Virus (Covid-19)
Alokasi Waktu : …………………(Satu Minggu)

A. Pendahuluan

Salah satu kewajiban guru selama melaksanakan tugas dinas di rumah/tempat tinggal adalah menyusun Laporan Pembelajaran Jarak Jauh.

Pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang dilakukan guru ini untuk memberikan akses pembelajaran yang tidak terbatas ruang dan waktu kepada peserta didik selama diberlakukannya masa darurat Covid-19.

Penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh ini sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19).

Pelaksanaan tugas dinas di rumah/tempat tinggal bagi guru berpedoman pada Surat Edaran MenPANRB Nomor 34 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Pembelajaran jarak jauh tersebut dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan), sehingga peserta didik dapat mengakses materi dan sumber pembelajaran tanpa batasan waktu dan tempat.

Kegiatan pembelajaran secara daring ini akan mendukung proses pembelajaran jarak jauh dan mempermudah dalam penyebaran materi kepada peserta didik.

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan mencakup kegiatan penyampaian materi, penugasan, dan evaluasi.

B. Tujuan

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dalam sistem daring ini bertujuan sebagai berikut.

  1. Memberikan wadah bagi peserta didik kelas IX SMP…. untuk dapat mempertajam pemahaman mereka tentang materi yang dipelajari..
  2. Memudahkan peserta didik kelas IX SMP …. dalam mengakses materi dan tugas daring tanpa terbatas ruang dan waktu.
  3. Menyediakan bahan ajar dan aktivitas tambahan untuk tujuan pengayaan dengan menggunakan artikel terkait materi yang diajarkan.
  4. Mengevaluasi pemahaman dan kompetensi peserta didik terjadap materi yang diajarkan melalui uji kompetensi online berbentuk kuis.

C. Sasaran

Pembelajaran Jarak Jauh ini diterapkan pada semester dua tahun pelajaran 2019/2020. Sasaran pengguna pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini adalah peserta didik kelas IX SMP ….. Jumlah target peserta didik yang akan mengikuti pembelajaran jarak jauh adalah sebanyak …. peserta didik.

D. Ruang Lingkup

Ruang lingkup pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini mencakup beberapa tahapan, sebagai berikut.

1. Perencanaan

Guru merancang pembelajaran jarak jauh secara daring, meliputi pengembangan materi/bahan ajar dan penyusunan kuis.

2. Pelaksanaan Pembelajaran

Guru membagikan materi/bahan ajar dan tugas (kuis) melalui aplikasi pembelajaran kepada peserta didik kelas IX SMP… dengan target …. peserta didik. Peserta didik membaca materi dan mengerjakan tugas (kuis) dari rumah dengan alokasi waktu yang disepakati.

3. Penilaian (Evaluasi)

Guru menginput nilai tugas (kuis) dari hasil pekerjaan peserta didik yang dikirimkan melalui email masing-masing.

E. Materi Ajar

Materi ajar yang dibagikan adalah berhubungan dengan Covid-19, meliputi beberapa submateri sebagai berikut.

1. Ciri-ciri Covid-19 sebagai virus

2. Cara mencegah penyebaran Covid-19

3. Covid-19 sebagai penyebab pneumonia

4. Istilah-istilah penting tentang kasus Covid-19

F. Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang diterapkan untuk menyampaikan materi ajar tersebut di atas adalah penyediaan materi yang dapat diakses oleh peserta didik melalui Google Classroom.

Peserta didik juga mendapatkan tugas untuk mengerjakan kuis secara mandiri terkait materi dengan menggunakan Google Formulir. Alokasi waktu mengerjakan selama satu minggu, mulai tanggal …. sampai dengan tanggal …… 2020.

G. Media Pembelajaran

Media yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini adalah artikel, Goolge Classroom, dan Google Formulir.

H. Evaluasi Pembelajaran

Tahap akhir dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini adalah penilaian hasil belajar.

Evaluasi pembelajaran dilakukan dalam bentuk kuis menggunakan Google Formulir. Soal berbentuk pilihan ganda yang secara langsung dapat memberikan nilai atas hasil jawaban peserta didik.

Berdasarkan data, sebanyak …. peserta didik telah mengirimkan jawaban soal melalui email masing-masing. Dengan demikian, peserta didik yang tidak mengirimkan jawaban atau tidak mengerjakan tugas sebanyak ….

I. Penutup

Demikian Laporan Pembelajaran Jarak Jauh dengan Sistem Daring kami susun. Laporan ini sebagai bentuk pertanggungjawaban tertulis kepada Kepala Sekolah atas pelaksanaan tugas dinas di rumah/tempat tinggal.

……………, …………………………….
Kepala Sekolah,Pelaksana Tugas/Guru Mapel,

………………………………………………..
NIP ………………………………………….
………………………………………………
NIP ………………………………………..

Lampiran

1. Rencana Program Pembelajaran Jarak Jauh (Unduh contohnya di sini)

2. Soal Kuis (Unduh contohnya di sini)

3. Rekapitulasi Nilai dan Distribusi Jawaban Peserta Didik (Unduh contohnya di sini)

4. Foto Bimbingan Pembelajaran Jarak Jauh

Demikian contoh Laporan Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) Bekerja Dari Rumah. Semoga bermanfaat.

12 Replies to “Contoh Laporan Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) Bekerja Dari Rumah

Tinggalkan Balasan