Ciri-ciri Umum dan Jenis-jenis Serangga Lengkap dengan Penjelasannya

Ciri-ciri Umum dan Jenis-jenis Serangga Lengkap dengan Penjelasannya

Amongguru.com. Pada kesempatan kali ini, akan admin bagikan informasi tentang Ciri-ciri Umum dan Jenis-jenis Serangga Lengkap dengan Penjelasannya.

Postingan mengenai Ciri-ciri Umum dan Jenis-jenis Serangga Lengkap dengan Penjelasannya berisi uraian tentang ciri-ciri secara umum dari serangga dan beberapa jenis serangga yang dekat dengan kehidupan manusia.

Kata “insecta” sebagai istilah lain dari serangga berasal dari bahasa Latin, yaitu insectum yang artinya “terpotong menjadi bagian-bagian”. Serangga merupakan salah satu kelas dari hewan tidak bertulang belakang (avertebrata) yang termasuk dalam filum artropodha.

Ciri-ciri Umum Serangga

Ciri umum dari serangga adalah tubuhnya beruas-ruas dan terbagi menjadi tiga bagian, yaitu kepala-dada-perut. Selain itu, serangga memiliki tiga pasang kaki yang pangkalnya menyatu dan memiliki sepasang antena serta mata yang majemuk.

Serangga merupakan hewan yang memiliki paling banyak keanekaragaman jenis. Karena kemampuannya yang tinggi dalam beradaptasi dan bereproduksi, maka habitat serangga mendominasi di seluruh lingkungan, baik darat, air, maupun udara.

Apabila dikaitkan dengan beberapa penemuan fosil serangga, maka dapat disimpulkan  bahwa fosil serangga yang sudah ditemukan dan diperkirakan berumur puluhan juta tahun yang lalu memiliki kesamaan bentuk dengan serangga yang saat ini

Tahukah Anda bahwa sudah lebih dari 800.000 spesies insecta ditemukan di muka bumi? dari jumlah spesies yang ditemukan tersebut, maka spesies kumbang adalah yang paling banyak ditemukan, yaitu sekitar 360.000, sedangkan spesies bansa caping paling sedikit ditemukan, hanya sekitar 5.000.

Pada umunya serangga mengalami metamorfosis sempurna, dengan tahapan mulai dari telut – larva – pua – imago (dewasa). Contoh serangga yang mengalami metamorfosis sempurna adalah kupu-kupu. Sedangkan ada juga sebagian kecil serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, misalnya belalang dan capung. Serangga yang mengalami metamorfosisi tidak sempurna hanya melalui tahapan telur-larva-nimfa. (Lihat : Metamorfosis pada serangga)

Jenis-jenis Serangga

Serangga adalah termasuk hewan dengan tingkat keanekaragaman yang tinggi. Jenis-jenis serangga sangat banyak dan mungkin masih ada yang belum terdeteksi namanya.

Berikut ini beberapa spesies serangga yang sering kita jumpai dalam kehiduapn lengkap dengan gambar dan penjelasannya.

  • Capung

Ciri-ciri Umum dan Jenis-jenis Serangga Lengkap dengan Penjelasannya

Capung adalah kelompok serangga yang masuk dalam ordo Odonata. Habitat capung tersebar luas, di hutan, kebun, sawah, dan  bahkan pekarangan rumah. Serangga ini mengalami metamorfosis tidak sempurna, dan  sebagian besar siklus hidupnya dihabiskan di air, dalam bentuk nimfa.

(Baca juga : Fakta Unik dan Menakjubkan dari Capung SI Jago Terbang)

Hewan ini akan meletakkkan telurnya pada tumbuhan air dan setelah menetas, larva capung akan hidup di dasar perairan dan berkembang menjadi nimfa, sampai akhirnya berubah menjadi capung dewasa yang bisa kita lihat saat terbang bebas di udara.

  • Kupu-kupu

Ciri-ciri Umum dan Jenis-jenis Serangga Lengkap dengan Penjelasannya

Kupu-kupu termasuk dalam ordo Laidoptera. Hewan ini sering dikenal juga dengan serangga bersayap sisik. pada umumnya, jenis serangga ini akan aktif pada siang hari dan akan beristirahat dengan menegakkan sayapnya yang indah.

Lama atau tidaknya umur kupu-kupu, sangat tergantung pada spesiesnya, ada yang hanya mampu hidup satu minggu dan bahkan ada yang dapat hidup setahun. Metamorfosisi yang terjadi pada kupu-kupu adalah metamorfosis sempurna.

Semua jenis kupu-kupu akan mengalami tahapan perubahan bentuk dari telur, ulat, kepompong, sampai akhirnya menjadi kupu-kupu.

Telur kupu-kupu selalu diletakkan pada tumbuhan dengan dilindungi oleh bahan perekat. Larva kupu-kupu, yaitu ulat, akan memakan daun tumbuhan. Jika sudah menjadi kupu-kupu, maka kupu-kupu akan memperoleh makanan dengan cara menghisap nektar pada bunga.

  • Belalang

Ciri-ciri Umum dan Jenis-jenis Serangga Lengkap dengan Penjelasannya

Belalang merupakan hewan yang termasuk dalam ordo Orthoptera. Ciri-ciri belalang, antara lain memiliki sepasang antena yang berfungsi sebagai detektor terhadap sentuhan, suhu, getaran, nakanan, dan bahkan pergerakan udara.

Serangga ini memiliki tiga bagian tubuh utama, yaitu kepala, dada dan perut. Jumlah kaki pada serangga adalah tiga pasang, dimana kaki belakang utnuk melompat dan kaki bagian depan untuk berjalan.

Belalang tidak memiliki telinga, tetapi mempunyai tympanium sebagai alat pendengaran, yang terletak perut dekat sayapnya. Alat pernapasan serangga berupa trakea.

  • Semut

Ciri-ciri Umum dan Jenis-jenis Serangga Lengkap dengan Penjelasannya

Semut termasuk dalam ordo Hymenoptera. Jumlah spesies semut mencapai 12.000 dan berkembang biak dengan baik pada daerah tropis, seperti Indonesia. Semut adalah jenis serangga yang senang berkoloni, dimana satu koloni dapat menguasai sebuah daerah kekuasaan yang luas.

Meskipun yang bertubuh kecil, tetapi semut merupakan hewan terkuat di dunia. Seekor semut jantan akan mampu mengangkap beban yang beratnya lima puluk kali berat tubuhnya.

Pada kepala semut, terdapat sepasang antena yang berfungsi untuk mendeteksi rasangan kimia dan untuk berkomunikasi dengan semut lain dengan cara mengeluarkan hormon feromon.

  • Kumbang

Ciri-ciri Umum dan Jenis-jenis Serangga Lengkap dengan Penjelasannya

Kumbang adalah serangga yang termasuk dalam ordo Coleoptera, yang merupakan ordo terbesar dari serangga. Kurang lebih 40 persen spesis serangga yang sudah teridentifikasi adalah kumbang. Kumbang dapat dijumpai di hampir seluruh wilayah, kecuali daerah kutub dan lautan.

Beberapa jenis kumbang ada yang sebagai parasit, ada yang memakan bangkai, memakan jamur, dan juga predator bagi invertebrata lainnya.

Karakteristik dari kumbang adalah adanya rangka luar (eksoskeleton) dan sayap depan yang keras (elytra). Ragka luar kumbang terdiri atas beberapa sklerit (piringan) dan dibatasi oleh jahitan-jahitan tipis. Bentuk rangka yang demikian digunakan untuk pertahanan kumbang dan gerak yang fleksibel.

  • Wereng

Ciri-ciri Umum dan Jenis-jenis Serangga Lengkap dengan Penjelasannya

Wereng merupakan serangga pengisap cairan tumbuhan dan termasuk dalam ordo Hemiptera. Hewan ini adalah agen pembawa beberapa penyakit pada tumbuhan, khususnya fitoplasma yang hidup di jaringan pembuluh tapis tumbuhan dan akan ditularkan wereng saat menyerap cairan pada batang tumbuhan.

Jenis wereng yang menjadi hama pada tanaman padi adalah wereng hijau (menyebarkan virus tungro pada padi) dan wereng coklat (menyebabkan daun padi menguning),

  • Kutu Daun

Ciri-ciri Umum dan Jenis-jenis Serangga Lengkap dengan Penjelasannya

Kutu daun merupakan serangga pemakan getah tanaman. Panjang hewan ini hanya sekitar satu sampai dua milimeter. Sifat kutu daun adalah sebagai hama dan juga penyebar virus. Kutu daun adalah jenis serangga yang paling merusak tanaman, karena menjadikan tunas atas serta daun muda tanaman menggulung.

Kutu daun memiliki kebiasan hidup berkoloni. Serangga ini juga memiliki sebuah cairan yang mengandung gula, sehingga apabila dikeluarkan akan menarik semut untuk datang.

  • Kutu Kepala

Ciri-ciri Umum dan Jenis-jenis Serangga Lengkap dengan Penjelasannya

Jenis serangga ini pada umumnya menjadi parasit penhisap darah pada kepala manusia. Kutu kepala betina memiliki kemampuan reproduksi yang cukup tinggi, karena mampu bertelur hingga 6 butir setiap hari. Telur-telur tersebut akan melekat kuat pada rambut dan akan menetas sekitar satu minggu.

Zat pada air liur kutu kepala akan menyebabkan gatal yang luar biasa pada kulit kepala. Kutu kepala mudah sekali hingga di bagian kepala manusia dan menetas melalui banyak perantara, misalnya sisir, topi, handuk, maupun tudung kepala.

Demikain ulasan mengenai Ciri-ciri Umum dan Jenis-jenis Serangga Lengkap dengan Penjelasannya.

Semoga informasi tentang Ciri-ciri Umum dan Jenis-jenis Serangga Lengkap dengan Penjelasannya ini bermanfaat sebagai bahan referensi belajar Anda.

 

 

Tinggalkan Balasan