Ciri-ciri Planet Venus Dilengkapi Gambar dan Penjelasannya

Ciri-ciri Planet Venus Dilengkapi Gambar dan Penjelasannya

Amongguru.com. Planet Venus adalah planet kedua yang terdekat dengan Matahari setelah planet Merkurius.

Nama “Venus” diambil dari nama dewi cinta dan kecantikan pada mitologi Romawi. Salah satu ciri planet Venus yang membedakan dengan planet lainnya adalah Venus tidak memiliki satelit alami.

Selain itu, planet Venus merupakan objek alami paling cerah pada saat malam hari. Kecerahan maksimal dari Venus dapat dilihat ketika sebelum Matahari terbit atau setelah Matahari terbenam.

Karena kecerahannya inilah, maka planet Venus dijuluki sebagai Bintang Fajar atau Bintang Senja.

Venus juga sering disebut sebagai planet saudara Bumi, karena ukuran, gravitasi, dan komposisi yang mirip. Venus merupakan planet terdekat dari Bumi dan planet yang ukurannya paling mendekati Bumi.

Berikut ini adalah ciri-ciri planet Venus lainnya untuk Anda ketahui.

1. Suhu

Venus adalah planet terpanas dalam Tata Surya. Suhu rata-rata permukaan planet Venus sebesar 735 K (462 °C; 863 °F).

Peningkatan suhu ini disebabkan efek rumah kaca yang berketerusan pada permukaan Venus.

Hal ini disebabkan planet Venus tidak memiliki siklus karbon yang memerangkap karbon pada permukaannya.

Planet Venus diselubungi oleh awan tebal yang berbentuk butiran yang bersifat racun dan dapat mengakibatkan kulit terbakar.

Awan setebal 25 km tersebut menyelubungi Venus, sehingga cahaya matahari tidak dapat menembusnya.

Asam sulfur pada awan tebal yang menutupi Planet membuat Venus bertemperatur sangat panas dan sangat terang.

2. Ukuran dan geografi permukaan

Planet Venus memiliki panjang diameter 12.092 km, lebih kecil 650 km dari planet Bumi. Massa planet Venus lebih kecil 81,5% dari massa Bumi.

Planet Venus terdiri dari 80% daerah Vulkanik, 70% daerah daratan, 20% dua benua daratan yang tinggi dan 10% daerah daratan yang halus dan berlekuk.

Dua daratan pada Planet Venus terletak dibagian utara Venus atau yang bisa disebut Ishtar Terra dan sebelah selatan dari garis khatulistiwa atau yang biasa disebut dengan Benua Aphrodite Terra.

Penampakan Vulkanik yang puncaknya rata, lebarnya antara 20-50 km dan tinggi mencapai 100 sampai 1.000 meter, biasa disebut dengan Farra. Rangkaian rekahan radial yang berbentuk seperti bintang dan biasa disebut Novae.

Tidak ada hujan di Planet Venus, meskipun asam sulfat turun ke atmosfer dan menguap di ketinggian 25 km di permukaan Planet Venus.

3. Atmosfer 

Atmosfer pada planet Venus berbentuk sangat padat dengan 96,5% Karbon Dioksida dan 3,5% Nitrogen. Planet Venus memiliki massa atmosfer 93 kali lebih besar daripada massa atmosfer Bumi.

Atmosfer pada Planet Venus kaya akan karbon dioksida dan sulfur dioksida dan menghasilkan efek rumah kaya paling kuat pada tata surya.

Kecepatan angin pada Planet Venus 60 kali lebih cepat daripada rotasi Planet Venus sendiri. Planet Venus juga memiliki suhu yang konstan pada sisi gelap, sisi terang, daerah kutub dan juga daerah khatulistiwa.

4. Medan Magnet 

Planet Venus memiliki medan magnet yang bersifat lemah. Hal ini dimungkinkan karena tidak adanya inti padat pada Venus. Inti planet Venus diduga bersifat konduktif secara elektrik.

Meskipun rotasi mengintari matahari dari planet Venus terbilang lambat, akan tetapi simulasi dalam rotasi Venus masih menghasilkan dinamo.

Akibat medan magnet yang lemah, angin matahari berinteraksi langsung dengan atmosfer luar planet Venus. Angin matahari ini juga menyebabkan beberapa ion mengalami pelepasan dari medan gravitasi.

5. Orbit 

Planet Venus tidak memiliki satelit seperti Bumi. Meskipun tidak memiliki satelit, planet Venus menjadi planet yang paling terang setelah Matahari dan bintang.

Planet Venus memiliki orbit mengelilingi matahari selama 224,7 hari (satuan pada planet Bumi).

Planet Venus berotasi terhadap matahari sesuai dengan arah jarum jam dengan waktu 243 hari pada Bumi, ini adalah orbit planet terlambat dalam tata surya. Planet Venus memiliki periode orbit selama 224,65 hari Planet Bumi.

Orbit planet mengelilingi Matahari rata-rata berbentuk elips. Akan tetapi, bentuk orbit Planet Venus terhadap matahari berbentuk bulat.

Hal ini dikarenakan eksentrisitas Planet Venus yang lebih rendah dari 0,01. Eksentrisitas orbit adalah jumlah ketika orbit melenceng dari lingkaran sempurna.

7. Rotasi 

Planet Venus berotasi terhadap Matahari dari timur ke barat secara lambat. Garis khatulistiwa pada Planet Venus memiliki kecepatan rotasi pada matahari sekitar 65 Km/h, lebih lebih lama 243 hari Bumi daripada tahun Venus  yaitu 224,7 hari Bumi.

Akibat dari rotasi Venus yang lambat ini panjang hari matahari di Venus lebih pendek daripada hari siderisnya sekitar 116,75 hari di Bumi.

Jangka waktu rotasi Planet Venus juga lebih lama dari pada jangka waktu revolusinya. Hal ini disebabkan karena Planet Venus berotasi pada sumbu hampir 180 derajat.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai ciri-ciri planet Venus dilengkapi gambar dan penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan