Ciri-ciri Mars Planet Terdekat Dengan Bumi Yang Perlu Anda Ketahui

Ciri-ciri Mars Planet Terdekat Dengan Bumi Yang Perlu Anda Ketahui

Amongguru.com. Mars adalah planet keempat yang terdekat Matahari dengan jarak rata rata 249,7 juta km dari Matahari. Mars juga merupakan planet yang letaknya bersebelahan dengan Bumi.

Nama “Mars” diambil dari nama dewa perang Romawi. Planet Mars juga dijuluki sebagai Planet Merah, karena jika dilihat dari satelit akan tampak berwarna kemerah-merahan.

Warna merah tersebut disebabkan oleh kandungan besi oksida di permukaan planet atau yang lebih dikenal dengan nama hematite.

Pada awal mula tercipta, Mars tampak terlihat gelap. Warna planet Mars menjadi mulai berubah merah setelah besi di permukaan planet Mars teroksidasi.

Hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh badai yang terjadi saat Mars masih muda, sehingga menyebabkan besi dan oksigen bereaksi.

Selain ciri tersebut, planet Mars masih memiliki beberapa ciri lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah ciri-ciri lain dari planet Mars tersebut.

1. Ukuran

Planet Mars memiliki ukuran yang lebih besar dari planet Merkurius, yaitu sekitar 6.500 km dengan volume kurang lebih 1.632 x 1.011 kilometer kubik.

Ukuran jari-jari planet Mars sekitar setengah dari jari-jari Bumi. Massanya juga lebih rendah 0,017 kalinya dari massa Bumi.

2. Suhu

Suhu di permukaan planet Mars dapat mencapai minus 100 derajat Celcius dengan suhu rata-rata minus 46 derajat Celcius.

Karena suhu yang rendah tersebut, maka air tidak dapat bertahan lama dan segera membeku menjadi es.

Permukaan Mars terdapat kawah, lembah, gurun,gunung berapi, dan bagian kutub yang ditutupi oleh kubah es.

Mars memiliki gunung tertinggi dalam Tata Surya, yang bernama Olympus Mons dengan ketinggian sekitar 24 km.

3. Tanah

Berdasarkan hasil penelitian, tanah Mars terbukti mengandung unsur-unsur penting dalam pertumbuhan tumbuhan seperti layaknya di Bumi, yaitu magnesium, sodium, potasium, dan klorida.

4. Atmosfer

Jika dibandingkan dengan Bumi, atmosfer di Planet Mars cukup tipis.  Atmosfer planet Mars menganduing gas karbondioksida (95%), nitrogen (3%), argon, oksigen, dan uap air.

Tekanan permukaan di Mars pada saat terkuatnya sama dengan tekanan yang dapat ditemui di ketinggian 35 km di atas permukaan Bumi.

Baca juga :

5. Iklim

Di antara semua planet di Tata Surya, Mars adalah planet yang musimnya paling mirip dengan Bumi.

Kemiripan musim ini diakibatkan oleh miripnya kemiringan sumbu pada kedua planet. Panjang musim di Mars sekitar dua kalinya Bumi karena jarak Mars yang lebih jauh dari Matahari, sehingga tahun di Mars lebih panjang atau dua kalinya Bumi.

6. Satelit Alami

Mars mempounyai dua satelit alami yang relatif kecil, yaitu Phobos dan Deimos yang ditemukan pada tahun 1877 oleh Asaph Hall.

Kedua satelit tersebut dinamai dari tokoh Phobos (ketakutan) dan Deimos (teror) sebagai anak Dewa Ares.

Keduanya dalam mitologi Yunani, selalu menemani ayah mereka Ares dalam pertempuran. Ares juga dikenal sebagai Mars oleh orang-orang Romawi kuno.

7. Kala Rotasi dan Revolusi

Kala rotasi planet Mars, yaitu 24,6 jam, hampir sama seperti Bumi. Sedangkan kala revolusi Mars dua kali lipat dibandingkan dengan Bumi, yaitu 687 hari.

Demikian ciri-ciri Mars planet terdekat dengan Bumi yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan