Cegah Asam Urat Tinggi dengan Rebusan Daun Binahong

Cegah Asam Urat Tinggi dengan Rebusan Daun Binahong

Amongguru.com. Zat asam urat atau dikenal dengan purin secara alami dikeluarkan tubuh melalui proses penyaringan dalam ginjal dan selanjutnya dikeluarkan melalui urine.

Akan tetapi jika zat purin ini berlebihan di dalam tubuh, maka ginjal tidak akan mampu menyaringnya dengan baik. Akibatnya akan terjadi penumpukan kristal asam urat di bagian tulang dan sendi. Asam urat yang tinggi ditandai dengan rasa nyeri yang luar biasa pada persendian tertentu.

Penumpukan zat purin dapat dipicu oleh konsumsi makanan yang mengandung purin dengan porsi yang berlebih. Bagi Anda yang mengalami penyakit asam urat, sebaiknya menghindari makanan-makanan yang mengandung purin tinggi tersebut.

Baca juga : Khasiat Bawang Putih, Anti Oksidan yang Ampuh Untuk Atasi Asam Urat Anda.

Berikut ini daftar makanan yang perlu dihindari oleh penderita asam urat tinggi.

  1. Daging; meskipun daging tidak mengandung zat purin banyak, disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya, terutama daging yang banyak lemaknya.
  2. Jeroan; jeroan seperti jantung dan hati sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita asam urat, karena kedua jenis jeroan tersebut mengandung purin sangat tinggi.
  3. Minuman beralkohol; selain mengandung gula tinggi, minuman beralkohol juga mengandung zat purin yang tinggi, sehingga jika Anda mengkonsumsinya secara rutin akan beresiko terkena diabetes dan juga asam urat.
  4. Ikan laut; mengkonsumsi kepiting, ikan asin, ikan teri, udang, kerang, dan tiram tidak dianjurkan secara berlebihan, karena makanan laut tersebut mengandung purin cukup tinggi.
Cegah Asam Urat Tinggi dengan Rebusan daun Binahong
Daun binahong

Cegah Asam Urat Tinggi dengan Rebusan daun Binahong

Tanaman binahong berasal dari daratan Cina. Di Cina, binahong sudah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit, baik penyakit yang ringan maupun berat.

Tanaman binahong tumbuh dengan cara merambat dengan tinggi mencapai 5 meter. Daun binahong ada yang berwarna hijau dan juga ada yang berwarna merah tergantung pada jenisnya.

Bentuk daun bilahong melengkung mirip bentuk hati atau seperti bentuk daun sirih. Batang tanaman binahong berwarna merah kehitaman dan membelit objek terdekatnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun binahong mengandung zat kimia yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti polifenil, oleanotik, alkaloid, minyak astiri, dan saponin.

Daun binahong terbukti ampuh jika dijadikan sebagai antibiotik alami, karena kandungan saponin di dalamnya. Kandungan alkaloid dalam daun binahong juga mampu mengatasi penyakit diabetes, karena efektif untuk menurunkan angka hipeglemik pada penderita diabetes.

Daun binahong juga mampu menjadi obat asam urat yang tinggi pada tubuh Anda. Anda dapat mengolah sendiri ramuan obat dari daun binagong ini untuk kepentingan pengobatan asam urat.

Caranya dengan mengambil beberapa lembar daun bilabong yang masih muda, kemudian dibersihkan dan direbus dengan air secukupnya sampai mendidih. Tunggu sampai air rebusan menyusun menjadi satu atau dua gelas saja, selanjutnya angkat dan dinginkan.

Anda bisa meminum rebusan daun bilahong tersebut secara ruin tiga kali sehari, sampai Anda merasakan asam urat Anda kembali normal. Anda juga dapat mengoleskan tumbukkan daun binahong untuk mengurangi rasa nyeri akibat bengkat dan radang pada daerah sendi.

Demikian ulasan mengenai Cegah Asam Urat Tinggi dengan Rebusan daun Binahong. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan