Buku Tunas Pancasila Sebagai Duta Profil Pelajar Pancasila di SD

Tunas Pancasila Sebagai Duta Profil Pelajar Pancasila di SD

Amongguru.com. Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menerbitkan Buku Tunas Pancasila.

Buku Tunas Pancasila ini diterbitkan sebagai salah satu ikhtiar untuk menanamkan pengertian-pengertian yang terkait Pancasila.

Tunas Pancasila sebagai predikat yang disematkan kepada anak-anak sekolah dasar merupakan terobosan KemendikbudRistek untuk menyemai nilai-nilai Pancasila sejak
dini.

Baca : 6 Profil Pelajar Pancasila Program Penguatan Pendidikan Karakter

Dengan demikian, pada jenjang pendidikan berikutnya Pancasila akan bersemayam dalam sanubari anak-anak kita sebagai kebaikan yang hidup terus menerus dan melanjutkan perjuangan para pendiri bangsa Indonesia.

Buku Tunas Pancasila ini menjadi buku yang komprehensif dan menginspirasi warga sekolah untuk memahami Tunas Pancasila sebagai bagian yang tidak terpisah dari tujuan pendidikan sekolah dasar.

Daftar Isi Buku Tunas Pancasila

1. Pendahuluan

2. Menggali Pancasila

a. Kelahiran Pancasila

b. Hakikat Pancasila

c. Pancasila Keniscayaan Indonesia

3. Memahami makna Pancasila

a. Logika Pancasila

b. Wujud Pancasila

c. Pohon Karakter Pancasila

4. Menyemai nilai-nilai Pancasila

a. Manifestasi Sila Pancasila

b. Profil Pelajar Pancasila

5. Penutup

Direktorat Sekolah Dasar yang mengemban amanat untuk memajukan pendidikan dasar di Indonesia memiliki tanggung jawab sepenuhnya untuk berperan dalam menyiapkan generasi pelajar tingkat dasar yang mengerti dan mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila sejak dini.

Kerangka ideal Pelajar Pancasila perlu dibangun fondasi yang kukuh dalam jiwa anak sekolah dasar. Keberhasilan penanaman nilai-nilai Pancasila akan berguna dan berlanjut pematangannya pada tingkat pendidikan berikutnya bahkan sepanjang hayatnya.

Gerakan Tunas Pancasila yang dipelopori oleh Direktorat Sekolah Dasar meletakkan pendidikan sebagai bagian dari manifestasi kebaikan kehidupan.

Nilai dan jiwa Pancasila yang lestari dalam alam kehidupan Indonesia bergantung sepenuhnya atas dedikasi dan loyalitas warga sekolah menyemai benih agar tumbuh subur tunas-tunas Pancasila.

Melalui Buku Tunas Pancasila ini, Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbudristek berusaha menampilkan Pancasila yang mudah dan komprehensif untuk membantu pembaca dewasa secara langsung memahami isinya, menerapkan tuntunannya dan merefleksikan hasilnya dalam kehidupan keseharian yang konkret, khususnya dalam lingkup Sekolah Dasar.

Oleh karena itu, secara tidak langsung mampu disampaikan kepada peserta didik melalui berbagai kegiatan yang berlangsung di sekolah dasar.

Buku Tunas Pancasila ini disajikan dalam lima bagian. Bagian pertama tentang Pendahuluan, Pada bagian kedua, tentang menggali Pancasila, ingin mengajak pembaca untuk memahami kehadiran Pancasila.

Apakah kehadirannya merupakan sesuatu yang konkret ataukah ilusi? Dia merupakan sesuatu yang penting sehingga diperlukan untuk mengenalnya lebih dalam.

Pada tingkat tertentu bagian ini ingin menjelaskan tentang Pancasila sebagai sesuatu yang riil bukan sekadar manipulasi pikiran.

Bagian ketiga buku ini membahas tentang memahami makna Pancasila diasumsikan setelah bagian sebelumnya dipahami sehingga layak untuk dibicarakan.

Keterampilan untuk menguraikan isi dan makna Pancasila terkait erat dengan kedudukan manusia sebagai makhluk yang berpikir.

Pada bagian ini ingin mengajak pembaca lebih jauh mengenali berbagai alat dan perangkat yang diperlukan untuk menguraikan dan menjelaskan Pancasila.

Dengan demikian, kreativitas untuk memahami alur pikir, metode, dan internalisasi Pancasila memiliki landasan berpikir yang kuat.

Setelah menyelesaikan bagian kedua dan ketiga, maka pada bagian keempat yang mengurai tentang menyemai nilai-nilai Pancasila bertujuan untuk menindaklanjuti dalam berbagai terapan dan aplikasi yang mengantarkan pemahaman bahwa profil pelajar Pancasila itu sangat mungkin untuk diwujudkan.

Oleh karena itu, Pancasila dan isinya tidak menjadi sesuatu yang abstrak, tetapi sangat konkret dan mudah untuk dijalankan khususnya di sekolah dasar.

Bagian terakhir sebagai penutup ditujukan untuk memberikan beberapa kesimpulan dan penajaman dalam bentuk fokus-fokus tertentu yang terkait dengan tujuan buku ini.

Buku Tunas Pancasila selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini,

Unduh

Demikian Buku Tunas Pancasila Sebagai Duta Profil Pelajar Pancasila di SD. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan