Buku Saku PAUD Belajar Dari Rumah Kemendikbud Tahun 2020

Buku Saku PAUD Belajar Dari Rumah Kemendikbud Tahun 2020

Amongguru.com. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Buku Saku PAUD Belajar Dari Rumah Kemendikbud Tahun 2020.

Buku saku PAUD Belajar Dari Rumah Kemendikbud yang dirancang oleh direktorat PAUD Kemendikbud menunjang tugas guru dalam 3 (tiga) kategori, sebagai berikut.

1. Merancang pembelajaran, mengimplementasikan, dan menilai tumbuh kembang anak

2. Menunjang pembelajaran komunikasi dan bekerjasama dengan orangtua di masa pandemi Covid-19,

3. Menunjang pembelajaran memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di masa belajar di rumah

Baca :

Sejak ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi pada tanggal 11 Maret 2020, Pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 yang menetapkan aturan belajar dari rumah (learn from home) bagi anak-anak sekolah dan bekerja dari rumah (work from home) bagi guru, termasuk mereka yang bekerja di satuan PAUD.

Untuk dunia pendidikan di Indonesia kondisi ini merupakan hal yang tak terduga bagi guru, orang tua, dan anak.

Guru, orang tua, dan anak- anak tiba-tiba harus mencari cara agar proses belajar tetap berjalan meskipun mereka di rumah dalam jangka waktu yang tidak tentu.

Sebagian satuan PAUD masih tetap dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Sebagian satuan PAUD yang lain, mengalami kesulitan disebabkan jaringan internet yang tidak stabil atau bahkan tidak ada.

Di dalam keadaan seperti ini, peran Pemerintah untuk mendukung orang tua, guru, dan anak dalam belajar dari rumah menjadi sangat penting.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah, antara lain, menyediakan materi belajar pendidikan jarak jauh (PJJ) bagi semua sasaran pendidikan dari jenjang PAUD, pendidikan dasar hingga pendidikan menengah melalui tayangan televisi TVRI dan berbagai sumber belajar daring, seperti Rumah Belajar, PAUD Pedia dan Anggun PAUD.

Akan tetapi, dalam implementasinya, pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh tidak selalu berjalan mulus.

Khususnya dalam pendidikan anak usia dini, masih banyak keluhan dari guru mengenai kesulitan dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh.

Beberapa kesulitan tersebut, antara lain sebagai berikut.

1. Kesulitan dalam mengoperasikan komputer.

2. Kesulitan dalam mengakses jaringan internet.

3. Jaringan internet yang tidak stabil.

4. Kesulitan mengomunikasikan pesan kepada orang tua.

5. Kesulitan menyusun perencanaan pembelajaran yang sederhana dan sesuai untuk diterapkan anak di rumah melalui orangtua.

6. Kesulitan guru dalam melakukan penilaian terhadap hasil belajar anak di rumah.

Di sisi lain, keluhan juga datang dari orangtua, yaitu kesulitan mendampingi anak belajar karena belum paham caranya, tidak biasa menggunakan teknologi digital untuk pembelajaran anak, tidak memahami maksud pesan yang disampaikan guru, dan lain-lain.

Berdasarkan berbagai kendala yang dialami guru dan orangtua, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini dalam rangka fasilitasi kebijakan belajar dari rumah telah menyusun beberapa perangkat bahan ajar untuk memfasilitasi pelaksanaan Belajar Dari Rumah.

Melalui Buku Saku PAUD Belajar Dari Rumah ini diharapkan guru dan orang tua memiliki pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran bersama anak di rumah.

Buku Saku PAUD Belajar Dari Rumah Kemendikbud Tahun 2020 secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada tautan di bawah ini.

1. Buku Bermain Bahasa di Rumah (Unduh)

2. Buku Pentingnya Bermain di Usia Dini (Unduh)

3. Buku Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Unduh)

4. Buku Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar Dari Rumah (Unduh)

5. Buku Pengasuhan Positif (Unduh)

6. Buku Media Daring (Unduh)

7. Buku Membangun Komunikasi Positif Guru PAUD dan Orangtua (Unduh)

8. Buku Bermain Seni Kriya (Unduh)

9. Buku Mengenal Dukungan Psikologi Awal (Unduh)

10. Buku Bermain Sains (Unduh)

11. Buku Bermain Musik dan Gerak (Unduh)

12. Buku Bermain Matematika yang Menyenangkan dengan Anak di Rumah (Unduh)

Demikian informasi mengenai Buku Saku PAUD Belajar Dari Rumah Kemendikbud Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan