Buku Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di SD

Buku Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di SD

Amongguru.com. Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Sekolah Dasar (SD).

Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Satuan Pendidikan merupakan salah satu instrumen untuk penguatan pendidikan karakter di satuan pendidikan, yang sejak 2010 sudah menjadi Gerakan Nasional.

Satuan pendidikan, khususnya di tingkat Sekolah Dasar yang merupakan sarana strategis untuk pembentukan nilai-nilai karakter.

Jika suanana lingkungan pembelajaran terganggu karena ada tindakan kekerasan, maka proses pembentukan nilai-nilai karakter pun akan terganggu.

Oleh karena itu, penyelenggaraan pembelajaran harus aman, nyaman. dan menyenangkan. serta terbebas dari tindak kekerasan.

Buku Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di  SD ini merupakan penerjemahan dari Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015 dengan menyajikan panduan dan hal-hal praktis, yang mudah diimplementasikan di tingkat satuan pendidikan, dengan memperhatikan tingkat usia anak.

Tindak kekerasan di lingkungan satuan pendidikan dapat mengarah kepada suatu tindak kriminal dan menimbulkan trauma bagi peserta didik.

Dengan demikian, penanggulangannya harus mengikuti prinsip-prinsip hak anak. sehingga baik pelaku maupun korban dapat ditangani dengan baik, untuk kebaikan masa depan mereka.

Maksud

Memberikan pedoman dan acuan praktis kepada satuan pendidikan tingkat sekolah dasar dan pemangku kepentingan baik pusat maupun daerah untuk mencapai maksud ditetapkannya Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan, yaitu:

1. terciptanya kondisi proses pembelajaran yang aman, nyaman, danmenyenangkan;

2. terhindarnya semua warga sekolah dari unsur-unsur atau tindakankekerasan; dan

3. menumbuhkan kehidupanpergaulan yang harmonis dan kebersamaan antar peserta didik atau antara peserta didik dengan pendidik, tenaga kependidikan, dan orangtua serta masyarakat baik dalam satu satuan pendidikan maupun antar satuan pendidikan.

Tujuan

Memberikan pedoman dan acuan praktis kepada warga satuan pendidikan dan pemangku kepentingan bagi pemahaman konsep, upaya pencegahan dan penanggulangan, serta pengawasan dan evaluasi untuk mencapai tujuan ditetapkannya Permendikbud No. 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan, yaitu:

1. melindungi anak dari tindakan kekerasan yang terjadi di lingkungan satuan pendidikanmaupun dalam kegiatan sekolah di luar lingkungan satuan pendidikan;

2. mencegah anak melakukan tindakan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan maupundalam kegiatan sekolah di luar lingkungan satuan pendidikan; dan

3. mengatur mekanisme pencegahan, penanggulangan, dan sanksi terhadap tindakan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan yang melibatkan anak, baik sebagai korban maupun

Sasaran

Penggunaan Buku Pedoman ini ditujukan kepada sasaran beriku.

1. Pendidik

2. Tenaga Kependidikan

3. Orang Tua/Wali Satuan Pendidikan

4. Komite Sekolah Masyarakat Pemerintah Daerah Pemerintah

Pendekatan

Pedoman ini menggunakan kombinasi pendekatan hak anak, perkembangan anak, pedagogik, disiplin positif dan perlindungan yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak.

Integrasi pendekatan tersebut menempatkan peserta didik sebagai subjek dalam lingkungan sosialnya, dimana perlindungannya dipengaruhi oleh sistem dan lingkungan sosial yaitu keluarga, satuan pendidikan, masyarakat maupun kebijakan-kebijakan yang mendukung.

Pada posisi ini pula peserta didik dihargai secara individual, mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dan terpenuhinya hak-hak mereka sebagai peserta didik yang membutuhkan perlindungan dan terbebas dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi dan penelantaran.

Buku Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Sekolah Dasar (SD) selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian Buku Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Sekolah Dasar (SD). Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan