Buku Pedoman Kompetisi Olahraga Siswa Indonesia KOSN SMK 2020

Buku Pedoman Kompetisi Olahraga Siswa Indonesia KOSN SMK 2020

Amongguru.com. Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menerbitkan Buku Pedoman Kompetisi Olahraga Siswa Indonesia KOSN SMK 2020.

Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan berbagai lomba sebagai ajang talenta bagi peserta didik.

Salah satunya adalah Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Jenjang SMK. Program KOSN Jenjang SMK Tahun 2020 untuk pertama kali dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Sebelumnya ajang KOSN ini telah dilaksanakan di setiap direktorat terkait.

KOSN Jenjang SMK bertujuan untuk memfasilitasi dan memotivasi peserta didik SMK yang mempunyai bakat dan minat di bidang olahraga.

Kegiatan ini sekaligus menjadi upaya pembentukan sikap mental, sportivitas, kejujuran dan rasa solidaritas yang tinggi antar sesama peserta didik yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi dan mutu pendidikan.

KOSN menambah kepercayaan bahwa olahraga bukan hanya tentang raga yang sehat tetapi dapat pula meningkatkan skill dan kemampuannya sesuai dengan cabang olahraga yang diikutinya.

Pada KOSN Jenjang SMK di tahun sebelumnya dipertandingkan 5 (lima) cabang olahraga yaitu: Bulutangkis, Karate, Pencak Silat, Atletik, dan Renang.

Akan tetapi, pada tahun 2020 terjadi Pandemi Covid-19 sehingga tidak semua cabang olahraga dapat diperlombakan, karena peserta didik harus tetap di rumah untuk menghindari kerumunan masa yang banyak.

Baca :

Meskipun demikian, Pusat Prestasi Nasional tetap memberi kesempatan bagi peserta didik untuk berprestasi dari rumah sekali pun hanya 2 (dua) cabang lomba yang dikompetisikan yaitu: cabang lomba Karate dan Pencak Silat yang pelaksanaannya dilakukan secara daring
atau online.

Buku Pedoman Kompetisi Olahraga Siswa Indonesia KOSN SMK 2020 disusun sebagai acuan pelaksanaan KOSN Jenjang SMK Tahun 2020 bagi pelatih, wasit/juri, pendamping, peserta, dan sekolah maupun Dinas Pendidkan Provinsi di seluruh Indonesia.

Seluruh pemangku kepentingan kompetisi diharapkan dapat melakukan persiapan secara lebih matang sehingga penyelenggaraan seleksi pertandingan atau perlombaan dapat berjalan baik seleksi di tingkat Provinsi hingga babak final di Tingkat Nasional berjalan sesuai dengan tata cara dan aturan yang telah disepakati bersama.

Tujuan

1. Menjaring peserta didik unggul pada jenjang pendidikan menengah kejuruan tingkat provinsi.

2. Meningkatkan kebugaran dan kesehatan peserta didik SMK secara jasmani maupun
rohani.

3. Meningkatkan motivasi peserta didik SMK dalam penguasaan bidang olahraga.

4. Memacu terjadinya peningkatan mutu pendidikan, khususnya bidang olahraga,
pada jenjang pendidikan menengah kejuruan.

5. Meningkatkan rasa persaudaraan dan persatuan antar generasi muda Indonesia.

6. Memberikan kesempatan kepada peserta didik jenjang pendidikan menengah kejuruan untuk mengenali keragaman budaya dan adat istiadat dari berbagai wilayah di Indonesia.

7. Meningkatkan kreativitas peserta didik jenjang pendidikan menengah kejuruan.

8. Menanamkan, melaksanakan dan menyebarluaskan sikap dan perilaku yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur keolahragaan: saling menghormati, keunggulan, dan persahabatan, sportivitas.

Sasaran

Kompetisi Olahraga Siswa Indonesia Jenjang SMK Tahun 2020 Sasarannya adalah Peserta Didik di jenjang SMK yang masih aktif baik kelas X, XI dan XII di seluruh Indonesia.

Pembiayaan

Biaya pelaksanaan KOSN Jenjang SMK Tahun 2020 dibebankan pada Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) Pusat Prestasi Nasional Tahun 2020 DIPA023.01.1.690397/2020, tanggal 2 Mei 2020.

Tema

Tema KOSN tahun 2020 adalah :
“Melejitkan Talenta dan Prestasi Olahraga di Masa Pandemi”

Tagar dalam kegiatan Kompetisi Olahraga Siswa Indonesia Jenjang SMK di tahun 2020 adalah :

#positifdarirumah
#berprestasidarirumah
#semangatmenolakmenyerah

Buku Pedoman Kompetisi Olahraga Siswa Indonesia KOSN SMK 2020 dapat diunduh pada tautan di bawah ini.

Buku KOSN SMK 2020 – Unduh

Buku Pedoman Kompetisi Olahraga Siswa Indonesia KOSN SMK 2020

Tinggalkan Balasan