Buku Pedoman Kompetisi Olahraga Siswa Indonesia KOSN SMA 2020

Buku Pedoman Kompetisi Olahraga Siswa Indonesia KOSN SMA 2020

Amongguru.com.  Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menerbitkan Buku Pedoman Kompetisi Olahraga Siswa Indonesia KOSN SMA 2020.

Pusat Prestasi Nasional sebagai pusat pengembangan prestasi dan talenta peserta didik memiliki semangat untuk melaksanakan kegiatan yang mampu mendukung pengembangan olah pikir, olah rasa, olah hati, dan olahraga, untuk menghasilkan generasi unggul yang cerdas secara akademik, memiliki nilai estetika tinggi, penuh dengan empati, serta memiliki jiwa dan raga yang sehat.

Kegiatan pengembangan olahraga untuk peserta didik di masa pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia menjadi sebuah keharusan, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

KOSN menjadi harapan baru bagi peserta didik untuk tetap berprestasi dari rumah. Panduan pedoman KOSN SMA Tahun 2020 ini disusun sebagai dalam melaksanakan kegiatan pembinaan di sekolah serta sebagai acuan bagi siswa dalam melaksanakan kegiatan kesiswaan di SMA yang terkait dengan bakat, minat dan kreatifitas, terutama dalam bidang olahraga

Latar Belakang

Pemerintah telah mengeluarkan Undang-undang Nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional. Di dalam peraturan tersebut, disebutkan bahwa tujuan keolahragaan nasional adalah memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran, prestasi, kualitas manusia, menanamkan nilai moral dan akhlak mulia, sportivitas, serta disiplin.

Dengan besarnya manfaat dari olahraga, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyelenggarakan pembinaan bagi siswa secara berjenjang. Pembinaan tersebut dimulai dari jenjang pendidikan dasar sampai jenjang pendidikan tinggi.

Pendidikan olahraga terwujud dalam pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, atau melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah masing-masing.

Terkait dengan cabang dan jenis olahraga bagi siswa, Pemerintah menyerahkan pembinaan olahraga kepada tiap-tiap sekolah yang disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing.

Dengan adanya pembinaan tersebut, hampir di setiap sekolah di seluruh Indonesia telah memiliki kelompok/klub di bidang olahraga.

Melalui pembinaan di sekolah, para siswa dapat mengembangkan bakat dan minat secara intensif dan terus menerus, sehingga mereka mampu meraih prestasi, bahkan menembus skala internasional.

Sejak tahun 2006, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kemendikbud telah menyelenggarakan kompetisi beberapa cabang olahraga pelajar dengan sebutan
POPSMA (Pekan Olahraga Pelajar SMA).

Dari kegiatan itu, pemerintah melihat bahwa antusias para pelajar se-Indonesia di bidang olahraga sangat besar. Bahkan kesungguhan mereka untuk terus berlatih dan berkompetisi secara sportif, terlihat dari kepatuhan mereka terhadap peraturan-peraturan yang ditetapkan. Standar kualitas mereka pun teruji dalam merebut gelar juara di masing-masing bidang.

Pada tahun 2007 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengganti nama POPSMA menjadi
Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

Baca :

Sehubungan dengan hal tersebut, Pusat Prestasi Nasional bertugas untuk melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik yang diimplementasikan antara lain adalah pelaksanaan Lomba, Festival, dan Kompetisi. Salah satunya yaitu Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN).

Para juara pertama di KOSN XIII pun disiapkan untuk mengikuti Kompetisi Olahraga Pelajar di Tingkat Internasional.

Perhelatan KOSN tahun 2020 yang semula akan diselenggarakan di kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan dibatalkan karena Indonesia sedang mengalami masa pandemi Covid-19.  Oleh karena itu, KOSN 2020 dilaksanakan secara daring.

Agar kompetisi olahraga tingkat nasional ini dapat berjalan dengan baik, maka Pusat Prestasi Nasional membuat pedoman pelaksanaan bagi seluruh pemangku kepentingan.

Pedoman Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) XIII tahun 2020 secara daring menjadi referensi bagi peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik.

Tujuan

Tujuan penyelenggaraan KOSN XIII Tingkat Nasional adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan pemahaman dan wawasan pengetahuan keolahragaan dan kesehatan jasmani peserta didik SMA/sederajat di masa pandemi Covid-19.

2. Menumbuhkan sikap dan perilaku hidup sehat peserta didik SMA/sederajat di masa pandemi melalui kecintaan terhadap aktivitas olahraga.

3. Menumbuhkembangkan iklim kompetisi yang sehat di lingkungan peserta didik SMA/sederajat di tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional dengan berprestasi dari rumah.

4. Memacu peningkatan mutu pendidikan jasmani dan kesehatan pada jenjang pendidikan menengah di masa pandemi Covid-19.

5. Tetap Meningkatkan kreativitas peserta didik SMA/sederajat dalam bidang olahraga di masa pandemi Covid-19.

6. Meningkatkan rasa persaudaraan dan persatuan antar generasi muda Indonesia melalui daring.

7. Menumbuhkan motivasi peserta didik SMA/sederajat untuk menguasai dan meraih prestasi di bidang olahraga.

8. Menjaring peserta didik SMA/sederajat yang berminat dalam bidang olahraga untuk diikutsertakan dalam kompetisi olahraga tingkat internasional.

9. Menumbuh kembangkan jaringan sosial antar peserta didik di luar kompetisi.

Sasaran

Sasaran KOSN XIII SMA adalah peserta didik jenjang pendidikan menengah, yaitu peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di seluruh Indonesia.

Ruang Lingkup

Ruang Lingkup KOSN Pendidikan Menengah Tahun 2020 ini meliputi:

1. Peserta didik yang bertalenta di bidang olahraga Karate atau Pencak Silat;

2. SMA Negeri dan Swasta di Indonesia;

3. Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN);

4. Cabang Dinas/UPT/MKKS seluruh Indonesia;

5. Dinas Pendidikan Provinsi seluruh Indonesia; dan

6. Atase Pendidikan dan Kebudayaan

Buku Pedoman Kompetisi Olahraga Siswa Indonesia KOSN SMA 2020 secara lengkap dapat diunduh pada tautan berikut.

Buku Pedoman KOSN SMA 2020 – Unduh

Demikian Buku Pedoman Kompetisi Olahraga Siswa Indonesia KOSN SMA 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan