Buku Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Buku Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Amongguru.com. Buku Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila telah diterbitkan oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini disusun untuk membantu pendidik dan kepala satuan pendidikan dalam mengembangkan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Panduan ini memuat prinsip-prinsip, komponen, tahapan, kriteria output setiap tahapan perencanaan dan pelaksanaan proyek, strategi, serta contoh pelaksanaan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran paradigma baru.

Baca : Download Buku Pembelajaran Paradigma Baru

Buku Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini sebagai salah satu sumber informasi. Penjelasan mengenai strategi, contoh-contoh, serta format dalam panduan, bukan sesuatu yang harus diikuti sepenuhnya atau keseluruhan.

Pendidik dapat menggunakan rujukan, strategim dan format lain untuk merancang dan melaksanakan proyek penguatan Profil Pelajar Pancails, selama hasil yang diharapkan memenuhi kriteria output pada setiap tahapan dan memenuhi prinsip pembelajaran dan asesmen yang telah ditetapkan.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan upaya untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan Pembelajaran Paradigma Baru.

Oleh karana itu, pemahaman mengenai Profil Pelajar Pancasila dan Pembelajaran Paradigma Baru perlu diupayakan. Selain informasi dari panduan ini, pendidik juga dapat mempelajari kedua konsep tersebut dengan mengakses dokumen terkait lainnya.

Sekilas Mengenai Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila memiliki enam kompetensi yang dirumuskan sebagai dimensi kunci. Keenamnya saling berkaitan dan menguatkan.

Dengan demikian, upaya untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang utuh membutuhkan berkembangnya keenam dimensi tersebut secara bersamaan, tidak parsial.

Keenam dimensi Profil Pelajar Pancasila adalah sebagai berikut.

1. Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

2. Kebhinekaan Global

3. Gotong Royong

4. Mandiri

5. Bernalar Kritis

6. Kreatif

Prinsip Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

1. Holistik

Holistik bermakna memandang sesuatu secar utuh dan menyeluruh, tidak parsial atau terpisah-pisah.

2. Kontekstual

Prinsip kontekstual berkaitan dengan upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata yang dihadapi dalam keseharian.

3. Berpusat pada Peserta Didik

Prinsip berpusat pada peserta didik berkaitan dengan skema pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk menjadi subjek pembelajaran yang aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri.

4. Eksploratif

Prinsip eksploratif berkaitan dengan semangat untuk membuka ruang yang lebar bagi proses inkuiri dan pengembangan diri.

Manfaat Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan ruang bagi semua anggota komunitas satuan pendidikan untuk dapat mempraktikkan dan mengamalkan Profil Pelajar Pancasila.

1. Manfaat Untuk Satuan Pendidikan

a. Menjadikan satuan pendidikan sebagai sebuah ekosistem yang terbuka bagi partisipasi dan ketertiban masyarakat.

b. Menjadikan satuan pendidikan sebagai organisasi pembelajaran yang berkontribusi kepada lingkungan dan komunitas disekitarnya.

2. Manfaat Untuk Pendidik

a. Memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan Profil Pelajar Pancasila.

b. Merencanakan proses pembelajaran protej dengan tujuan akhir yang jelas.

c. Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran.

3, Manfaat Untuk Peserta Didik

a. Memperkuat karakter dan mengemvangkan kompetensi sebagai warga dunia yang aktif.

b. Berpartisipasi merencanakan pembelajaran secara aktif dan berkelanjutan.

c. Mengembangkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam mengerjakan proyek pada periode waktu tertentu.

d. Melatih kemampuan memecahkan masalah dalam beragam situasi belajar.

e. Menghargai proses belajar dan bangga dengan hasil pencapaian yang telah diupayakan secara maksimal.

Buku Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai Buku Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan