Buku Kerja Guru 1 2 3 4 Revisi Terbaru K13 Tahun Pelajaran 2021/2022

Buku Kerja Guru 1 2 3 4 Revisi Terbaru K13  Tahun Pelajaran 2021/2022

Amongguru.com. Berikut ini kami bagikan contoh Buku Kerja Guru 1 2 3 4 revisi terbaru Kurikulum 2013 (K13) Tahun 2021.

Contoh Buku Kerja Guru ini dapat menjadi referensi guru dalam menyiapkan buku kerja sebagai bagian dari administrasi pembelajaran Tahun Pelajaran 2021/2022.

Buku Kerja Guru merupakan komponen yang harus dimiliki guru sebagai bagian kelengkapan pembelajaran Kurikulum 2013.

Seiring pemberlakuan Kurikulum 2013, maka guru dituntut untuk menyiapkan kelengkapan mengajar, salah satunya adalah Buku Kerja Guru.

Guru memerlukan Buku Kerja Guru sebagai panduan dalam melaksanakan tugasnya. Buku Kerja Guru dapat diartikan sebagai buku panduan yang dibuat untuk pedoman kinerja sebagai guru.

Baca : Aplikasi Jadwal Pelajaran Anti Bentrok SMP MTs Tahun Pelajaran 2021/2022

Buku Kerja Guru berisi seperangkat berkas yang disusun terkait tugasnya sebagai guru kelas atau guru bidang studi dalam implementasi Kurikulum 2013.

Istilah Buku Kerja Guru secara sederhana disebut juga perangkat administrasi pembelajaran. Buku Kerja Guru memuat instrumen pembelajaran yang disesuikan dengan kurikulum yang berlaku.

Di dalam Buku Kerja Guru berisi perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan tindak lanjut pembelajaran yang dilakukan guru.

Buku Kerja Guru perlu dimiliki oleh guru sebagai ujung tombak pelaksanaan Kurikulum 2013. Penyusunan Buku Kerja Guru ini sebagai tindak lanjut dari revisi terhadap Standar Isi, Buku Guru, dan Buku Siswa yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). .

Dengan dimilikinya Buku Kerja Guru tersebut, maka guru akan memiliki pedoman dalam melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran berdasarkan rencana yang sudah disusun.

Buku Kerja Guru Kurikulum 2013

Buku Kerja Guru terdiri dari 4 (empat) buku, sebagai berikut.

1. Buku Kerja 1

2. Buku Kerja 2

3. Buku Kerja 3

4. Buku Kerja 4

Berikut ini komponen dari masing-masing Buku Kerja Guru tersebut,

Buku Kerja Guru 1

1. Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD)

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Standar kompetensi lulusan digunakan sebagai pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.

Kompetensi Inti (KI) adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar.

Kompetensi Dasar (KD) adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Kompetensi dasar berisi sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu, sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.

2. Silabus

Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis yang memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.

Silabus dapat juga diartikan sebagai penjabaran kompetensi inti dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

3. Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.

RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD).

4. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan kriteria paling rendah untuk menyatakan bahwa peserta didik telah mencapai ketuntasan belajar.

Penetapan KKM dilakukan pada awal tahun pembelajaran berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran pada satuan pendidikannya atau beberapa satuan oendidikan yang memiliki karakteristik hampir sama.

Buku Kerja Guru 2

1. Kode Etik Guru

Kode Etik Guru Indonesia merupakan pedoman sikap dan perilaku bertujuan menempatkan guru sebagai profesi terhormat, mulia, dan bermartabat yang  dilindungi undang-undang.

Kode Etik Guru Indonesia berfungsi sebagai seperangkat prinsip dan norma  moral yang melandasi pelaksanaan tugas dan layanan profesional guru.

2. Ikrar Guru

Ikrar guru berisi janji guru yang bersungguh-sungguh akan melaksanakannya tugas dan kewajibannya. Ikrar membawa konotasi yang berbentuk dedikasi, yaitu melaksanakan janji dengan penuh keberanian dan semangat untuk mencapai tujuan meski harus menghadapi resiko

3. Tata Tertib Guru

Tata tertib guru dibuat dengan tujuan agar menjadi pedoman bagi guru dalam melaksanakan tugas, tanggung jawab, dan kewajibannya selaku pendidik demi tercapai tujuan pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Tata tertib ini dibuat dengan mengacu ketentuan-ketentuan yang digariskan oleh Pemerintah Pusat, Kemendikbudristek, serta ketentuan-ketentuan lain yang berlaku.

4. Pembiasaan Guru

Pembiasaan guru berisi penjabaran tentang kegiatan yang sebaiknya dijadikan kebiasaan oleh guru. Secara umum, pembiasaan berkaitan dengan bagaimana sebaiknya seorang guru bersikap. Kegiatan terprogram yang seharusnya menjadi pembiasaan guru, misalnya upacara bendera.

5. Kalender Pendidikan

Kalender Pendidikan (Kaldik) adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pembelajaran yang mencakup antara lain permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, dan juga hari libur.

Kalender Pendidikan menjadi acuan untuk merencanakan seluruh kegiatan pembelajaran pada tahun pelajaran tertentu.

6. Alokasi Waktu

Alokasi waktu adalah jumlah  waktu yang dibutuhkan untuk ketercapaian suatu kompetensi dasar tertentu, dengan memperhatikan minggu efektif per semester, alokasi waktu mata pelajaran per minggu dan jumlah kompetensi per semester.

Dengan adanya jumlah waktu tersebut, maka kegiatan pembelajaran di kelas akan lebih terarah dan tujuan pembelajan dapat tercapai secara efektif.

7. Program Tahunan (Prota)

Program Tahunan (Prota) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan pembelajaran (Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar) yang ditetapkan.

Prota menjadi program umum untuk setiap mata pelajaran. Prota berisi garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru yang bersangkutan.

8. Program Semester (Promes)

Program Semester (Promes) merupakan program yang berisi garis-garis besar tentang hal-hal yang akan dicapai dalam satu semester.

Promes berisi rumusan pokok-pokok aktivitas guru dalam melakukan pembelajaran selama satu semester dengan mempertimbangkan alokasi waktu yang tersedia, jumlah Kompetensi Dasar, dan Indikator.

9. Jurnal Agenda Guru

Jurnal agenda guru adalah buku kerja yang berisi catatan aktivitas guru selama pembelajaran, baik yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas.

Jurnal Agenda Guru menjadi bukti bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai jadwal pembagian tugas yang disepakati bersama.

Buku Kerja Guru 3

1. Daftar Hadir Siswa

Daftar hadir siswa berisi daftar nama siswa dan keterangan kehadiran di kelas.

2. Daftar Nilai Siswa

Daftar nilai siswa berisi hasil tiap-tiap elemen penilaian per siswa.

3. Penilaian Sikap dan Spiritual

Penilaian sikap dan spiritual berisi penilaian menggunakan deskripsi kata-kata. Penilaian ditulis dalam suatu jurnal yang berisi Catatan Perilaku, Butir Sikap, dan juga Tindak Lanjut yang diperlukan.

4. Analisis Hasil Penilaian

Analisis hasil penilaian berupa analisis penilaian terhadap seluruh nilai. Berdasarkan analisis tersebut, akan didapatkan nilai kumulatif dan status ketuntasan belajar.

5. Program Remidial dan Pengayaan

Remedial merupakan program pembelajaran yang diperuntukkan bagi peserta didik yang belum mencapai KKM dalam satu KD tertentu.

Sedangkan pengayaan adalah program pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang telah melampaui KKM. Fokus pengayaan adalah pendalaman dan perluasan dari kompetensi yang dipelajari.

6. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa

Buku pegangan guru berisi seluruh teks book yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran.

7. Jadwal Mengajar Guru

Jadwal mengajar guru berisi jadwal mengajar masing-masing guru dalam satu minggu.

8. Daya Serap Siswa

Daya serap guru berisi indikator daya serap dan cara meningkatkan daya serap siswa.

9. Kumpulan Kisi-kisi

Kumpulan kisi-kisi berupa tabel yang menjelaskan kaitan antara KD, Indikator, bentuk soal, dan nomor soal.

10. Kumpulan Soal

Kumpulan soal berisi sejumlah kumpulan soal untuk tiap-tiap materi.

11. Analisis Butir Soal

Analisis butir soal berbentuk analisis terhadap kemampuan siswa menjawab tiap-tiap butir soal. Tiap soal biasanya terbagi dalam beberapa level kesukaran.

12. Perbaikan Soal

Perbaikan soal digunakan untuk mengubah soal-soal yang tidak efektif berdasarkan hasil analisis butir soal

Buku Kerja 4

1. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru

Daftar evaluasi diri kerja guru berkaitan dengan evaluasi kompetensi guru.

2. Program Tindak Lanjut Kerja Guru

Program tindak lanjut kerja guru berisi tabel yang mencatat bagaimana guru melaksanakan pengembangan keprofesian.

Contoh Buku Kerja Guru 1 2 3 4 Edisi Revisi 2017 Kurikulum 2013 selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Buku Kerja Guru 1 2 3 4 Kurikulum 2013 – Unduh

Aplikasi Buku Kerja Guru Kurikulum 2013 juga dapat di unduh di sini.

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai Buku Kerja Guru 1 2 3 4 Revisi Terbaru K13 Tahun Pelajaran 2021/2022. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan