Buku Guru Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 K13 Edisi Terbaru Revisi 2018

Buku Guru Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 K13 Edisi Terbaru Revisi 2018 

Amongguru.com. Buku Guru adalah panduan bagi guru dalam menggunakan Buku Siswa dan melaksanakan pembelajaran di kelas. Buku Guru terdiri atas dua bagian yaitu Petunjuk Umum dan Petunjuk Khusus.

Buku guru telah disiapkan oleh pemerintah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru.

Petunjuk Umum Buku Guru berisi mengenai Tujuan dan Fungsi Buku Guru, Kurikulum 2013, Karakteristik dan Tujuan mata pelajaran, Petunjuk Penggunaan Buku dan penjelasan bagian-bagian Buku Siswa dan Strategi Pembelajaran mata pelajaran terkait.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari Buku Guru.

1. Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa

Informasi yang akan didapatkan guru dari Buku Guru adalah sebagai berikut.

  • Karakteristik Kurikulum 2013, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan
    Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pembelajaran mata pelajaran terkait.
  • Petunjuk Penggunaan Buku dan penjelasan bagian-bagian Buku Siswa.

2.  Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di Kelas

Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.

  • Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
  • Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaaan pembelajaran dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
  • Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.

3. Penjelasan tentang metode dan teknik pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran.

4. Buku Guru memuat informasi tentang metode dan teknik pembelajaran yang dapat digunakan sebagai acuan penyelenggaraan proses pembelajaran.

Buku Guru adalah salah satu sarana implementasi Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut.

  • Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat.
  • Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar siswa mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat dan lingkungan sebagai sumber belajar.
  • Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti yang dirinci lebih lanjut dalam Kompetensi Dasar mata pelajaran.
  • Mengembangkan Kompetensi Inti menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) Kompetensi Dasar. Semua Kompetensi Dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam Kompetensi Inti.

Di dalam Buku Guru juga diinformasikan mengenai Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar pada mata pelajaran terkait.  Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Standar Kompetensi Lulusan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standarisasi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan. Standar

Kompetensi Lulusan SMP/MTs/SMPLB/Paket B memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut.

  • Sikap

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

  • Pengetahuan

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.

  • Keterampilan

Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sejenis.

Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai SKL yang harus dimiliki seorang siswa pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar.

Rumusan Kompetensi inti sebagai berikut.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.

Kompetensi Inti (KI) berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) Kompetensi Dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar.

Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan Kompetensi Dasar satu kelas dengan kelas di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antarkompetensi yang dipelajari siswa.

Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat. Kompetensi Inti untuk jenjang SMP/MTs/SMPLB/PAKET B adalah sebagai berikut.

  • Kompetensi Inti 1 (KI – 1)

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

  • Kompetensi Inti 2 (KI – 2)

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

  • Kompetensi Inti 3 (KI – 3)

Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

  • Kompetensi Inti 4 (KI – 4)

Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Untuk mencapai kompetensi inti tersebut maka telah dirumuskan Kompetensi Dasar. Kompetensi Dasar (K) dirumuskan untuk mencapai Kompetensi Inti. Rumusan Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik siswa, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

Kompetensi Dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan Kompetensi Inti sebagai berikut.
1. Kelompok 1: kelompok Kompetensi Dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI – 1;
2. Kelompok 2: kelompok Kompetensi Dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI – 2;
3. Kelompok 3: kelompok Kompetensi Dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI – 3;
4. Kelompok 4: Kompetensi Dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI – 4.

Kompetensi Dasar yang berkenaan dengan sikap spiritual (KD pada KI-1) dan sikap sosial (KD pada KI-2) ditumbuhkan melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu melalui pembelajaran kompetensi pengetahuan (KD pada KI-3) dan kompetensi keterampilan (KD pada KI-4), pembiasaan dan keteladanan.

Pembelajaran langsung berkenaan dengan pembelajaran yang menyangkut KD yang dikembangkan dari KI-3 dan KI-4. Keduanya, dikembangkan secara bersamaan dalam suatu proses pembelajaran dan menjadi wahana untuk mengembangkan KD pada KI-1 dan KI-2.

Buku Guru Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 K13 Edisi Terbaru Revisi 2018

Di dalam proses penyempurnaanya, maka Buku Guru Kurikulum 2013 mengalami revisi. Secara isi, tidak ada yang salah dengan buku Kurikulum 2013, tetapi perlu adanya pembenahan dalam hal urutan materi, khususnya buku tematik yang merupakan integrasi dari berbagai mata pelajaran.

Urutan penyajian materinya akan disesuaikan dengan kompetensi dasar, sehingga yang berubah dari buku Kurikulum 2013 adalah pada penyajiannya, tetapi konten pada dasarnya masih tetap sama.

Bagi Bapak/Ibu Guru yang belum memiliki Buku Guru Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 K13 Edisi Terbaru Revisi 2018, berikut admin bagikan Buku Guru kelas 9 edisi revisi 2018 yang dapat di unduh secara langsung dengan klik tautan di bawah ini.

Baca juga :

Demikian yang dapat admin bagikan terkait Buku Guru Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 K13 Edisi Terbaru Revisi 2018. Semoga bermanfaat untuk membantu Bapak/Ibu guru dalam menyelenggarakan pembelajaran, khususnya pada jenjang kelas 9 SMP/MTs, dengan menggunakan Kurikulum 2013.

Tinggalkan Balasan