Buku Guru dan Buku Siswa SD SMP MTs SMA SMK K13 Lengkap Terbaru

Buku Guru dan Buku Siswa SD SMP MTs SMA SMK K13 Lengkap Terbaru 

Amongguru.com. Buku Guru dan Buku Siswa menjadi sarana penting bagi guru dan peserta didik pada pembelajaran Kurikulum 2013.

Buku Guru dan Buku Siswa menjadi panduan bagi guru dan pedoman bagi peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran di kelas.

Buku Guru dan Buku Siswa disusun berdasarkan karakteristik Kurikulum 2013 yang mengutamakan Pendekatan Saintifik, memuat kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/menalar dan mengkomunikasikan.

Fungsi Buku Guru

Buku Guru adalah buku panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Buku guru telah disiapkan oleh pemerintah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru.

Fungsi dari Buku Guru adalah sebagai berikut.

1. Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa

Informasi yang akan didapatkan guru dari Buku Guru adalah sebagai berikut.

  • Karakteristik Kurikulum 2013, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pembelajaran mata pelajaran terkait.
  • Petunjuk Penggunaan Buku dan penjelasan bagian-bagian Buku Siswa.

2. Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di kelas

Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.

  • Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
  • Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
  • Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.

3. Penjelasan tentang metode dan teknik yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Karakteristik Buku Guru

Buku Guru adalah salah satu sarana implementasi Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut.

  • Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat.
  • Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar siswa mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat dan lingkungan sebagai sumber belajar.
  • Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti yang dirinci lebih lanjut dalam Kompetensi Dasar mata pelajaran.
  • Mengembangkan Kompetensi Inti menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) Kompetensi Dasar. Semua Kompetensi Dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam Kompetensi Inti.

Di dalam Buku Guru juga diinformasikan mengenai Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar pada mata pelajaran terkait.

Baca juga :

Struktur Buku Guru

Struktur Buku Guru adalah sebagai berikut.

1. Kata pengantar

Bagian ini berisi latar belakang penyusunan buku dan tujuan yang ingin dicapai dari penyusunan buku tersebut.

2. Tentang Buku Guru

Memuat informasi cakupan buku guru dan cakupan aktivitas pembelajaran yang tertuang dalam buku guru.

3. Bagaimana Menggunakan Buku Guru

Halaman ini merupakan bagian penting yang harus dibaca dan dipahami oleh guru, karena memberikan informasi hal-hal penting yang harus diperhatikan oleh guru dalam menggunakan Buku Guru sebagai persiapan menggunakan Buku Siswa.

4. Standar Kompetensi Lulusan dan Kompetensi Inti

Halaman ini mengingatkan kepada guru mengenai standar kompetensi lulusan baik ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan serta kompetensi inti setiap kelas, yang akan dicapai selama proses pembelajaran.

5. Pemetaan Kompetensi Dasar KI 1 dan KI 2

Pemetaan Kompetensi Dasar KI 1 dan KI 2 merupakan Pemetaan Kompetensi Dasar yang  berasal dari KI 1 dan KI 2 yang terdapat dalam setiap subtema. Artinya, Kompetensi Dasar inilah yang akan dicapai dalam proses pembelajaran selama satu minggu.

Pemetaan kompetensi dasar yang berasal dari Kompetensi Inti 1 dan 2 tidak untuk diajarkan secara eksplisit sebagai materi pembelajaran (pembelajaran tidak langsung), tetapi memandu guru untuk melakukan pembiasaan-pembiasaan kompetensi tersebut selama pembelajaran.

6. Pemetaan Kompetensi Dasar KI 3 dan KI 4

Pemetaan Kompetensi Dasar KI 3 dan KI 4 merupakan Pemetaan Kompetensi Dasar yang  berasal dari KI 3 dan KI 4.

Halaman ini memuat informasi tentang kompetensi-kompetensi yang berasal dari Pemetaan Kompetensi Inti 3 dan 4 yang harus dicapai dalam satu subtema pembelajaran.

Penetapan Kompetensi masih terbuka untuk penggantianatau penambahan sesuai dengan kegiatan yang  dirancang oleh guru.

7. Ruang Lingkup Pembelajaran

Halaman ini memberikan gambaran ringkas tentang kegiatan yanga akan dilaksanakan oleh guru dan kemampuan yang akan dikembangkan dalam setiap pembelajaran.

Kolom kegiatan pembelajaran menjelaskan kegiatan yang dilakukan pada satu hari pembelajaran.

Kolom kemampuan yang dikembangkan menjelaskan tiga aspek kemampuan yang harus dicapai, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

8. Halaman Pembelajaran

Setiap pembelajaran terdiri atas bagian-bagian yang menuntun guru dalam proses  pembelajaran yang disesuaikan dengan buku siswa.

Uraian pembelajaran diawali dengan judul pembelajaran sesuai nomor pembelajaran, misalnya Pembelajaran 1, Pembelajaran 2, Pembelajaran 3, dan seterusnya.

Fungsi Buku Siswa

Buku siswa merupakan buku panduan bagi siswa dalam kegiatan pembelajaran yang memuat materi pelajaran, kegiatan penyelidikan berdasarkan konsep, kegiatan sains, informasi, dan contoh-contoh penerapan sains dalam kehidupan sehari-hari.

Buku Siswa digunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan peserta didik dalam menguasai kompetensi tertentu.

Buku Siswa berfungsi untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di kelas.

Buku Siswa dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan, agar peserta dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.

Buku Siswa diarahkan agar peserta didik lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antar teman maupun dengan gurunya.

Analisis Buku Siswa

Sebelum buku siswa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas, guru sebaiknya sudah membaca dan melakukan analisis buku terlebih dahulu.

Dengan demikian, jika di dalam buku tersebut ditemukan adanya kekeliruan atau ketidaktepatan, guru dapat mengatasinya dengan melakukan langkah-langkah tindak lanjut yang diperlukan.

Hal inilah yang menjadi dasar mengapa pentingnya melakukan analisis buku siswa. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan analisis buku adalah sebagai berikut:

1. Kesesuaian isi buku dengan SKL, KI, dan KD

Buku siswa yang akan digunakan di kelas hendaknya sudah dicek kesesuaiannya dengan kurikulum yang digunakan. Apakah sudah sesuai dengan standar kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar yang sudah ditentukan.

2. Kecukupan materi

Materi yang terdapat dalam buku siswa perlu dianalisis dari segi kecukupan materi yang ditinjau dari segi cakupan konsep atau materi esensial dan alokasi waktu yang dibutuhkan atau disediakan.

3. Kedalaman materi

Di dalam melakukan analisis terhadap kedalaman materi, materi yang tertuang dalam buku siswa perlu ditinjau dari pola pikir keilmuan dan karakteristik siswa.

Jika ada yang dianggap kurang sesuai dengan karakteristik siswa di sekolahnya, diharapkan guru dapat menindaklanjuti dengan memberikan tambahan-tambahan penjelasan seperlunya.

4. Kebenaran materi

Analisis buku juga sekaligus melihat kebenaran akan materi, contoh, maupun latihan-latihan yang dituliskan.

Jika ditemukan adanya materi atau soal yang dituliskan dalam buku terjadi kesalahan, baik kemungkinan salah dalam penulisan konsep maupun salah ketik, maka guru diharapkan sesegera mungkin untuk meralatnya.

5. Kesesuaian pendekatan yang digunakan

Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan scientific, sehingga buku siswa perlu ditinjau dari segi penerapan pendekatan saintifik.

Apakah penyajiannya sudah memfasilitasi siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti yang diharapkan dalam pendekatan scientific atau belum.

6. Kesesuaian penilaian

Bentuk penilaian yang digunakan dalam Kurikulum 2013 menggunakan penilaian autentik. Oleh karena itu, buku siswa yang akan digunakan perlu ditinjau dari ketersediaan penilaian autentik yang terdapat dalam buku siswa tersebut.

Buku Guru dan Buku Siswa SD SMP MTs SMA SMK K13 Lengkap Terbaru

Buku Guru dan Buku Siswa SD SMP MTs SMA SMK K13 Lengkap Terbaru ini admin bagikan untuk membantu Bapak/Ibu Guru jenjang SD, SMP, MTs, SMA. dan SMK dalam menyiapkan pembelajaran sesuai Kurikulum 2013.

Download Buku Guru dan Buku Siswa SD SMP MTs SMA SMK K13 Lengkap Terbaru pada link di bawah ini.

  • Buku Guru dan Buku Siswa SD Kelas 1 –  6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 (Download)
  • Buku Guru dan Buku Siswa SMP Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 2018 (Download)
  • Buku Guru dan Buku Siswa MTs Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 (Download)
  • Buku Guru dan Buku Siswa SMA Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 2018 (Download)
  • Buku Paket BSE SMK Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 (Download)

Demkian informasi yang dapat admin bagikan terkait Buku Guru dan Buku Siswa SD SMP MTs SMA SMK K13 lengkap terbaru. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan