Buku Aplikasi Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional AN SMK

Buku Aplikasi Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional AN SMK

Amongguru.com. Buku Manual Aplikasi Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional AN jenjang SMK Sederajat Tahun 2022 telah diterbitkan oleh Pusat Asesmen Nasional, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek.

Pusat Asesmen Pendidikan, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengembangkan sistem Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022 untuk jenjang SMK Sederajat yang berawal pada pelaksanaan UN tahun 2010 yang mana saat itu hanya berfungsi untuk pemeliharaan data siswa saja.

Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional sebelum tahun 2010 hanya dijaring oleh panitia tingkat Provinsi dengan menggunakan program secara offline dan waktu deadline yang digunakan terlalu dekat dengan pelaksanaan UN.

Sejalan dengan bergeraknya waktu, dan kebutuhan rekap data calon perserta UN yang lebih awal, serta berkembangnya teknologi yang mudah didapat dan digunakan maka perlu diubah metode pendataan yang biasa di gunakan pada waktu lampau dengan metode online.

Oleh karena itu diterbitkan Panduan Sistem Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022 jenjang SMK Sederajat untuk mempermudah penggunaannya.

Panduan ini merupakan gabungan dari beberapa modul Sistem Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022, yang khusus membahas pendataan calon peserta secara online.

Panduan Penggunaan Sistem Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022 jenjang SMK Sederajat diharapkan dapat bermanfaat sebagai pegangan atau referensi bagi tenaga-tenaga teknis Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional di tingkat Provinsi di seluruh Indonesia untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam mengoperasikan program yang dibuat.

Pendahuluan

Aplikasi Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional (AN) tahun 2022 jenjang SMK Sederajat adalah sebuah sistem aplikasi untuk menangani pendataan siswa calon peserta AN tahun 2022. Aplikasi ini dapat diakses secara daring, dengan alamat akses di https://bioansmk.kemdikbud.go.id.

Tujuan dibangunnya Sistem ini adalah agar diperoleh sebuah sistem informasi dalam bentuk digital/elektronik yang dapat merekam data, memproses data, pemutahiran data, sampai dengan mencetak data.

Dengan adanya sistem ini, akan memudahkan proses pengelolaan data dan meminimalisasi redudansi data serta kesalahan yang disebabkan oleh manusia (human error). Yang juga tak kalah penting adalah untuk mendapatkan data secara cepat, tepat, dan ter-update.

Baca :

Alur Proses Pendataan Calon Peserta AN tahun 2022 secara garis besar adalah sebagai berikut.

Pengelola data Satuan Pendidikan.

1. Menambahkan Calon Peserta AN dengan Cara Impor Data dari Server Integrasi yang berbasis data DAPODIK/EMIS.

2. Melakukan proses Generate Sampling Calon Peserta AN.

3. Melakukan proses Cetak DNS (Daftar Nominasi Sementara) Calon Peserta AN.

4. Melakukan proses Generate Nomor Peserta Calon Peserta AN.

5. Melakukan proses Cetak DNT (Daftar Nominasi Tetap) Calon Peserta AN.

Untuk memudahkan pengelolaan data, Aplikasi Pendataan Calon Peserta AN tahun 2022 dilakukan secara berjenjang, dibagi menjadi 3 Kategori pengguna, yaitu sebagai berikut.

1. Pengguna Satuan Pendidikan adalah Pengguna yang diberikan hak untuk mengelola data Satuan Pendidikan dan Calon Peserta AN tahun 2022 di masing- masing Satuan Pendidikannya.

2. Pengguna Kota/Kabupaten adalah Pengguna yang diberikan hak untuk mengeloladata Satuan Pendidikan serta Calon Peserta AN tahun 2022 di masing-masing kota/kabupaten.

3. Pengguna Provinsi adalah Pengguna yang diberikan hak untuk mengelola data Satuan Pendidikan dan Calon Peserta AN tahun 2022 di masing-masing provinsi.

Aplikasi berbasis web, silahkan mengetikkan pada pada alamat url browser (Google Chrome/Mozilla Firefox) https://bioansma.kemdikbud.go.id, maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini.

Perlu diingat bahwa; untuk nama pengguna huruf kecil dan besar tidak terlalu berpengaruh, namun berbeda dengan kata kunci sangat sentisitif (jika diketik dengan huruf kecil harus ditulis huruf kecil, kalau menggunakan huruf besar maka harus di tulis dengan huruf besar pula).

Jika tiga kali tidak berhasil memasukan informasi nama pengguna dan kata kunci, maka diperlukan memasukkan kode keamanan sesuai dengan yang ada di tampilan komputer masing-masing, dan kode keamanan ini adalah jawaban hasil perhitungan yang ada di kotak hitunglah.

Setelah memasukkan nama pengguna, kata kunci, serta kode keamanan dengan benar dan menekan tombol masuk, maka untuk pertama kali login, pengguna dihadapkan pada tampilan UBAH KATA KUNCI, silahkan masukan kanta kunci baru dan konfirmasi ulang kata kunci baru pada kotak isian yang sudah di sediakan, dengan ketentuan kata kunci baru minimal 6 karakter berisi huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol. Selanjutnya tekan tombol Simpan.

 

Setelah berhasil memasukan kata kunci baru, pengguna akan dihadapkan pada tampilan Ubah Data Pengguna. Silahkan masukan data Photo, Nama Lengkap, NIP/ID Pegawai, Jabatan, Alamat, Telp/HP, dan Email selanjutnya tekan tombol Simpan.

Buku Manual Aplikasi Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional AN jenjang SMK Sederajat Tahun 2022 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

 

Unduh

Buku Manual Aplikasi Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional AN Tahun 2022 lainnya dapat di unduh pada tautan di bawah ini.

  • Buku Manual Aplikasi Pendataan Calon Peserta AN SD Sederajat 2022 – Unduh
  • Buku Manual Aplikasi Pendataan Calon Peserta AN SMP Sederajat 2022 – Unduh
  • Buku Manual Aplikasi Pendataan Calon Peserta AN SMA Sederajat 2022 – Unduh

Demikian Buku Manual Aplikasi Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional AN SMK Sederajat Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan