Buku Aplikasi Pendataan Calon Peserta AN SD SMP SMA SMK 2022

Buku Aplikasi Pendataan Calon Peserta AN SD SMP SMA SMK 2022

Amongguru.com. Pusat Asesmen Nasional, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek telah menerbitkan Buku Aplikasi Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional AN untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK Tahun 2022.

Buku Manual Aplikasi Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional AN SD, SMP, SMA, dan SMK Tahun 2022 ini diterbitkan untuk membantu satuan pendidikan dalam menggunakan sistem Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022.

Pusat Asesmen Pendidikan, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah mengembangkan sistem Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022 untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK.

Oleh karena hal tersebut Pusat Asesmen Nasional menerbitkan Panduan Sistem Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022 jenjang SMP Sederajat untuk mempermudah penggunaannya.

Panduan ini merupakan gabungan dari beberapa modul Sistem Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022, yang khusus membahas pendataan calon peserta secara online.

Panduan Penggunaan Sistem Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022 ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai pegangan atau referensi bagi tenaga-tenaga teknis Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional di tingkat Provinsi di seluruh Indonesia untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam mengoperasikan program yang dibuat.

Baca :

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Minimum tahun 2022 jenjang SD SMP SMA SMK ini adalah sebuah sistem aplikasi untuk menangani pendataan siswa calon peserta Asesmen Kompetensi Minimum tahun 2022.

Aplikasi ini dapat diakses secara daring dengan menuliskan alamat sebagai berikut.

Tujuan dibangunnya Sistem ini adalah agar diperoleh sebuah sistem informasi database dalam bentuk digital/elektronik yang dapat merekam Isi Data, memproses data, pemutahiran data, sampai dengan mencetak data dapat dilakukan dengan mudah karena sudah tersimpan dalam database dan meminimalisasi redudansi data serta kesalahan yang disebabkan oleh manusia (human error). 

Dengan adanya sistem ini, akan memudahkan proses pengelolaan data dan meminimalisasi redudansi data serta kesalahan yang disebabkan oleh manusia (human error). Yang juga tak kalah penting adalah untuk mendapatkan data secara cepat, tepat, dan ter-update.

Alur Proses Pendataan Calon Peserta AN tahun 2022 secara garis besar adalah sebagai berikut.

1. Pengelolan data Satuan Pendidikan.

2. Menambahkan Calon Peserta AN dengan Cara Impor Data dari Server Integrasi yang berbasis data DAPODIK/EMIS.

3. Melakukan proses Generate Sampling Calon Peserta

4. Melakukan proses Cetak DNS (Data Nominasi Sementara) Calon Peserta

5. Melakukan proses Generate Nomor Peserta Calon Peserta

6. Melakukan proses Cetak DNT (Data Nominasi Tetap) Calon Peserta

Untuk memudahkan pengelolaan data, Aplikasi Pendataan Calon Peserta AN tahun 2022 dilakukan secara berjenjang, dibagi menjadi 3 (tiga) kategori pengguna, yaitu sebagai berikut.

1. Pengguna Satuan Pendidikan adalah Pengguna yang diberikan hak untuk mengelola data Satuan Pendidikan dan Calon Peserta AN tahun 2022 di masing-masing Satuan Pendidikannya.

2. Pengguna Kota/Kabupaten adalah Pengguna yang diberikan hak untuk mengelola data Satuan Pendidikan serta Calon Peserta AN tahun 2022 di masing-masing Kota/Kabupaten.

3. Pengguna Provinsi adalah Pengguna yang diberikan hak untuk mengelola data Satuan Pendidikan dan Calon Peserta AN tahun 2022 di masing-masing

Spesifikasi Komputer

Pada modul ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi komputer yang akan digunakan untuk melakukan proses pengentrian kedalam sistem Pendataan online.

Spesifikasi tersebut akan dibagi menjadi dua, yaitu sepesifikasi perangkat keras (Hardware) dan spesifikasi perangkat lunak (Software).

Untuk perangkat keras sebaiknya komputer yang digunakan tidak akan terasa lambat dalam menjalankan aplikasi atau pun menampilkan informasi dari internet, bebas virus atau pun gangguan lainnya yang disebabkan oleh perangkat keras atau pun sistem operasinya.

Di bawah ini akan ditampilkan rekomendasi hardware dan software yang sebaiknya digunakan dalam proses pendataan Online.

1. Perangkat Keras

Sebaiknya menggunakan komputer dengan spesifikasi minimum:

Prosesor : Pentium Core i3 dan diatasnya (atau AMD)

Memori   :   2 GB

Adapter   : VGA 64 Bit (512 Mb) dengan resolusi 1024 x 800

Printer : Laser jet / Deskjet (printer tinta atau laser)

2. Perangkat Lunak

Di dalam hal ini lebih menunjuk ke dalam sistem operasi (OS) yang digunakan minimum Windows 7, Windows 8, Windows 10.

Spesifikasi Aplikasi

Di dalam Panduan akan dijelaskan mengenai spesifikasi aplikasi yang harus tersedia atau terinstall di dalam komputer user yang berhubungan dengan proses pengentryan data.

1. Browser Internet

Merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman web yang berhubungan dengan proses pengentrian data, pengolahan atau pengeditan data. Browser ini sangat diperlukan karena modul-modul dalam sistem Pendataan.

Calon Peserta UN online adalah berupa halaman web yang diletakkan pada situs World Wide Web (www). Dengan demikian, akan memungkinkan user melakukan proses entry pendaftaran siswa melalui jaringan internet tanpa harus menggunakan aplikasi khusus.

Detail spesifikasi browser yang disarankan adalah :

Nama Browser : Google Chrome / Mozilla Firefox

Produksi : Google / Mozilla

2. Microsoft Excel

Merupakan suatu aplikasi keluaran Microsoft Corporation yang digunakan untuk menampilkan informasi dalam bentuk spreadsheet. Aplikasi ini dibutuhkan untuk mendukung sistem.

Pendataan Calon Peserta UN Online karena Laporan yang dihasilkan ada dalam bentuk xls (entension dari microsoft excel). Sehingga dengan bantuan atau fitur-fitur yang tersedia di microsoft excel memungkinkan Anda untuk mempercantik bentuk tampilan laporan sebelum Anda mencetaknya.

Detail spesifikasi minimum yang diminta adalah :

Nama : Microsoft Excel versi2007 atau di atasnya

Produksi : Microsoft

Situs Web Entry Data

Situs Pendataan Calon Peserta UN merupakan situs khusus yang digunakan oleh operator untuk melakukan proses pengentrian data siswa. Dimana di dalam situs operator ini diperlukan suatu account khusus yang diberikan untuk login ke dalam sistem dengan proteksi khusus.

Sistem login ini akan menetukan otorisasi atau hak akses dari masing- masing operator Provinsi/Kota/Kabupaten/Sekolah mengenai modul-modul yang boleh diakses oleh operator sesuai dengan ketentuan yang diberikan. digunakan untuk mengidentifikasi operator tersebut.

Buku Manual Aplikasi Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional AN jenjang SD SMP SMA SMK Sederajat Tahun 2022 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

  • Buku Manual Aplikasi Pendataan Calon Peserta AN SD Sederajat 2022 – Unduh
  • Buku Manual Aplikasi Pendataan Calon Peserta AN SMP Sederajat 2022 – Unduh
  • Buku Manual Aplikasi Pendataan Calon Peserta AN SMA Sederajat 2022 – Unduh
  • Buku Manual Aplikasi Pendataan Calon Peserta AN SMK Sederajat 2022 – Unduh

Demikian Buku Manual Aplikasi Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional AN SD SMP SMA SMK Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan