Buku 4 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Revisi 2019

Buku 4 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Revisi 2019

Amongguru.com. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku 4 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Edisi Revisi Tahun 2019.

Buku 4 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru ini diterbitkan untuk memberikan informasi tentangĀ  Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Angka Kreditnya, Buku 4 ini juga merupakan salah satu buku dari seri Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru.

Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai Visi Kemdikbud 2025, yaitu Menghasilkan Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif.

Oleh karena itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi, diperlukan suatu sistem pembinaan dan pengembangan terhadap profesi guru secara terprogram dan berkelanjutan melalui kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Pengembangan Profesi Guru merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk mewujudkan terbentuknya guru yang profesional.

Buku ini merupakan Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang disajikan untuk digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan, baik oleh guru, tim penilai, maupun pemangku kepentingan (stake holder).

Latar Belakang

Sesuai dengan amanat PermenPANRB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Pengembangan Profesi bagi Guru sebagai salah satu unsur utama dalam kenaikan pangkat dan pengembangan karirnya.

Harapannya melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan akan terwujud guru yang profesional yang bukan hanya sekedar memiliki ilmu pengetahuan yang kuat, tuntas dan tidak setengah-setengah, tetapi tidak kalah pentingnya juga memiliki kepribadian yang matang, kuat dan seimbang.

Dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kuat, tuntas dan tidak setengah-setengah serta kepemilikan kepribadian yang prima, maka diharapkan guru terampil membangkitkan minat peserta didik kepada ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penyajian layanan pendidikan yang bermutu.

Mereka mampu membantu dan membimbing peserta didik untuk berkembang dan mengarungi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang secara cepat berubah sebagai ciri dari masyarakat abad ke-21.

Agar pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di lapangan sesuai dengan tujuan, maka disusunlah Buku Pedoman Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Angka Kreditnya.

Tujuan dan Manfaat

Tujuan dan manfaat disusunnya Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini adalah sebagai berikut.

1. Tujuan

Pedoman kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini sebagai acuan dalam pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di sekolahdan memberikan informasi tentang teknis kegiatan dan angka kredit yang dapat diperoleh guru untuk setiap jenis kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru.

2. Manfaat

Manfaat Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini adalah sebagai berikut.

a. Bagi Guru

Guru dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta memiliki kepribadian yang kuat sesuai dengan profesinya; sehingga selama karirnya mampu menghadapi perubahan internal dan eksternal dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik untuk menghadapi kehidupan di masa datang.

b. Bagi Sekolah

Sekolah mampu menjadi sebuah organisasi pembelajaran yang efektif, sehingga sekolah dapat menjadi wadah untuk peningkatan kompetensi, dedikasi, dan komitmen guru dalam memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik.

c. Tim Penilai Jabatan Fungsional Guru

Tim Penilai Jabatan Fungsional Guru dapat melakukan penilaian angka kredit Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan guru secara objektif.

Sasaran Pedoman

Pedoman kegiatan ini diperuntukkan bagi:

1. Guru,

2. Kepala Sekolah,

3. Pengawas Sekolah,

4. Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota,

5. Badan Kepegawaian Daerah (BKD),

6. Tim Penilai Jabatan Fungsional Guru,

7. UPT Dinas Pendidikan Kecamatan, dan

8. Pihak lain yang terkait dengan pelaksanaan

Buku 4 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Edisi Revisi 2019 selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Seri Buku Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru lainnya dapat di unduh pada link berikut ini.

  • Buku 1 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru (Revisi 2016) – Unduh
  • Buku 2 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru (Revisi 2016) – Unduh
  • Buku 3 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru (Revisi 2016) – Unduh
  • Buku 5 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru (Revisi 2019) – Unduh

Demikian Buku 4 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru edisi revisi tahun 2019. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan