Biografi William Harvey Sang Penemu Sistem Peredaran Darah

Amonggurucom. Biografi William Harvey Sang Penemu Sistem Peredaran Darah.

William Harvey lahir di Folkestone, Kent, Inggris pada tanggal 1 April 1578 dan wafat pada 3 Juni 1657 di London. Harvey menuntut ilmu di Caius College, Cambride, dan di Universitas Padua pada tahun 1600 dan 1602. Pada waktu itu, Padua adalah universitas kedokteran terbaik di dunia.

Pada tahun 1607, Harvey menjadi mahasiswa tingkat doktoral di Royal College of Physicians dan kembali mengajar di bidang anatomi. Di tahun 1654, Harvey menjadi presiden dari perguruan tinggi tersebut. Selain membuka praktek pribadi, Harvey juga bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit St. Batholome, London.

William Harvey adalah tokoh fisiologi modern yang yang mendeskripsikan sistem peredaran darah yang dipompakan sekeliling tubuh manusia oleh jantung.

Harvey mengembangkan gagasan René Descartes bahwa arteri dan vena adalah pipa dan mambawa makanan ke sekeliling tubuh.

Penemuannya tersebut dia kukuhkan dalam buku yang diterbitkannya pada tahun 1628 berjudul  Exercitatio Anatomica de Motu Cordis et Sanguinis in Animalibus (Gerak Otomatis Jantung dan Darah Binatang). Di dalam buku tersebut, Harvey meletakkan dasar pengertian cara kerja tubuh manusia.

Biografi William Harvey Sang Penemu Sistem Peredaran Darah
Biografi William Harvey Sang Penemu Sistem Peredaran Darah

Pada akhir kariernya, Harvey juga mengadakan penelitian tentang embriologi dan menuangkannya dalam buku On the Generation of Animals (De Generatione) pada tahun 1651. Harvey adalah pendukung teori Aristoteles bahwa embrio terbentuk secara berangsur-angsur dan tak memiliki ciri-ciri dewasa dalam tahap awal.

Penemuan Harvey tentang sistem peredaran darah melalui jantung ini menyingkrkan pandangan sebelumnya yang dikemukakan oleh Galen. Galen adalah seorang dokter pada jaman Romawi Kuno yang hidup pada abad ke – 2.

Galen berpendapat bahwa terdapat dua pusat darah di dalam tubuh manusia, yaitu hati dan jantung. Menurut Galen, hati adalah sumber dan pengirim darah melalui urat halus yang dinamakan vena (pembuluh balik). Fungsi urat halus tersebut adalah mengangkut makanan ke seluruh tubuh.

Sedangkan jantung akan menyediakan darah yang mengalir di arteri dan sebagian kecil darah vena mengalir dari hati menuju ke seluruh tubuh.

Sebaliknya, Harvey berpendapat bahwa semua darah di vena bukan mengalir dari hati ke seluruh tubuh, akan tetapi dari seluruh tubuh ke pusat tunggal, yaitu jantung. Harvey mengibaratkan jantung sebagai pompa yang memompakan darah ke dalam arteri.

Ketika buku tentang peredaran darah yang ditulis Harvey ini diterbitkan, namanya langsung dikenal dunia. Pada awalnya, penemuan Harvey tersebut banyak mendapat reaksi keras. Akan tetapi pada akhir hidupnya, teori Harvey ini dibenarkan oleh banyak ahli.

Demikian Biografi William Harvey Sang Penemu Sistem Peredaran Darah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan