Biografi William Crookes Penemu Tabung Sinar Katoda dari Inggris

Amongguru.com. Biografi William Crookes Penemu Tabung Sinar Katoda dari Inggris.

William Crookes adalah penemu tabung sinar katoda yang ikut berjasa dalam hadirnya televisi di bumi, Jasa Crookes tidak hanya dalam tingkat praktis saja dengan menciptakan televisi siap pakai, akan tetapi sampai pada tahap sebagai penyumbang suku cadang.

Tabung yang ditemukan Crookes merupakan bagian terpenting dalam tubuh televisi iconoscope, karena dipakai di dalam kamera.

William Crookes lahir pada tanggal 17 Juni 1832 di London, Inggris. Selain menemukan tabung sinar katoda pada tahun 1878, Crookes juga menemukan unur talium pada tahun 1861, suatu unsur kimia yang cukup berperan penting dalam pengembangan fisika atom.

Setelah lulus dari Royal College dengan mengambil jurusan kimia, Crookes kemudian menjadi peneliti di Departemen Meteorologi pada Observatorium Radcliffe, Oxford, tahun 1854. Pada tahun berikutnya, Crookes memperoleh jabatan di Perguruan Tinggi Ilmu Pengetahuan Chester, Chesfie.

Warisan cukup banyak yang diperoleh Crookes dari ayahnya tidak lantas digunakannya untuk berfoya-foya, akan tetapi dia pergunakan untuk penelitian di bidang ilmu pengetahuan. Crooes membuat laboratorium pribadi di London dan semenjak tahun 1856, Cookes mengabdikan diri sepenuhnya pada bidang penelitian.

Biografi William Crookes Penemu Tabung Sinar Katoda dari Inggris
Biografi William Crookes Penemu Tabung Sinar Katoda dari Inggris

Suatu hari, Crookes menemukan adanya ruangan gelap diseputar katoda dan sejak itu, bagian tersebut diberi nama “Ruang Gelap Crookes”. Dirinya kemudian memperagakan sinar katoda yang bergerak dalam garis-garis lurus dan menghasilkan pendaran atau pancaran cahaya serta panas jika membentur benda-benda tertentu.

Selama melakukan penelitian di laboratorium pribadinya, Crookes telah menciptakan banyak alat perlengkapan dalam penelitian perilaku sinar katoda. Meskipun masih banyak kekeliruan yang didapatinya, Crookes tidak lantas berkecil hati, serangkaian penelitian terus dia lakukan.

Atas pengenalan tentang analisa spektrum yang ditemukan oleh Robert Wihelm Busen dan Gustav Robert Kirchhoff, maka Crookes melakukan cara baru dalam mempelajari campuran selenium. Di dalam lapisan selenium tersebut, Crookes berhasil menemukan talium.

Dua tahun lamanya , Crookes meneruskan penelitiannya pada unsur yang baru ditemukannya tersebut, Pada tahun 1873, Crookes mampu menemukan berat atom pada unsur yang telah ditemukannya. Crookes juga berhasil menciptakan radiometer, yaitu suatu alat yang dapat mengubah radiasi gerakan cahaya menjadi gerakan berputar.

William Crookes dianugerahi gelar “Sir” pada tahun 1897 dan wafat pada tanggal 4 April 1919 di London.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Biografi William Crookes Penemu Tabung Sinar Katoda dari Inggris. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan