Biografi Wilhelm Conrad Rontgen Penemu Sinar X dari Jerman

Amongguru.com. Biografi Wilhelm Conrad Rontgen Penemu Sinar X dari Jerman.

Wilhelm Conrad Rontgen lahir pada tanggal 27 Maret 1845 di Lennep, Prusia (sekarang Remscheld, Jerman). Rontgen adalah anak tunggal dari seorang pedagang kain yang sukses. Pada usia tiga tahun, di dan keluarganya pindah ke rumah kakek dari pihak ibunya di kota kecil Apeeldom, Belanda.

Masa kecil Rontgen sangatlah menyenangkan. Dia senang berpetualang di hutan-hutan kecil sekitar kota. Pada tahun 1862, dia masuk ke sekolah teknik di Utrech, tetapi dikeluarkan karena kesalahannya sendiri. Rontgen juga tidak dapat masuk perguruan tinggi, karena ijazah sekolahnya tidak lengkap.

Akan tetapi karena motivasi belajarnya yang tinggi, dia kemudian menjadi pendengar di beberapa mata pelajaran pada Universitas Utrech. Selanjutnya, Rontgen lulus ujian untuk masuk ke Institut Teknologi Federal di Zurich pada tahun 1865.

Di institut tersebut, Rontgen mempelajari bidang rekayasa mekanik dan mendapatkan gejar diplomanya. Atas saran seorang profesor Jerman, August Kundt, dia kemudian memasuki jurusan fisika dan setahun berikutnya sudah menyandang gelar doktor di Institut Teknologi Federal.

Biografi Wilhelm Conrad Rontgen Penemu Sinar X dari Jerman
Biografi Wilhelm Conrad Rontgen Penemu Sinar X dari Jerman

Profesor August Kundt kemudian menyewa Rontgen sebagai asisten di laboratorium miliknya. Ketika Kundt menerima tawaran untuk mengajar di Baravia, maka dia membawa serta Rontgen untuk ikut membantu. Sejak itulah, petualangan intelektual Rontgen berkembang cukup pesat.

Pada tahun 1872, Rontgen kembali ke Universitas Strasbourg dan mulai mengajar fisika teoritis sejak tahun 1874. Di sela-sela kegiatannya membagi ilmu, pada tanggal 8 November 1895, Rontgen yang rajin melakukan penelitian di laboratorium tersebut berhasil menemukan sinar X yang selanjutnya lebih dikenal dengan sinar ronsen (rontgent).

Melalui penemuannya tersebut, Rontgen pertama kali dapat melihat tulang jemarinya yang memperlihatkan bayangan hitam dengan dikelilingi bayangan agak terang dari bagian daging tangannya.

Perlu diketahui, bahwa meninggalnya Rontgen karena penyakit kanker. Meskipun penemuannya tersebut memiliki manfaat luar biasa untuk kehidupan manusia, khususnya di bidang kedokteran, Rontgen tidak berniat mengkomersilkannya.

Dirinya bertekad, untuk menyelamatkan dan meringankan jutaan orang dari penyakit kanker berkat penemuannya tersebut, sebuah sikap mulia yang perlu diteladani.

Demikian Biografi Wilhelm Conrad Rontgen Penemu Sinar X dari Jerman. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan