Biografi Thomas Alva Edison Sang Penemu Lampu Pijar

Amonggurucom. Biografi Thomas Alva Edison Sang Penemu Lampu Pijar.

Thomas Alva Edison merupakan salah satu penemu yang paling memberikan kontribusi besar bagi dunia karena temuannya, yaitu lampu pijar. Edison lahir pada tanggal 11 Februari 1847 di kota Milan, Ohio, Amerika Serikat. Pada masa kecilnya, edison yang berasal dari keluarga yang sederhana pernah berjualan koran, kacang, permen, dan kue di kereta api.

Edison yang pernah dikeluarkan oleh gurunya karena dianggap terlalu bodoh (hanya sekolah selama tiga tahun), ternyata seorang penemu yang mengagumkan dunia.

Tanpa disadari oleh gurunya, ternyata anak yang pernah dikeluarkan dari sekolah tersebut memiliki bakat besar sebagai penemul Pada saat Edison berusia 21 tahun, Edison berhasil menemukan alat perekam suara elektronik.

Penemuan keduanya adalah mesin telegram yang mampu mencetak secara otomatis yang dia jual sebesar 40.000 dollar.

Semenjak itu, ciptaan-ciptaan Edison yang baru pun bermunculan sehingga mengorbitkan namanya.

Biografi Thomas Alva Edison Sang Penemu Lampu Pijar
Biografi Thomas Alva Edison Sang Penemu Lampu Pijar

Penemuan-penemuannya pada umumnya adalah pengembangan dari apa yang sudah dirintis oleh penemu sebelumnya. Akan tetapi, bukan berarti dia tidak memiliki penemuan yang asli. Contohnya adalah mesin piringan hitam yang hak patennya atas namanya sendiri yang ditemukan pada tahun 1877.

Dua tahun berikutnya, yaitu tahun 1879, Edison berhasil mengembangkan bola lampu pijar. Kepraktisan bola lampu pijar temuannya tersebut terletak pada sistem pemusatan listrik yang biasa disalurkan ke rumah-rumah penduduk pada masa itu.

Beberapa tahun sebelumnya, ada penyaluran arus listrik pada lampu-lampu jalan kota Paris, akan tetapi tidak sampai menyentuh rumah-rumah penduduk.

Sejak saat itu, perusahaan yang didirikannya mulai memproduksi listrik untuk rumah-rumah di kota New York pada tahun 1882. Sistem penemuannya tersebut dengan cepat ditiru kota-kota besar dunia dan juga diterapkan pada sektor industri, bahkan sampai sekarang.

Edison meninggal di Wset Orange, New Jersey, pada tanggal 18 Oktober 1931 pada usia 84 tahuh. Edison telah meninggalkan sekitar 3000 penemuan yang sayangnya sebagian besar penemuan tersebut tidak dipatenkan.

Demikian ulasan mengenai Biografi Thomas Alva Edison Sang Penemu Lampu Pijar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan